Pembersih AC Mobil, Cukup Ampuh Hilangkan Debu dan Kotoran

Pembersih AC Mobil, Cukup Ampuh Hilangkan Debu dan Kotoran
Ilustrasi pembersih AC mobil. Foto: Ist/Net

Pembersih AC mobil mampu mengatasi dengan baik debu dan kotoran yang masuk. Bagi anda pemilik mobil yang sudah dilengkapi AC, sebaiknya bersihkan secara teratur.

Kini mobil menjadi alat transportasi yang sudah banyak digunakan untuk berbagai aktivitas. Tidak jarang orang sudah memilikinya. Apalagi kini jenis dan merknya beragam dengan berbagai keunggulan.

Salah satunya fitur yang bisa bermanfaat untuk pengemudi. Mobil saat ini tentu sudah banyak dilengkapi yang namanya AC atau air conditioner. Fungsinya cukup penting agar bisa menjaga suhu dalam kabin.

Sehingga membuat nyaman dan betah meski berada dalam perjalanan jauh. Semua fitur yang ada pada kendaraan butuh perawatan, begitu juga dengan komponen tersebut.

Karena penggunaannya secara terus-menerus, tentu sering mengalami yang namanya kerusakan. Apalagi jika tidak anda rawat secara teratur. Komponen akan bermasalah dan tidak bisa berfungsi secara optimal.

Air conditioner pada kendaraan itu pun terdiri dari beberapa bagian. Semua memiliki peranan yang cukup penting guna memberikan kenyamanan saat berada dalam kabin.

Baca Juga : Cara Kerja AC Mobil, Lengkap dengan Komponen dan Fungsinya

Salah satu komponen yang sering mengalami masalah yaitu pada bagian evaporatornya. Maka dari itu, dibutuhkan pembersih AC mobil agar bisa kembali berfungsi.

Bagi anda yang tidak memiliki kesibukan padat bisa mencoba membersihkannya sendiri. Sebenarnya merawat fitur vital pada mobil ini tidaklah sulit.

Agar bisa menekan pengeluaran, anda bisa melakukannya di rumah. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat AC pada kendaraan.

Perawatan dengan Pembersih AC Mobil

Salah satu fitur penting mobil yaitu AC. Komponen tersebut saat ini menjadi fitur penting yang mampu memberikan kenyamanan saat berada dalam kendaraan.

Perangkat ini berbentuk kotak yang mana mampu mengeluarkan suhu dingin dalam ruangan. Karena sering anda gunakan tentu komponen juga perlu perawatan.

Maka dari itu, sebaiknya selalu cek kondisinya agar tetap dalam kondisi bagus. Salah satu komponen AC yang sering mengalami gangguan yaitu evaporator.

Komponen tersebut cukup penting karena untuk keluar masuknya udara. Saat perangkat tersebut kotor, maka proses pendinginan pun menjadi kurang maksimal.

Baca Juga : Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Selain itu, udara yang keluar pun tidak sedap. Sebab, adanya kotoran yang menyumbat. Selain itu, hembusan blower pun ikut berkurang.

Lakukan perawatan dengan menggunakan pembersih AC mobil. Dengan begitu, semua bisa teratasi dengan mudah. Anda juga butuh siapkan lap untuk membersihkan sisa kotoran dalam evaporator.

Ada cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk membersihkan komponen tersebut. Berikut cara yang bisa anda lakukan:

Bongkar Evaporator

Langkah awal yang bisa anda lakukan yaitu membongkar perangkat evaporator pada tempat yang bersih dan tidak berdebu. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara tetap baik.

Pastikan juga kondisi mesin mobil dalam keadaan mati. Anda perlu siapkan peralatan terlebih dulu. Misalnya brush/sikat gigi dan cairan pembersih AC mobil.

Buka glove box atau laci pada bagian sisi pengemudi. Buka dan ambil filter AC, cari tahu posisi blower. Hal ini agar anda tahu apakah posisinya ada pada bagian atas atau bawah. Hal ini bertujuan agar anda bisa membersihkannya dengan tepat.

Gunakan Cairan Pembersih AC Mobil

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Saat ini sudah banyak tersedia cairan tersebut dan dijual pada tempat bengkel AC.

Lebih baik anda memilih cairan dengan bentuk sprai dengan kandungan foam. Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Sebelum semprotkan, sebaiknya anda kocok kaleng spray agar kandungan dalam kaleng tercampur merata.

Dekatkan spray pada blower AC, dan pastikan semprotannya tepat sasaran. Selanjutnya hidupkan mesin untuk menyalakan AC. Diamkan AC dalam keadaan nyala kurang lebih jangka waktu 5 menit.

Baca Juga : Service Kompresor AC Mobil, Simak Tahapan Caranya Berikut Ini

Hal ini agar permukaan evaporator mengeluarkan embun untuk membasahi permukaannya. Putar blower dalam kecepatan tinggi agar anda nantinya lebih mudah dalam membersihkan AC.

Gunakan cairan pembersih ke bagian blower tunggu hingga membentuk busa. Biarkan mesin dalam keadaan nyala kurang lebih 10-15 menit.

Selanjutnya kotoran akan mengalir melalui selang ventilasi AC. Biarkan hingga kotoran tidak tersisa sampai cairan pembersih AC mobil yang berbentuk foam hilang sempurna. Jika sudah, anda bisa pasang kembali laci dasbor. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto