Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita CiamisPelaksanaan Pilkades di Muktisari Ciamis, Partisipasi Masyarakat Tinggi

Pelaksanaan Pilkades di Muktisari Ciamis, Partisipasi Masyarakat Tinggi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski dalam situasi pandemi Covid-19, namun partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pilkades Muktisari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, malah meningkat.

Ketua Panitia Pemilihan Kades Muktisari, Amir Kismaya, mengungkapkan, kesadaran dan keyakinan masyarakat dalam menyalurkan haknya mencapai 78 persen.

“Pelaksanaan Pilkades di Muktisari sangat baik. Apabila kita prosentasekan dari jumlah DPT 4.743, maka pemilih yang hadir menyalurkan hak pilihnya mencapai 3.690,” ungkapnya kepada HR Online, Sabtu (19/12/2020).

Lebih lanjut Amir menjelaskan, meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkades kali ini, dipengaruhi oleh dua aspek. Yaitu, aspek kesadaran politik masyarakat dan keyakinan politik masyarakat.

Masyarakat Muktisari memiliki kesadaran politik yang sangat tinggi. Sedangkan keyakinan politik masyarakat terhadap pemerintah, yakni kepercayaan terhadap pemimpin dan anggapan terhadap sistem politik juga tinggi.

“Hal tersebut berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades,” jelasnya. 

Amir menuturkan, bahwa meningkatnya partisipasi masyarakat pada pilkades kali ini bukan perkara yang mudah. Menurutnya, layaknya membalikan telapak tangan. Akan tetapi, semua ini tidak terlepas dari peran kerja seluruh panitia pilkades beserta unsur lainnya. 

“Alhamdulilah, tingkat partisipasi masyarakat sangat baik. Siapapun yang terpilih menjadi kepala desa, saya harap bisa amanah dan menjadi pelayan masyarakat dengan baik,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -