Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPengaruh Magnet Terhadap HP, Simak Fakta yang Sebenarnya!

Pengaruh Magnet Terhadap HP, Simak Fakta yang Sebenarnya!

Pengaruh magnet terhadap HP dapat merusaknya, benarkah pernyataan tersebut? Magnet memang dipercayai mempunyai pengaruh terhadap beberapa perangkat elektronik. Hal ini terjadi apabila anda mendekatkan dengan beberapa benda elektronik tersebut.

Sebagai contoh jika anda meletakkan magnet dekat dengan televisi, maka gambar televisi akan terdistorsi. Lalu bagaimanakah dampaknya jika magnet diletakkan dekat dengan perangkat HP?

Pengaruh Magnet Terhadap HP

Banyak yang beranggapan bahwa pengaruh magnet terhadap sebuah HP apabila diletakkan secara berdekatan, selain dapat berpengaruh terhadap sinyal juga akan membahayakan perangkat ponsel anda, terutama pada bagian layarnya.

Namun pada kenyataannya, saat ini banyak sekali aksesoris HP yang menggunakan adanya magnet. Salah satu bahannya seperti wadah HP.

Baca Juga : Menggunakan HP Saat Petir Berbahaya, Mitos atau Fakta? 

Hingga saat ini magnet memang terlanjur memiliki pengaruh buruk bagi sebagian perangkat elektronik. Sebagai contoh magnet dipercaya dapat merusak HP apabila anda letakkan secara berdekatan.

Sedangkan pada kenyataannya, magnet yang ada di pasaran ataupun magnet yang super kuat sekalipun tidak akan mempunyai pengaruh buruk pada smartphone yang anda miliki .

Berikut ini beberapa fakta mengenai pengaruh magnet terhadap HP, antara lain:

Tidak Mempengaruhi Perangkat HP

Berdasarkan beberapa sumber menyatakan bahwa segala jenis magnet, termasuk yang memiliki daya tarik menarik paling kuat sekalipun, tidak akan memberikan efek yang berarti terhadap smartphone yang anda miliki.

Hal ini terbukti bahwa teknologi yang ada saat ini telah mampu mengatasi pengaruh magnet terhadap HP. Pasalnya, pada perangkat ponsel dan televisi telah menyematkan adanya layar bebas dari pengaruh magnet.

Baca Juga : Mengatasi HP Konslet dengan Cara Tepat, Minimalkan Kerusakan Ponsel

Selain itu, alat elektronik saat ini tidak akan berpengaruh dengan keberadaan magnet. Bahkan apabila anda membongkar perangkat HP, anda akan menemukan beberapa komponen yang juga menggunakan magnet.

Sebagai contoh, adanya kompas digital atau magnometer. Lalu yang terkini adalah Apple Watch yang telah mengusung adanya sistem pengisian nirkabel induktif magnetik.

Efek Magnet yang Tidak Terlalu Besar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak ada pengaruh magnet terhadap HP. Dalam hal ini, efek magnet tidak terlalu berdampak besar terhadap adanya sistem kerja dari perangkat sebuah smartphone.

Satu-satunya efek yang timbul karena pengaruh magnet terhadap komponen smartphone adalah mengenai keberadaan kompas. Dalam hal ini, kompas tidak dapat bekerja secara lebih akurat apabila HP berada di dekat magnet.

Baca Juga : Mengaktifkan Javascript di HP Mudah, Komponen Berjalan dengan Normal

Alasannya adalah magnet dapat berpengaruh terhadap sensor magnetik dalam sebuah smartphone. Jika komponen ponsel tertarik magnet, maka kalibrasi kompas atau navigasi akan menjadi terganggu.

Pada umumnya, aplikasi kompas digital memiliki fungsi sebagai aplikasi pemetaan. Seperti pada Google Maps pada sebuah smartphone masa kini.

Google Maps berfungsi untuk mengidentifikasi dari mana arah pengguna sedang melaju serta sebagai sarana petunjuk arah. Selain sebagai penunjuk arah, kompas juga memiliki fungsi sebagai rujukan orientasi pada beberapa game dalam sebuah smartphone.

Sarana Penguat Sinyal

Selain tidak adanya pengaruh magnet terhadap HP yang cukup berarti, justru magnet dapat menjadi sarana untuk memperkuat sinyal HP.

  1. Agar sinyal pada ponsel anda semakin kuat, anda dapat menyediakan beberapa alat sederhana. Seperti silet, magnet, serta alumunium foil.
  2. Langkah berikutnya gosok-gosokkan magnet ke bagian silet yang telah anda persiapkan.
  3. Lakukan hal ini selama 10 menit hingga silet dapat menarik benda-benda kecil berbahan besi. Seperti paku, mur, atau batu yang dapat menempel dengan magnet apabila saling anda dekatkan.
  4. Apabila benda-benda tersebut telah berhasil tertempel pada silet, maka hal ini menandakan silet siap menjadi antena tambahan yang dapat memperkuat sinyal smartphone anda.
  5. Cara berikutnya adalah dengan memotong alumunium foil.
  6. Selanjutnya bungkus silet berkekuatan magnet tadi dengan menggunakan alumunium foil tersebut. Semakin besar ukuran alumunium foil yang anda gunakan untuk membungkus silet, maka semakin baik pula hasil yang akan anda peroleh.
  7. Proses berikutnya, pemasangan antena tambahan penguat sinyal HP menjadi langkah terakhir yang dapat anda lakukan. Anda tinggal menempelkan bungkusan silet dengan alumunium foil tersebut pada bagian belakang baterai dengan menggunakan perekat atau isolasi.
  8. Atau, anda dapat meletakkan silet pada bagian belakang ponsel yakni antara soft case atau hard case yang biasa anda gunakan.

Dengan adanya penjelasan di atas, maka dapat anda simpulkan bahwa pengaruh magnet terhadap HP tidaklah terlalu besar. Bahkan adanya pernyataan bahwa magnet dapat merusak HP pun tidaklah 100% benar. (R10/HR-Online)