Pasang Box Motor Mempengaruhi Tingkat Kenyamanan Saat Berkendara

Pasang Box Motor Mempengaruhi Tingkat Kenyamanan Saat Berkendara
Ilustrasi pasang box motor. Foto: Ist/Net

Pasang box motor kini semakin marak saja dilakukan oleh pemilik kendaraan roda dua. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam pemasangan komponen tersebut.

Bagasi atau box motor kini tengah menjadi trend di kalangan bikers. Ada banyak fungsi dari bagasi satu ini yang bisa bermanfaat bagi pengendara.

Selain itu, bagasi motor juga mampu membuat kendaraan terlihat lebih fashionable. Kini kendaraan sepeda motor semakin banyak pemiliknya.

Selain mampu menghindari kemacetan, alat transportasi yang satu ini juga mudah untuk anda jalankan. Sehingga bisa anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas.

Baca Juga : Tutup Pentil Ban, Jangan Sepelekan Komponen Kecil yang Satu ini

Misalnya pergi ke kantor, sekolah, belanja, bahkan untuk mencari nafkah sebagai tukang ojek. Modifikasi pada sepeda motor pun kini kian maju dan berkembang.

Banyak pemilik kendaraan yang menambahkan berbagai aksesoris terbaik yang membuat kendaraan menjadi lebih keren. Salah satu yang banyak sekali peminatnya yaitu penggunaan box atau bagasi.

Bagi anda yang ingin memasang komponen tersebut, sebaiknya lakukan dengan tepat. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa minta bantuan bengkel.

Dengan pemasangan yang tepat, bagasi tersebut mampu membawa barang-barang dengan baik. Terkadang masih banyak orang yang kesulitan ketika perjalanan jauh dan membawa banyak barang.

Namun, dengan adanya pemasangan tambahan bagasi membuat pengendara lebih mudah membawa barang bawaan. Akan tetapi, pasang box motor tidak semudah yang anda bayangkan.

Jika tidak tepat, justru bisa membahayakan pengendara. Maka dari itu, pemasangannya harus melalui tahapan yang baik dan benar.

Pasang Box Motor dengan Benar, Ini Caranya

Penggunaan box pada kendaraan roda dua kini semakin banyak saja. Hal ini banyak dilakukan bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh atau mudik.

Dengan adanya komponen tersebut, mampu membuat pengendara bisa merasa nyaman. Sebab tidak perlu membawa banyak barang dengan tas.

Bagasi ini memiliki peranan yang cukup penting bagi para pengendara. Namun, sebelum menentukan pilihan dalam pemasangan bagasi ini, sebaiknya perhatikan juga dari pemilihannya.

Baca Juga : Model Jas Hujan, Gunakan Tips Tepat Dalam Memilihnya

Apalagi saat ini sudah banyak beredar box dengan berbagai ukuran dan model. Sehingga anda tidak bisa memilih begitu saja. Selain dimensi dan kapasitas box yang bervariasi, anda juga harus perhatikan bracket boxnya.

Sebaiknya pilih yang terbuat dari besi yang memiliki ketahanan bagus dari segi kualitasnya. Hal ini perlu anda lakukan agar dapat menopang bagasi saat muatannya penuh.

Pilih bracket box dengan ketebalan plat minimal 6 mm. Agar bisa kuat dalam menopang barang bawaan, jangan asal pasang box motor begitu saja.

Ada beberapa tahapan yang perlu anda perhatikan dalam pemasangan. Anda bisa memasang box sendiri di rumah asal tahu langkah-langkah yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips pasang bagasi motor dengan langkah yang tepat.

Langkah 1

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk pasang box motor yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Kelengkapan yang perlu anda siapkan antara lain box, base plate, mur baut, dan bracket.

Bracket yang anda gunakan biasanya terjual terpisah dengan bagasinya. Ada banyak model brucket untuk berbagai jenis kendaraan. Sebaiknya anda pilih sesuai dengan tipe kendaraan.

Baca Juga : Helm Tanpa Visior, Banyak Resiko dan Bahaya dalam Penggunaannya

Jika tidak pasang, tentu dapat membahayakan pengendara. Pilih material brucket yang teksturnya keras dan kaku.

Langkah 2

Pada tahap cara pasang box motor berikutnya yaitu langsung buka behel belakang untuk tempat dudukan bracket. Biasanya anda perlu persiapkan toolkit, kunci L, dan kunci pasa untuk pemasangan.

Buka behel dengan posisi lubang mur. Plat dalam kondisi tergantung tanpa anda harus menyelipkannya terlebih dulu. Pemasangan bracket harus hati-hati agar bisa tepat dan benar.

Langkah 3

Kembalikan jok seperti semula. Tekan bagian jok belakang hingga mengunci atau berbunyi klik. Pasang kembali plat yang semula tergantung.

Secara langsung akan tertekan oleh jok. Pastikan semua terpasang dengan baik dan sesuai keadaan semula. Pastikan juga bracket dalam keadaan kuat dan kokoh. Pasang box pada bagian atas bracket.

Susun plat pengikat base plat dari bawah dan kencangkan. Jika semua sudah anda lakukan dan tepat, base plat akan kokoh diatas bracket. Pastikan pasang box motor dengan baik dan sesuai. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro