Senin, Juli 4, 2022
BerandaBerita PangandaranPemkab Pangandaran Akan Rekayasa Jalan Jika Macet saat Tahun baru

Pemkab Pangandaran Akan Rekayasa Jalan Jika Macet saat Tahun baru

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, telah menyiapkan rekayasa jalan untuk antisipasi kemacetan saat libur tahun baru 2020.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan hal tersebut saat menggelar upacara bersama menjelang pergantian malam Tahun baru bersama TNI-Polri, Kamis (31/12/2020). Hadir juga Kapolres Ciamis, Dandim 0613 Ciamis dan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari.

“Kami telah memberikan instruksi kepada petugas lapangan untuk melakukan rekayasa jalan dengan cara buka tutup. Apabila terjadi kemacetan dan wisatawan yang membludak ke Pangandaran,” ungkap Jeje.

Menurut Jeje, dengan melakukan rekayasa jalan ini bisa mengurai kemacetan. Sehingga arus lalu lintas di obyek wisata Pangandaran dapat lancar dan tidak ada hambatan.

Jeje pun menyampaikan Pemkab Pangandaran telah mengeluarkan edaran untuk warga agar tidak kemana-mana saat pergantian tahun baru. Jeje mengimbau kepada warga agar tetap berada pada rumahnya masing-masing.

Tujuannya, saat ini dalam masa pandemi Covid-19 sehingga perlu mengantisipasi potensi kerumunan. Dengan warga Pangandaran tidak kemana-mana bisa membantu mengurangi terjadinya kerumunan pada obyek wisata Pangandaran.

“Kami juga menghimbau kepada para pelaku usaha di obyek wisata untuk tidak menggelar pesta kembang api,” ungkapnya.

Dengan berada di rumah masing-masing bisa mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya. Sehingga tidak perlu melakukan rekayasa jalan. Namun apabila wisatawan membludak sistem buka tutup jalan dapat diberlakukan.

Sementara, Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadi mengatakan tim gabungan TNI-Polri, Pemkab dan bantuan Polda Jabar 75 anggota siap mengamankan libur tahun baru kali ini.

“Anggota akan menyebar pada beberapa titik lokasi untuk memantau, menjaga dan mengamankan perayaan tahun baru,” tegasnya. (Entang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang