Penyebab Kick Starter Ngelos, Wajib Tahu 4 Masalah yang Terjadi

Penyebab Kick Starter Ngelos, Wajib Tahu 4 Masalah yang Terjadi
Ilustrasi penyebab kick starter ngelos. Foto : istimewa

Penyebab kick starter ngelos wajib anda ketahui agar bisa memberikan penanganan yang tepat. Saat komponen mendadak enteng, itu pertanda adanya masalah pada komponen tersebut.

Kejadian seperti ini yang biasa disebut dengan ngelos atau tidak adanya tendangan balik. Mungkin sebagian besar pemilik kendaraan pernah mengalaminya.

Begitu juga dengan anda mungkin pernah mengalaminya, namun masih bingung untuk mengatasi. Hal ini juga karena anda belum tahu apa yang menyebabkannya terjadi.

Baca Juga : As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak

Setiap kendaraan terdiri dari berbagai komponen dan fungsi masing-masing yang saling berkaitan. Seperti halnya pada komponen yang satu ini. Jika terjadi masalah, tentu akan mengganggu kinerja kendaraan.

Hal ini akan berdampak pada motor sehingga tidak bisa dinyalakan. Masalah juga bisa semakin berkepanjangan jika terjadi pada sistem keelektrikan starter motor.

Starter kendaraan roda dua ini memiliki peranan yang cukup penting untuk dapat menyalakan mesin kendaraan. Jika terjadi kerusakan, pasti kendaraan tidak bisa berfungsi.

Sebagai pemilik kendaraan roda dua, anda wajib tahu apa saja yang dapat mempengaruhi komponen tidak berfungsi. Jika hal ini tidak bisa anda ketahui, tentunya akan lebih sulit dalam memperbaikinya.

Penyebab Kick Starter Ngelos

Kick starter pada sepeda motor memiliki peranan yang cukup penting. Namun, sayangnya tidak semua berjalan dengan baik. Ada saja masalah yang bisa terjadi pada komponen yang satu ini.

Salah satunya yang sering terjadi yaitu ngelos atau kick starter terasa enteng. Jika hal ini terjadi, tentunya motor akan sulit dinyalakan.

Hal ini masih bisa beruntung jika elektrik starternya normal. Coba kalau tidak berfungsi, tentu akan semakin repot. Mungkin masih banyak pemilik kendaraan yang belum tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi.

Namun, sebaiknya sebagai pemilik kendaraan, anda tahu jenis komponen dan cara perawatannya. Hal ini perlu anda lakukan sebagai salah satu perawatan pada sepeda motor.

Kick starter sepeda motor memang sering mengalami masalah ngelos. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya dengan mudah. Berikut ini ada beberapa faktor masalah yang sering terjadi pada komponen tersebut. Berikut ulasannya:

1. Tidak Adanya Tekanan Kompresi

Penyebab kick starter ngelos yang pertama yaitu mesin tidak membuat tekanan kompresi yang dilakukan oleh dorongan piston. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kotoran yang menempel pada klep/valve.

Padahal komponen ini berfungsi dengan normal untuk menggerakkan klep naik turun. Jika klep terdapat kotoran, tentunya tidak bisa menutup dengan baik.

Fungsi dari komponen tersebut yaitu untuk mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran. Sedangkan kotoran yang menempel pada klep diakibatkan karena penggunaan bahan bakar premium RON rendah.

2. Gigi Engkol Habis

Ada penyebab kick starter ngelos yang kedua karena terjadi pada gigi engkol yang habis. Bahkan juga sering terjadi jika komponen ini patah atau pecah.

Jika sudah terjadi, maka sebaiknya las komponen tersebut dengan menggunakan kawat yang memiliki kadar baja tinggi. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa pada tukang las berpengalaman.

Baca Juga : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Namun, jika pernya patah, sebaiknya segera cari yang lebih baik dan baru untuk menggantikannya. Cara memperbaiki kick starter setiap kendaraan hampir sama. Akan tetapi, berbeda pada jenis kendaraan moge.

3. Kampas Kopling

Ada juga penyebab kick starter ngelos karena kampas kopling sudah aus. Hal ini sering terjadi pada jenis moge dengan kampas kopling sudah aus atau justru terlalu kencang.

Sebaiknya segera cek komponen tersebut apakah masih bagus atau tidak. Jika sudah aus, sebaiknya segera ganti. Namun, jika terlalu kencang juga akan berpengaruh pada kinerja kick starter motor.

Bisa juga terjadi jika kampas kopling pemasangannya tidak tepat. Sebaiknya cari komponen ini yang paling ideal, jangan hanya ngejar terus enteng.

4. Mangkok Kopling Otomatis

Berbeda dengan jenis motor bebek yang menggunakan kopling otomatis. Jika 3 per sudah sentrifugal atau lembek, tentu juga bisa menjadi penyebab kick starter ngelos.

Perhatikan juga mangkok koplingnya. Jika tergores, komponen ini mampu mempengaruhi kinerja kick starter bekerja dengan optimal. Sehingga menjadi penyebab kick starter ngelos. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi Cukup Beragam
Aegis Boost Pro