Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPengrajin Sotong di Tasikmalaya Masih Eksis Produksi di Masa Pandemi

Pengrajin Sotong di Tasikmalaya Masih Eksis Produksi di Masa Pandemi

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat),- Pengrajin sotong di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, masih tetap eksis berproduksi di masa pandemi ini. Adanya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun ini semua sektor terkena dampaknya, termasuk para pelaku UMKM.

Namun, pengrajin makanan sotong di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Gunung Jantra, Desa Sirnajaya, Kecamatan Karangjaya, mampu bertahan. Meskipun ada penurunan dalam memproduksinya.

Rima Mulyanawati (29), salah seorang pengrajin makanan ringan jenis sotong, hingga kini masih bertahan menjalankan usahanya. Bahkan, ia mampu merekrut warga setempat sebanyak 30 orang untuk bekerja membantu memproduksi sotong.

Baca Juga : Soal Pasar dan Modal, Pengrajin di Desa Ciherang Ciamis Minta Difasilitasi Pemda

“Masa pandemi ini memang terkena dampak, pesanan jadi menurun. Tapi masih banyak juga yang memesan sehingga masih bisa bertahan berproduksi. Hasil produksi sotong saya kirim ke kota-kota besar, seperti Bandung, Bogor, Jakarta, dan Tangerang,” tutur Rima, Selasa (29/12/2020).

Untuk menghindari adanya kendala dalam setiap pengiriman barang, dalam masa pandemi ini Rima selalu membekali surat-surat lengkap kepada karyawannya. Baik surat keterangan sehat bebas Covid-19, atau surat hasil rapid test terbaru.

Sebagai pengrajin makanan sotong, kini Rima ingin memperbaiki kualitas produksi maupun dari segi peralatannya. Selain itu, ia juga ingin memperlebar lagi dalam pemasaran usahanya.

“Namun, keinginan tersebut masih terkendala permodalan karena belum tersentuh bantuan dari pemerintah,” pungkasnya. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -