Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita CiamisPengurus Parpol di Ciamis Diminta Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Pengurus Parpol di Ciamis Diminta Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana, meminta kepada para pengurus partai politik (parpol) untuk ikut membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

Hal tersebut mengingat jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sekarang ini bukannya berkurang malah terus bertambah.

Menurut Nanang, peran penting juga harus dilakukan oleh semua pengurus parpol yang ada di kabupaten Ciamis, dalam melakukan penanganan Covid-19.

“Semua anggota DPRD Ciamis harus turut serta melakukan penanganan Covid-19,” katanya kepada HR Online, Rabu (30/12/2020).

Adapun peran serta pengurus partai, lanjut Nanang, bisa seperti melakukan sosialisasi ke setiap daerah pemilihan, dengan menggunakan kader partai itu sendiri.

“Supaya warga masyarakat bisa tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Corona sekarang ini,” ucapnya.

Peranan Pengurus Parpol Sangat Penting untuk Tekan Covid-19 di Ciamis

Sementara jika melihat dari sebaran kasus terbaru saat ini, kata Nanang, ada sekitar 25 kecamatan yang menyumbangkan jumlah kasus warga positif Covid-19. Sedangkan 2 kecamatan lainnya masuk dalam zona hijau atau zero kasus Corona.

Dengan begitu, peran penting harus dilakukan semua anggota DPRD Ciamis bersama pengurus parpolnya sekarang. Karena, banyak warga di daerah pemilihan yang terpapar Covid-19.

“Oleh karena itu, harus terus menggalakan pemberitahuan terkait protokol kesehatan dan 3M,” tuturnya.

Sebab, kata Nanang, dengan adanya sebaran positif Covid-19 di setiap kecamatan, secara otomatis daerah tersebut tempatnya para pengurus partai politik.

“Artinya, pimpinan partai harus menginstruksikan kepada seluruh pengurusnya untuk turut serta melakukan penanganan di daerah dapil masing-masing,” imbuhnya.

Selain itu, Nanang juga mengimbau kepada pimpinan parpol yang ada di Kabupaten Ciamis, supaya memerintahkan para pengurusnya.

“Baik itu di kecamatan maupun desa dengan dibantu anggota legislatifnya, untuk bisa terus melakukan penanganan Covid-19,” katanya.

Memang, kata Nanang, pandemi Covid-19 ini tidak tahu kapan akan berakhir. Untuk itu, perlu meningkatkan peran semua pihak dalam melakukan penanganan pandemi Corona.

“Sehingga nantinya Kabupaten Ciamis kembali ada dalam zona hijau atau zero Corona,” tegasnya.

Terlebih saat ini pemerintah Ciamis bersama Dinas Pendidikan, merencanakan untuk kembali membuka sekolah tatap muka. Artinya, jelas Nanang, agar kegiatan sekolah bisa berlangsung, maka perlu menignkatkan penanganan Covid-19.

Selain itu, gotong royong juga harus terus dilakukan, dan tidak kendur untuk menerapkan protokol kesehatan dan juga 3M. Hal tersebut, agar warga masyarakat bisa mengerti arti pentingnya aturan tersebut.

Pasalnya, sekarang ini masih banyak warga masyarakat yang belum paham apa itu protokol kesehatan dan juga 3M.

“Sehingga kita dari pengurus semua parpol yang ada di setiap kecamatan dan desa ikut berperan aktif. Selain menjaga diri kita sendiri dan juga warga lainnya,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto