Penyebab Flu dan Batuk, Gejala serta Cara Mengatasinya yang Efektif

Penyebab Flu dan Batuk, Gejala serta Cara Mengatasinya yang Efektif
Kenali penyebab flu dan batuk. Foto: Ist/Net

Penyebab flu dan batuk disebabkan dari serangan virus influenza yang menyerang sistem pernafasan. Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis sudah terbiasa terserang penyakit ini. Meski begitu penting mengenal gejala dan cara mengatasi flu dan batuk yang merupakan penyakit menular ini.

Influenza atau populer dengan sebutan flu merupakan jenis penyakit yang paling sering terjadi. Flu, menurut Wikipedia, termasuk jenis penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga orang lanjut usia.

Gejala flu yang umum terjadi seperti perasaan tidak nyaman, sakit tenggorokan, menggigil dan demam, batuk, dan kepala yang terasa berat atau pusing. Tak jarang juga mual dan muntah, tubuh menjadi lemas serta nyeri otot.

Baca juga: Flu dan Batuk Akibat Cuaca Panas, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab flu terutama karena serangan virus RNA. Virus influenza dari keluarga Orthomyxoviridae juga sering menyerang unggas maupun hewan mamalia. Penularannya umumnya lewat batuk atau bersin dari penderita.

Penyakit ini sering menyebabkan epidemi musiman pada berbagai negara. Bahkan beberapa kali pernah terjadi pandemi dengan jumlah kematian mencapai ratusan ribu orang di seluruh dunia.

Penyebab Flu dan Batuk

Sakit flu sering terjadi dengan gejala batuk atau demam. Faktor utama penyebab flu dan batuk adalah serangan virus influenza yang menyerang sistem pernafasan.

Pada dasarnya penyakit ini tak berbeda dari jenis penyakit asma atau infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dari sisi penyebabnya. Kebanyakan flu bukalah penyakit mematikan dan akan sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Meskipun bukan termasuk jenis penyakit berat, namun penanganan yang cepat penting untuk menghindarkan terjadinya berbagai komplikasi. Nah, berikut ini berbagai faktor penyebab flu yang sebaiknya Anda tahu.

Virus Influenza

Penyakit flu terutama karena virus yang menyerang sistem pernafasan kita. Beberapa jenis penyakit yang terjadi karena virus antara lain asma, ISPA, dan Covid-19. Karena itulah beberapa penyakit ini memunculkan gejala yang mirip.

Namun ada beberapa jenis virus yang memicu penyakit flu dan batuk tersebut. Berikut ini tiga dari lima genera atau jenis virus dalam famili Orthomyxoviridae yang paling sering menjadi penyebab flu dan batuk.

Virus influenza A

Penyebab flu jenis ini termasuk yang paling ganas daripada jenis virus influenza lainnya. Jenis virus ini biasanya berinang pada hewan unggas akuatik liar dan mudah menular pada spesies lainnya.

Virus ini juga sering menyebabkan terjadinya wabah penyakit pada ternak unggas domestik. Bahkan dari wabah ini memicu terjadinya pandemi influenza yang menyerang manusia.

Jenis virus influenza A terdapat beberapa subtipe yang pernah menyebabkan beberapa wabah penyakit. Seperti flu Asia tahun 1957, flu Hongkong tahun 1968, flu babi tahun 2009, flu Spanyol tahun 1918, flu burung tahun 2004.

Virus influenza B

Jenis ini lebih sering terjadi pada manusia dan jarang menyebabkan terjadinya epidemi penyakit. Keragaman genetik virus penyebab flu dan batuk ini terbilang sedikit sehingga sistem imunitas tubuh lebih mampu dalam menghadapi serangan virus ini.

Virus influenza C

Selain menyerang manusia, jenis virus ini juga kerap terjadi pada beberapa hewan unggas, seperti anjing dan babi. Penyakit flu akibat serangan virus ini biasanya menyerang anak-anak namun termasuk jarang terjadi.

Bersentuhan dengan Penderita

Flu termasuk jenis penyakit yang sangat gampang menular. Penularan ini bisa terjadi karena menghirup udara yang mengandung virus penyebab flu dan batuk, melalui sentuhan, atau penggunaan bersama barang dengan penderita.

Kulit tubuh penderita flu biasanya telah terkontaminasi virus penyebab flu. Karena itulah sentuhan atau singgungan pada kulit tubuh penderita juga bisa menyebabkan menularnya penyakit flu.

Bersentuhan dengan Hewan

Faktor ini bukanlah penyebab langsung namun bisa menjadi media penularan penyakit flu. Terutama saat Anda mengelus atau menyentuh hewan yang juga telah terinfeksi virus influenza.

Tak sedikit penelitian yang menemukan bahwa virus influenza ternyata sangat mudah menempel atau terdapat pada tubuh hewan. Seperti ayam, babi, bebek, hingga kuda. Karena itu penting menjaga kebersihan dan kesehatan hewan Anda.

Lingkungan yang Buruk

Faktor yang satu ini juga bukan merupakan penyebab flu dan batuk secara langsung. Lingkungan yang buruk bisa memicu flu khususnya suhu maupun kondisi cuaca yang sering berubah.

Selama ini banyak orang yang menyalahkan musim hujan sebagai penyebab flu. Hal ini karena perubahan cuaca akan mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Kekebalan tubuh yang drop menyebabkan virus lebih mudah menyerang.

Rendahnya Sistem Imunitas Tubuh

Daya tahan tubuh merupakan anugerah Tuhan dalam melindungi kita dari penyebab flu dan batuk. Saat sistem imunitas tubuh menurun, berbagai virus, bakteri, maupun penyebab penyakit lainnya yang akan menyerang tubuh kita.

Selain karena pengaruh cuaca, kekebalan tubuh juga bisa menurun karena banyak faktor. Seperti asupan makanan yang kurang bergizi, kurang minum air putih yang cukup, hingga malas berolahraga.

Gejala Flu dan Batuk

Setelah mengenal berbagai faktor penyebab flu dan batuk maupun kondisi yang mempengaruhinya, penting juga mengetahui tanda dan ciri-ciri penyakit flu. Hal ini agar kita bisa memberikan penanganan dan pengobatan sedini mungkin.

Baca juga: Penyebab Sesak Nafas yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan gejala flu muncul atau terjadi secara perlahan. Jika sistem imunitas tubuh lemah atau Anda tidak melakukan cara mengobati flu dan batuk bisa menyebabkan kondisi menjadi semakin parah.

Berikut ini beberapa ciri atau gejala flu dan batuk yang paling sering terjadi. Gejala flu ini umumnya masih ringan sehingga Anda bisa memberikan pengobatan sendiri di rumah.

  1. Hidung berair atau pilek bisa menjadi gejala flu awal yang sering terjadi. Banyak anak-anak yang mengalami hidung tersumbat yang memperlihatkan tanda saat terserang flu.
  2. Tanda lainnya yang juga sering muncul pada awal serangan penyebab flu dan batuk adalah sakit tenggorokan dan batuk. Tenggorokan terasa kering, gatal, sehingga memicu batuk.
  3. Tak jarang tubuh penderita juga akan panas dingin dan menggigil karena mengalami demam tinggi. Kadang suhu tubuh bisa lebih tinggi dari 38 derajat celsius.
  4. Sakit kepala juga sering terjadi dengan variasi pada pusing atau nyeri.
  5. Gejala flu dan batuk juga terlihat dengan badan yang lemas. Tak sedikit penderita yang merasa seperti kelelahan sehingga tidak bersemangat.
  6. Dalam beberapa kasus, penyakit influenza juga menyebabkan terjadinya diare sehingga penderita akan sering buang air besar.
  7. Tanda lainnya juga bisa berupa kondisi mual atau muntah. Meskipun tanda ini bisa karena penyakit lain, flu juga memicu terjadinya kondisi ini.
  8. Selain perasaan tak nyaman, tak jarang juga penderita yang mengalami otot yang terasa nyeri. Baik pada otot punggung, kaki, maupun otot lengan.

Risiko Komplikasi Penyakit Flu dan Batuk

Saat masih mengalami gejala flu dan batuk pada tahap awal mungkin masih terbilang ringan. Sehingga Anda bisa melakukan cara mengobati flu dan batuk sendiri baik dengan obat herbal maupun yang Anda beli dari apotek.

Namun ada sejumlah orang yang rawan dengan akibat komplikasi terhaap serangan virus penyebab flu dan batuk yang sebaiknya Anda waspadai. Penanganan medis yang cepat dan tepat sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Beberapa orang yang berisiko tinggi terhadap komplikasi flu antara lain anak kecil, wanita hamil, orang lanjut usia atau berumur 65 tahun lebih, orang dengan sistem imunitas rendah, dan orang yang mempunyai penyakit yang kronis.

Sedangkan beberapa komplikasi penyakit influenza yang bisa terjadi antara lain:

  • Serangan asma
  • Infeksi telinga
  • Infeksi sinus
  • Penyakit Bronchitis
  • Penyakit Pneumonia

Cara Mengatasi Flu dan Batuk Secara Alami

Selain membuat tubuh sangat tidak nyaman, sakit flu juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara mengatasi flu dan batuk secara alami yang bisa Anda lakukan sebagai langkah darurat.

Istirahat yang Cukup

Istirahat dengan tidur yang cukup akan memulihkan sistem imunitas tubuh. Ini merupakan cara alami untuk meredakan dan menyembuhkan sakit flu. Karena itu saat Anda merasakan gejala flu segera istirahat.

Banyak Minum Air Putih

Serangan virus penyebab flu dan batuk akan lebih mudah saat tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi akan menyebabkan imunitas tubuh ikut melemah sehingga penyakit mudah datang. Minum air putih yang banyak akan membantu memulihkan kekebalan tubuh.

Konsumsi Buah Segar

Cara mengobati flu dan batuk adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya nutrisi. Selain untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, banyak jenis buah segar yang bermanfaat untuk meningkatkan kesegaran tubuh.

Aroma Terapi

Alternatif lainnya cara mengatasi flu dan batuk adalah dengan aroma terapi. Anda bisa menggunakan berbagai bahan herbal yang menawarkan bau yang hangat untuk meredakan gejala flu. Seperti dengan jahe, minyak kayu putih, dan lainnya.

Obat Herbal

Ada banyak tanaman herbal berkhasiat obat yang baik untuk meredakan sakit flu. Seperti minum jahe, madu, minum jeruk nipis hangat, teh lemon, air rebusan kayu manis, kunyit asam, ataupun jamu beras kencur.

Demikianlah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab flu dan batuk yang wajib Anda tahu. Mengenal gejala flu sejak dini juga penting untuk memberikan cara mengatasi flu dan batuk yang lebih efektif. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara