Penyebab Mesin Overheat pada Mobil, Perhatikan 6 Hal Ini!

Penyebab mesin overheat pada mobil, perhatikan 6 hal ini! Foto: Net/Ist.
Penyebab mesin overheat pada mobil, perhatikan 6 hal ini! Foto: Net/Ist.

Penyebab mesin overheat pada mobil penting untuk diketahui agar saat Anda berkendara bisa berjalan lancar dan aman. Mesin mobil yang overheat disebabkan suhu panas pada mesin yang tinggi.

Oleh karena itu, saat Anda berkendara, hal yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi dari suhu mesin mobil. Untuk mengetahui kondisi mesin, Anda cukup melihat indikator suhu pada meter cluster. Di dalamnya ada semacam alat pengukur suhu.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai penyebab terjadinya mesin mobil yang overheat. Masalah ini tentunya menjadi kendala bagi para pengemudi mobil.

Penyebab Mesin Overheat pada Mobil

Penggunaan Mesin Secara Terus Menerus

Mesin mobil yang overheat perlu Anda ketahui fakta penyebab utamanya. Mesin mobil akan cepat panas jika penggunaan mesin secara terus menerus tanpa ada jeda. Padahal, pemakaian dengan durasi waktu yang panjang dapat berakibat fatal.

Baca Juga : Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Salah satunya adalah masalah mesin bersuhu tidak normal. Oleh karena itu, saat kondisi jalan macet, Anda perlu sangat memperhatikan gejala mesin mobil Anda yang mungkin overheat.

Masalah Radiator

Penyebab mesin overheat pada mobil selanjutnya yaitu akibat adanya masalah yang muncul dari radiator. Penyumbatan pembocoran, hingga masalah pada kipas radiator mengakibatkan panas tidak dapat dikeluarkan dengan baik.

Hal ini membuat kenaikan temperatur pada mesin mobil. Dengan mengetahui hal tersebut, untuk mengantisipasi sebelum Anda melakukan mudik, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan kendaraan Anda.

Cooling System Bocor

Baca Juga : Oli Mesin Mobil untuk Motor Matic, Alasan Penggunaan dan Keuntungannya

Tidak hanya masalah radiator saja, hal yang perlu Anda perhatikan juga adalah kebocoran pada pompa air, selang, kepala paking atau thermostat. Masalah ini menjadi salah satu penyebab mesin overheat pada mobil.

Hal itu membuat mesin selalu mengalami kenaikan temperatur, dan tidak bisa mendingin setelah pemakaian. Oleh karena itu, jika terjadi salah satu pembocoran seperti tersebut di atas, segera perbaiki mobil Anda atau bawa ke tukang bengkel.

Selang Mampet

Adanya selang yang mampet juga bisa menjadi penyebab mesin mobil overheat. Saat Anda melakukan pengecekan tidak ada kebocoran. Kemudian, pada bagian coolant juga sudah terpasang dengan baik, maka kondisi mobil aman.

Namun, jika distribusi tuas pengalirannya tersendat, tentu Anda perlu melakukan pengecekan pada bagian selang mesin.

Karena, pada bagian selang mesin biasanya ada kotoran yang tersisa dan mengendap. Sehingga menghalangi cairan yang mengalir pada selang. Dengan demikian, Anda harus segera membersihkan endapan kotoran tersebut.

Kerusakan Pompa

Baca Juga : Konfigurasi Mesin Mobil Hadir dengan Berbagai Jenis yang Berbeda

Penyebab mesin overheat yang berikutnya yaitu akibat terjadinya kerusakan pada pompa yang merupakan salah satu bagian mesin mobil.

Alat tersebut berfungsi untuk memompa dan mengalirkan coolant cairan pendingin ke seluruh bagian sistem pendingin dalam dapur pacu. Jika pompa rusak, tentu saja mesin tidak akan berfungsi dengan baik.

Hal tersebut sangatlah beresiko, karena dapat menimbulkan mesin overheat. Masalah pompa dapat berupa kebocoran, pergeseran poros pompa, hingga masalah kipas.

Permasalahan Coolant atau Mesin Pendingin

Meskipun setelah Anda cek mesin tidak mengalami kebocoran, namun mesin mobil masih mengalami overheat. Hal tersebut dapat terjadi karena mesin tidak bisa dingin dengan sempurna.

Masalah itu dapat timbul akibat pemakaian coolant yang salah. Dalam hal ini, solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menguras bahan coolant. Kemudian mencampurkannya dengan air.

Dari beberapa penyebab mesin overheat tersebut, Anda perlu memperhatikan setiap aspeknya dengan baik. Hal ini sekaligus untuk mengenali dan menambah wawasan seputar mesin mobil yang membuatnya tetap aman ketika Anda gunakan.

Itulah ulasan mengenai enam hal yang menyebabkan mesin mobil Anda mengalami overheat. Oleh karena itu penting Anda perhatikan kondisi suhu mesin mobil. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah