Penyebab Hidung Mimisan dan Sakit Kepala, Salah Satunya Sinusitis

Penyebab sakit kepala dan mimisan, salah satunya radang sinus. Foto: Ilustrasi/Net.
Penyebab sakit kepala dan mimisan, salah satunya radang sinus. Foto: Ilustrasi/Net.

Penyebab hidung mimisan dan sakit kepala ketika terapar sinar matahari yang perlu Anda tahu. Sakit kepala hingga menyebabkan mimisan biasanya dialami oleh sejumlah anak-anak.

Mungkin para orang tua banyak yang menyimpulkan bahwa hal tersebut akibat kondisi tubuh anak sedang tidak enak fit. Tetapi sebenarnya hal ini bisa disebabkan faktor lain.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab hidung mimsan hingga sakit kepala ketika tubuh kepanasan, dan ini kerap terjadi pada anak-anak? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Penyebab Hidung Mimisan dan Sakit Kepala

Perubahan Iklim

Terjadinya perubahan iklim dan cuaca yang sedang tidak menentu bisa menyebabkan sakit kepala hingga mimisan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah.

Baca Juga : Penyebab Sering Sakit Kepala, Bisa Karena Penyakit juga Pola Hidup

Apabila tubuh tidak menyimpan vitamin penambah daya tahan tubuh, maka sangat mudah sekali terserang berbagai macam penyakit. Seperti halnya flu, sehingga hidung mudah terinfeksi karena lembab dan kering.

Kondisi lapisan hidung yang lembab dan kering mengakibatkan pendarahan atau mimisan. Tentu saja ini juga memicu sakit kepala muncul.

Leukimia

Selain akibat perubahan cuaca dan iklim, penyebab hidung mimisan dan sakit kepala juga dapat terjadi jika Anda sudah pernah mengidap penyakit leukimia. Ini adalah penyakit dimana tubuh kekurangan darah putih.

Apalagi jika sedang berada di bawah terik sinar matahari terlalu lama, maka Anda akan merasa pusing hingga mimisan. Karena, ketika tubuh yang sedang tidak stabil terpapar terik matahari, maka darah akan mengering, kemudian memecah menjadi pendarahan.

Penggunaan Obat Pelega Hidung Secara Berlebihan

Penggunaan obat pelega hidung secara berlebihan bisa menjadi penyebab hidung mimisan dengan rasa sakit kepala cukup hebat. Mungkin ketika Anda mengalami penyumbatan hidung saat flu banyak yang menggunakan obat pelega berbentuk semprotan.

Baca Juga : Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan, Bisa Mengobati Sakit Kepala

Penggunaannya obat tersebut memang populer karena praktis, dan dapat Anda gunakan kapan saja. Namun, selain dari keuntungan itu, ternyata penggunaan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena bisa sangat membahayakan.

Bahkan mungkin bisa saja Anda sering mimisan saat kepanasan juga akibat penggunaan obat pelega hidung secara berlebih.

Sinusitis

Sinusitis merupakan penyakit yang menyerang peradangan sinus rongga udara yang berada dalam tenggorokan. Peradangan sinus ini dapat mengakibatkan mimisan.

Karena, produksi lendir yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan hidung mimisan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit tersebut, jangan terlalu lama terpapar sinar matahari. Sebab, lendir akan mencair yang kemudian bisa memicu Anda merasakan sakit kepala hingga hidung mimisan.

Baca Juga : Cara Mudah dan Sederhana Meredakan Sakit Kepala yang Mengganggu

Limfoma

Penyebab hidung mimisan dan sakit kepala ketika tubuh terpapar sinar matahari selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bisa jadi Anda memiliki riwayat penyakit limfoma.

Penyakit limfoma ini dapat berkembang pada limfosit yang sedang melawan infeksi, dan bisa mengganggu kekebalan tubuh.

Penyakit ini bisa muncul dari berbagai bagian tubuh, termasuk hidung. Sinus sendiri dapat mengikis bagian pembuluh darah hingga mengakibatkan mimisan dan sakit kepala.

Itulah beberapa penyebab hidung mimisan dan sakit kepala ketika tubuh terpapar teriknya sinar matahari yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Sehingga, Anda bisa mencegah penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan tubuh. Jika mengalami hal seperti itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah