Pemprov Jabar Sabet Dua Penghargaan di KPPU Award 2020

KPPU Award 2020
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima penghargaan dari KPPU Award 2020. Foto : Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar berhasil meraih 2 penghargaan pada Komisi Pengawsan Persaingan Usaha atau KPPU Award 2020. Jabar memiliki kinerja dan konsistensi guna mejalankan kebijakan persaingan usaha serta pola kemitraan ideal.

Kategori 2 pengharan itu yakni Kemitraan dengan Kualifikasi Utama. Kedua Persaingan Usaha dengan Kualifikasi Madya. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima langsung penghargaan tersebut dari Ketua KPPU Kurnia Toha di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Setelah menerima penghargaan dalam  KPPU Award 2020, Ridwan Kamil menyebut Pemprov Jabar menerapkan e-Marketplace dalam pembangunan. Hal ini agar para pelaku UMKM Jabar bisa terlibat dan persaingan usaha tercipta dengan adil serta proporsional.

“e-Marketplace merupakan terbosan kami dan yang pertama. Dulu perusahaan besar mengusai ini, sekarang UMKM pun bisa mendapat keadilan serta akses ekonomi sama. E-Marketplace mampu menghadirkan keadialn sosial bagi seluruh rakyat,” terangnya.

Rdwan Kamil menyebut penghargaan bukan tujuaan utama, tapi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tapi dengan penghargaan ini bisa menggambarkan inovasi Jabar menyentuh persoalan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara itu, Kurnia Toha, Ketua KPPU RI, mengatakan gelaran KPPU Award 2020 ini merupakan yang pertama kali dan akan berlanjut untuk tahun depan. Penghargaan ini untuk kementerian dan pemerintah provinsi yang memiliki kontribusi terhadap peran utama KPPU.

Fungsi itu yakni pengawas persaingan usaha, memberikan saran dan pertimbangan ke pemerintah terkait dengan kegiatan persaingan usaha.  Juga peran dalam pengawasan pelaksanaan kemitraan.

“Pelaksanaan pengawasan tentunya tidak akan berhasil tanpa dukungan kementerian maupun pemerintah daerah,” jelasnya.

KPPU Award 2020 sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dalam mengambil kebijakan dan telah menjalankan prinsip persaingan usaha sehat dan pola kemitraan. Baik pelaku usaha kecil, menengah hingga perusahaan besar.  (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang