Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Injektor Tidak Keluar Bensin, Pemilihan BBM yang Tidak Tepat

Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin, Pemilihan BBM yang Tidak Tepat

Penyebab injektor tidak keluar bensin cukup dipengaruhi beberapa faktor. Sebaiknya anda berikan pengecekan dan perawatan secara rutin pada kendaraan.

Pada kendaraan terdapat berbagai komponen penting yang mempengaruhi kinerjanya. Salah satunya yaitu komponen pada sistem bahan bakar.

Injektor termasuk dalam komponen tersebut. Jika tidak berfungsi secara optimal, tentu pengaruhnya pada mesin kendaraan. Dari sinilah mengapa setiap kendaraan perlu dilakukannya perawatan secara rutin.

Sehingga ketika salah satu komponen kendaraan mengalami kerusakan, anda bisa segera memperbaiki atau menggantinya. Injektor itu sendiri adalah komponen yang berperan penting untuk menyemprotkan bahan bakar bertekanan.

Namun, sebelum hal ini terjadi, didahului oleh pompa injeksi yang memberikan penekanan sebelum bahan bakar disemprotkan. Dari sini bisa anda ambil kesimpulan jika injektor merupakan saluran yang mampu menambah tekanan dari bahan bakar.

Namun, sayangnya komponen tersebut sering mengalami masalah. Ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada injektor kendaraan.

Salah satunya yaitu komponen tersebut tidak bisa mengeluarkan bahan bakar dengan cukup. Ada beberapa faktor yang bisa berpengaruh akan terjadinya hal ini.

Sebaiknya segera cari tahu penyebab injektor tidak keluar bensin. Lakukan pemeriksaan dengan teliti untuk mengetahuinya. Bagi anda yang gemar dunia otomotif, tentu bisa mengatasinya dengan cepat.

Namun, jika anda tidak mengerti tentang otomotif, sebaiknya jika kendaraan bermasalah segera bawa ke bengkel. Hal ini bertujuan agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin

Bagi pemilik kendaraan matic yang sudah menggunakan sistem injeksi, tentu tahu apa itu komponen injektor. Peran dari injektor memang cukup penting.

Namun, sebagus apapun itu, komponen tentu bisa mengalami kerusakan. Begitu juga dengan injeksi yang sering mengalami masalah. Sering terjadi injektor tidak bisa keluar bahan bakar dengan baik.

Baca Juga: Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi Cukup Beragam

Jika hal ini terjadi, tentu akan mengganggu kinerja mesin kendaraan. Untuk tahu apa saja faktor yang bisa menimbulkan masalah ini, sebaiknya lakukan pengecekan.

Anda bisa periksa beberapa komponen yang mempengaruhinya. Misal, rangkaian injektornya, tekanan bahan bakar, dan yang lainnya. Hal ini perlu anda lakukan agar bisa tahu apa sebenarnya yang terjadi pada sistem injektor kendaraan.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan komponen ini tidak bisa keluar bahan bakar. Berikut ini penjelasan tentang penyebabnya diantaranya:

Pompa Bahan Bakar Bermasalah

Salah satu faktor penyebab injektor tidak keluar bensin yaitu pompa bahan bakar bermasalah. Sudah jelas jika injektor hanya menyalurkan saja, yang berperan mengeluarkan tekanan yaitu pompa bahan bakar.

Baca Juga: Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

Maka dari itu, jika komponen ini bermasalah, tentu akan berpengaruh pada bahan bakar yang tidak keluar sempurna. Akibatnya bensin tidak bisa diinjeksi oleh injektor. Masalah pada pompa bahan bakar cukup beragam.

Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Kualitas bahan bakar yang rendah juga bisa menjadi penyebab injektor tidak keluar bensin. Berbagai macam bahan bakar memiliki spesifikasi masing-masing.

Jika spesifikasinya tinggi, tentu kualitasnya juga lebih tinggi. Maka dari itu, sebaiknya pilih bahan bakar dengan kualitas sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan.

Baca Juga: Penyebab Kick Starter Ngelos, Wajib Tahu 4 Masalah yang Terjadi

Misal, jika kendaraan anda membutuhkan bahan bakar dengan RON 92, maka gunakan pertamax plus. Kualitas bahan bakar yang bagus akan mengurangi endapan yang mampu menyumbat lubang injektor. Sehingga sumbatan bisa mengganggu bensin untuk keluar. Itulah salah satu faktor penyebabnya.

Kerusakan Electronic Control Unit (ECU)

Kerusakan ECU juga bisa menjadi penyebab injektor tidak keluar bensin. ECU adalah komponen yang penting atau bisa disebut sebagai otak dari sistem tersebut.

Injektor terdiri dari selenoid yang akan berubah menjadi magnet. Selanjutnya berfungsi untuk membuka saluran injeksi. Agar bisa terkontrol dengan baik, maka ECU yang bertugas mengaturnya.

Bahan bakar yang terinjeksi pun bisa sesuai dengan kebutuhan mesin. Namun jika ECU mengalami masalah, maka arus kelistrikan pun tidak akan sampai ke injektor.

Saluran BBM Bocor

Pada sistem bahan bakar terdapat selang yang berguna menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor. Jika terjadi kebocoran, maka secara otomatis bensin tidak bisa mengalir ke injektor.

Hal inilah yang menjadi penyebab injektor tidak keluar bensin. Bahannya terbuat dari campuran alumunium, besi, serta karet sehingga mudah sobek dan rusak. (R10/HR-Online)