Penyebab Karburator Banjir, Kenali 6 Faktor yang Berpengaruh

Penyebab Karburator Banjir, Kenali 6 Faktor yang Berpengaruh
Ilustrasi penyebab karburator banjir. Foto : cashcarsbuyer

Penyebab karburator banjir tidak hanya karena adanya tumpukan kotoran di dalamnya. Namun, ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Setiap kendaraan memang terdiri dari berbagai macam komponen penting. Sebagai pemiliknya, sebaiknya anda tahu apa saja komponen pada kendaraan.

Selain itu, berikan perawatan yang tepat agar komponen bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak anda berikan perawatan, tentu fungsinya tidak akan optimal.

Baca Juga : Penyebab Kick Starter Ngelos, Wajib Tahu 4 Masalah yang Terjadi

Maka dari itu, jangan biarkan komponen kendaraan tidak terawat. Semua komponen kendaraan memiliki peranannya masing-masing. Begitu juga dengan karburator.

Karburator merupakan komponen penting yang berpengaruh pada bagian mesin. Dengan adanya komponen tersebut, mesin akan hidup dengan sempurna.

Salah satu fungsinya yaitu mengkabutkan bensin ke dalam ruang bahan bakar. Jika komponen tersebut tidak bekerja optimal secara langsung, kendaraan tidak menyala.

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu karburator banjir. Penyebab karburator banjir cukup beragam. Sebaiknya anda lakukan pengecekan secara jelas agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

Sebab, kondisi ini akan berdampak buruk pada kendaraan. Mungkin bisa terjadi kendaraan yang sulit untuk dinyalakan. Maka dari itu, dengan mengetahui penyebabnya, anda akan lebih mudah dalam mengatasi.

Setiap komponen memiliki masalahnya masing-masing. Dengan begitu, perawatannya pun ada yang mudah dan sulit.

Beberapa Penyebab Karburator Banjir

Komponen pada kendaraan jika bermasalah akan berpengaruh pada cara kerjanya. Apalagi jika yang mengalami kerusakan merupakan komponen vital seperti karburator.

Ketika masalah yang terjadi pada karburator anda alami, sebaiknya cari tahu penyebabnya. Karburator memang sering mengalami masalah, termasuk banjir bensin.

Baca Juga : Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin, Pemilihan BBM yang Tidak Tepat

Jika sudah terjadi, maka akan merugikan pemilik kendaraan. Hal ini terjadi karena bensin akan mengalir masuk pada sistem bahan bakar secara berlebih.

Berikan perawatan secara rutin untuk membersihkan komponen tersebut. Berikut ini ada beberapa faktor yang berpengaruh yang bisa anda tahu, antara lain:

1. Jarum Pelampung Kotor

Penyebab karburator banjir bisa terjadi karena jarum pelampungnya kotor. Kotoran yang menumpuk pada jarum pelampung akan mengganggu kinerja dari jarum itu sendiri.

Sebaiknya ketika anda mengalami banjir pada karburator, periksa komponen tersebut. Jika jarum dalam keadaan kotor, sebaiknya segera atasi dengan membersihkannya. Jika tidak, anda bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Setelan Pelampung Terlalu Tinggi

Penyebab karburator banjir yang kedua juga bisa karena setelan pelampungnya tidak tepat. Pemasangan pelampung karburator harus dengan baik dan benar.

Sebab, jika pelampung posisinya terlalu tinggi, maka akan membuat masalah. Salah satunya karburator banjir. Berikan service yang tepat dan rutin untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut.

3. Karburator Rusak

Kerusakan pada karburator memang sering terjadi. Salah satunya kelebihan bahan bakar yang masuk pada sistem bahan bakar. Ada banyak kerusakan yang terjadi dan berbagai faktor penyebabnya.

Baca Juga : Cara Merawat Kopling Motor Dengan Baik dan Benar

Ketika komponen tersebut mengalami korosi dengan kotoran yang mengerak, sebaiknya berikan perawatan. Namun, lebih baiknya lagi jika karburator yang sudah rusak, bisa berikan penggantian dengan yang baru.

Penyebab karburator banjir pun bisa anda ketahui dengan melakukan pengecekan. Selanjutnya baru berikan perawatan yang tepat.

4. Pelampung Bocor

Penyebab karburator banjir yang lain yaitu dengan adanya pelampung yang bocor. Saat kondisi ini terjadi, otomatis jarum pelampung tidak akan menutup pelampung bahan bakar.

Baca Juga : Penyebab Mesin Overheat pada Mobil, Perhatikan 6 Hal Ini!

Sehingga bahan bakar akan terus mengalir ke karburator. Jika tidak anda periksa, lama-kelamaan karbu akan mengalami banjir. Hal ini yang sering mengakibatkan kendaraan sulit berbunyi atau nyala.

5. Salah Perakitan

Ketika karburator tidak terakit dengan benar dan tepat, tentu akan timbul masalah. Meski tampak sepele, namun anda tidak bisa merakitnya secara sembarangan.

Hal ini perlu perlakukan khusus agar komponen bisa berfungsi secara tepat. Sebab, jika tidak tepat, mampu membuat posisi pelampung terjepit.

6. Selang Pembuangan Rusak

Saat karburator bermasalah, tentu anda perlu melakukan pengecekan. Ketika selang pembuangan rusak pun bisa mengakibatkan hal ini terjadi. Ketika selang tidak berfungsi dengan baik, membuat bahan bakar keluar melalui lubang bahan bakar.

Akibatnya karburator banjir. Jika sudah terjadi hal seperti ini, sebaiknya anda sering melakukan pengecekan secara berkala. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengetahui apa saja penyebab karburator banjir. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto