Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan untuk Penderita Disentri Wajib Dihindari

Pantangan Makanan untuk Penderita Disentri Wajib Dihindari

Pantangan makanan untuk penderita disentri cukup banyak. Hal ini berpengaruh pada sakit yang diderita. Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung banyak lemak dan pedas.

Disentri itu sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang pencernaan. Ada banyak jenis penyakit yang dapat terjadi dan menyerang sistem pencernaan.

Hal ini bisa dikarenakan berbagai faktor, termasuk pola makan yang tidak sehat. Disentri itu sendiri merupakan jenis penyakit yang sering terjadi pada lingkungan yang buruk.

Misalnya lingkungan yang kekurangan air bersih dan tempat pembuangan limbah yang buruk. Dengan kondisi seperti ini, tentunya kuman dan bakteri akan mudah berkembang serta lebih mudah menyerang.

Kesadaran yang kurang akan kebersihan tentu mempengaruhi lingkungan yang kurang sehat. Selain itu, anda yang kurang menjaga kebersihan pun bisa dengan mudah terserang disentri.

Agar bisa terhindar dari penyakit ini, sebaiknya selalu jaga kebersihan maupun diri sendiri. Misal rajin cuci tangan kapan saja, terutama setelah dari toilet.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Diet Pemula dengan Menu Sehari-hari

Ketika sudah menderita sakit ini, ada beberapa pantangan makanan untuk penderita disentri yang wajib dihindari. Selain itu, sebaiknya berikan penanganan yang tepat agar sakit tidak berkepanjangan.

Tidak semua makanan bisa anda konsumsi. Sebab, jika makan makanan secara sembarangan, tentu dapat membuat penyakit bisa berkepanjangan.

Pantangan Makanan untuk Penderita Disentri

Disentri itu sendiri merupakan diare yang cukup berbahaya karena disertai dengan feses berdarah atau berlendir. Kondisi penyakit yang seperti ini sering juga disebut dengan infeksi.

Penyebab utamanya yaitu adanya bakteri shigella atau parasit entamoeba histolytica. Tidak hanya itu saja, pada umumnya penderitanya juga akan mengalami beberapa gejala.

Mulai dari kram perut, muntah, demam, hingga mual. Sebaiknya ketika ada yang menderita disentri lebih berhati-hati, sebab penyakit ini bisa menular.

Bahkan bisa menular dengan cepat dan mudah pada orang yang tidak mau menjaga kebersihan. Berbeda dengan sakit diare, penyakit yang satu ini tidak mudah untuk disembuhkan.

Baca Juga : Beton Nangka Makanan Sehat Segudang Manfaat

Apalagi jika sudah menderita disentri, harus lebih berhati-hati dalam konsumsi makanan. Sebab, tidak semua makanan bisa anda konsumsi karena mampu memberikan efek buruk.

Jika tidak anda perhatikan, bahkan penanganannya tidak segera, akan timbul komplikasi. Berikan penanganan dengan pergi ke dokter dan menjalani pola hidup yang seimbang. Berikut ini ada beberapa makanan yang harus anda hindari.

Makanan Pedas dan Berlemak

Salah satu hal yang menjadi pantangan penderita disentri yaitu konsumsi makanan pedas. Dengan makanan yang pedas, justru memperburuk kondisi.

Meski anda sudah sembuh dari sakit, namun pantangan makanan untuk penderita disentri wajib anda penuhi. Sebab, setelah anda sembuh, kondisi pencernaan membutuhkan waktu untuk bisa pulih kembali.

Sehingga dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Dengan konsumsi makanan pedas, akan mengakibatkan gangguan motilitas lambung. Bahkan kondisinya semakin buruk.

Ada beberapa hal yang bisa terjadi, mulai dari kram perut hingga muntah. Bahkan jika hal ini sering terjadi, anda akan terserang disentri kembali.

Baca Juga : Makanan Penyebab Penyakit Jantung Perlu Anda Waspadai!

Makanan yang Berpotensi Menghasilkan Banyak Gas

Pantangan makanan untuk penderita disentri selanjutnya yaitu hindari makanan yang menghasilkan banyak gas. Ada beberapa makanan yang perlu anda hindari ketika sakit disentri.

Jenis makanan tersebut misalnya sawi, umbi-umbian, dan kol. Tidak hanya itu saja, sebaiknya hindari minuman berkafein, mengandung soda, minuman beralkohol, bahkan teh.

Beberapa makanan tersebut mampu menghasilkan banyak gas dalam saluran cerna yang bisa membuat sakit tersebut tidak kunjung sembuh.

Buah dengan Kandungan Asam Tinggi

Sama seperti diare, disentri juga menyerang pada bagian pencernaan, khususnya usus. Maka dari itu, sebaiknya untuk menghindari buah yang mengandung banyak asam.

Misalnya jeruk, lemon, nanas, ceri, dan masih banyak yang lainnya. Selain kandungan asamnya tinggi, buah-buahan tersebut juga memiliki kandungan fruktosa.

Saat menderita disentri dan anda konsumsi buah ini, maka justru bisa memperburuk keadaan. Sebaiknya hindari konsumsi makanan tersebut agar penyakit bisa segera sembuh.

Banyak alasan mengapa konsumsi makanan harus dengan hati-hati, bahkan pilih-pilih. Hal ini perlu anda lakukan karena disentri termasuk penyakit menular yang sulit sembuh.

Maka dari itu, ketika anda menderita sakit tersebut, segera ke dokter. Agar pemulihan bisa lebih cepat, hindari beberapa pantangan makanan untuk penderita disentri. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -