Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kepunahan Hewan Liar yang Terjadi Semakin Cepat

Penyebab Kepunahan Hewan Liar yang Terjadi Semakin Cepat

Penyebab kepunahan hewan liar yang perlu Anda ketahui, terlebih kepunahannya terjadi semakin cepat. Bagaimana perasaan Anda ketika mendengar adanya hewan liar yang terancam punah? Perasaan sedih dan prihatin tentu akan muncul saat mendengar adanya kasus semacam itu.

Ada banyak kasus yang menjadi penyebab punahnya satwa-satwa liar di alam bebas. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebabnya yang membuat Anda naik pitam.

Penyebab Kepunahan Hewan Liar

Perusakan Habitat Oleh Oknum Tak Bertanggung Jawab

Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan perusakan habitat asli dari hewan liar. Ulah oknum-oknum tersebut sudah semakin marak terjadi dari waktu ke waktu.

Ulah mereka tidak hanya menyebabkan hewan-hewan liar kehilangan tempat tinggal yang pada akhirnya berujung pada kepunahan saja. Tapi juga membuat berbagai jenis tumbuhan tidak dapat tumbuh sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Konflik Satwa Liar dengan Warga Kembali Terjadi di Cipaku Ciamis

Ada berbagai macam cara yang sering manusia lakukan untuk merusak habitat hewan. Seperti halnya migrasi manusia, deforestasi, penambangan, penebangan liar, dan masih banyak lagi tindakan buruk lain yang dapat melengserkan habitat hewan liar.

Perusakan tersebut membuat sebagian hewan mati karena kehilangan habitat aslinya, dan sebagian lagi terpaksa harus pindah ke daerah lain.

Perdagangan Satwa Liar yang Memprihatinkan

Perdagangan satwa liar yang semakin marak terjadi menjadi salah satu penyebab kepunahan hewan liar. Hal ini tentunya sangat perlu perhatian dan harus dihentikan sesegera mungkin.

Pasalnya, semakin hari semakin banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang dengan kejamnya memperdagangkan satwa liar. Tujuan mereka hanya demi kepentingan pribadi atau finansial semata, tanpa memperdulikan bagaimana nasib si hewan.

Bahkan, baru-baru ini pemberitaan yang berkaitan dengan perdagangan satwa liar mulai bermunculan satu persatu. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab menangkap lalu menjual satwa liar demi kepentingan finansialnya semata.

Maraknya perdagangan satwa liar tidak hanya terjadi di luar negeri, di Indonesia pun banyak terjadi. Karena itu perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah bagi para pelakunya.

Baca Juga : Satwa Langka Terancam Punah, Apa Penyebabnya?

Banyaknya Polusi

Polusi juga menjadi salah satu penyebab kepunahan hewan liar. Banyak tindakan manusia seperti membuang sampah sembarang, menggunakan pestisida dalam jumlah banyak.

Kemudian selain itu, penggunaan kendaraan bermotor yang dapat menyebabkan polusi udara, hingga pembuangan limbah pabrik yang memberikan dampak merugikan kepada para hewan.

Salah satu masalah besar yang harus segera ditangani adalah banyaknya sampah plastik yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Pasalnya, sampah plastik yang begitu banyak tidak mudah untuk terurai. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk sampah plastik menjadi terurai dan hancur.

Banyaknya sampah plastik juga dapat mengganggu ekosistem hewan-hewan liar hingga membuatnya kehilangan keaslian habitatnya.

Semakin Maraknya Perburuan Ilegal

Baca Juga : 15 Ekor Kukang Jawa Hasil Sitaan Dilepasliarkan di Gunung Sawal Ciamis

Dari waktu ke waktu, manusia semakin gencar menunjukkan taring kekejamannya dengan terus melakukan perburuan ilegal dan overhunting pada hewan-hewan liar.

Perburuan yang mereka lakukan hanya demi mendapatkan kepuasaan semata, atau peningkatan finansial. Banyak hewan liar yang diburu untuk diambil bulunya, dagingnya, atau bagian tubuhnya yang dapat dimanfaatkan.

Berbagai bukti berupa catatan sejarah telah menunjukkan bagaimana manusia dapat menghilangkan suatu spesies melalui aktivitas perburuannya.

Salah satu cerita yang cukup memprihatinkan adalah bagaimana manusia memusnahkan Passenger Pigeon atau Merpati Penumpang hanya demi dapat mencicipi dagingnya.

Awalnya jenis burung tersebut dilaporkan terdapat lebih dari 5 miliar ekor pada dataran Amerika Serikat. Namun, para manusia memburunya tanpa henti hingga membuat Passenger Pigeon harus lenyap tanpa tersisa sedikitpun dalam kurun waktu 50 tahun.

Kisah populer dari punahnya Passenger Pigeon akibat perburuan ini hanyalah sekelumit cerita yang menggambarkan betapa kejamnya tindakan perburuan yang manusia lakukan.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan kepunahan hewan liar, dan berlangsung semakin cepat dari waktu ke waktu. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img