Penyebab Penyakit Kudis, Gejala dan Cara Pengobatan yang Tepat

Penyebab Penyakit Kudis, Gejala dan Cara Pengobatan yang Tepat
Ilustrasi penyebab penyakit kudis. Foto: Ist/Net

Penyebab penyakit kudis bisa dikarenakan terkena tungau kecil yang masuk dalam kulit. Berbagai jenis penyakit dapat menyerang siapa saja.

Ada banyak jenisnya, mulai dari yang ringan hingga kronis. Tidak hanya itu saja, ada juga yang menyerang organ dalam atau justru organ tubuh bagian luar.

Salah satunya yaitu penyakit kudis atau scabies. Penyakit yang satu ini termasuk dalam jenis yang mudah menular. Maka dari itu, ketika anda mengalami gatal, jangan sepelekan. Sebaiknya berikan penanganan yang tepat.

Ada beberapa penyebabnya hingga menyerang anda. Pada awalnya, penyakit akan menimbulkan gejala ringan seperti terkena gigitan nyamuk atau seperti jerawat.

Namun, jika lama-kelamaan tidak terobati akan timbul rasa gatal pada kulit. Dimana tungau berada, maka kulit akan terasa sangat gatal.

Kudis pada umumnya menyerang atau bersembunyi pada tempat-tempat yang hangat. Misalnya pada lipatan kulit, bawah kuku, sela jari, bahkan pada area sekitar bokong.

Meski terlihat sepele, namun sakit gatal pada kulit ini bisa cukup fatal. Maka dari itu, sebaiknya anda tahu apa saja penyebab penyakit kudis agar bisa mengatasinya lebih cepat.

Baca Juga : Penyakit Kulit pada Anak, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobatinya

Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena tungau betina bereproduksi dalam kulit. Sehingga timbulah rasa gatal. Sebaiknya anda bisa lebih mengetahui apa saja penyebabnya dan gejala yang ditimbulkan.

Penyebab Penyakit Kudis

Kudis atau scabies ini sering menyerang orang yang berkelompok, misalnya yang ada di pesantren. Namun, bagi anda yang memiliki daya tahan tubuh lemah, konsumsi steroid atau sedang menjalani kemoterapi juga beresiko terkena sakit kudis.

Penyebab scabies sudah jelas jika adanya infeksi dan sentitasi terhadap kutu sarcoptes scabiei. Kutu atau tungau tersebut akan masuk dalam kulit korneum dan membentuk terowongan sebesar 0,6-1,2 cm.

Mulanya penyakit ini muncul akibat betina memulai siklus hidupnya dalam kulit. Setelah itu, tungau jantan akan membuahi betina dan mati.

Namun betinanya akan mulai bertelur yang menetas hanya dalam waktu 3-4 hari kemudian. Tungau tersebut akan mengalami siklus yang sama dari tumbuh dewasa, pembuahan, hingga kembali menetas.

Tungau jantan berada dalam permukaan kulit. Sedangkan betinanya akan bertahan pada terowongan kulit yang tidak bisa terlihat oleh mata.

Baca Juga : Macam-macam Penyakit Kanker dan Gejalanya, dari Serviks Hingga Kulit

Karena penyebab penyakit kudis ini cukup cepat perkembangannya, maka anda harus segera mengatasinya. Saat anda mengalami sakit yang satu ini, sebaiknya lakukan perawatan hingga benar-benar sembuh.

Apalagi bakteri yang satu ini cukup sulit hilang dari kulit. Meski sudah anda gosok dengan air panas dan sabun, tetap akan sulit terlepas.

Gejala Terserang Sakit Kudis

Jika tungau sudah bersarang pada kulit anda, maka perkembangannya akan berjalan cepat. Gejala awal yang timbul mulai dari rasa gatal seperti terkena gigitan nyamuk.

Namun, penyebab penyakit kudis ini juga bisa berbahaya pada kulit. Sebab, rasa gatal yang timbul akan berkepanjangan. Bahkan jika lama-kelamaan tidak anda obati, justru bisa membentuk luka bakar dan bernanah.

Saat anda sudah merasakan gejala yang terjadi, sebaiknya segera periksa ke dokter. Sebab, penyakit kulit yang satu ini penyebarannya mudah dan cepat.

Apalagi tidak semua orang bisa merasakan gejala yang terjadi. Pada umumnya, orang yang terserang sakit kudis hanya mengira terkena gatal-gatal biasa. Bahkan penanganannya sering terlambat, menunggu 2-3 minggu setelah gejala timbul.

Baca Juga : Penyakit Kulit Karena Jamur yang Sering Bikin Stres dan Minder

Penularan kudis juga bisa melalui handuk, pakaian, dan alas tidur penderita. Sehingga orang yang ikut menggunakan barang penderita akan mudah tertular.

Cara Pengobatan

Bagi anda yang memiliki penyakit kudis, sebaiknya berikan pengobatan secara tepat. Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu mengetahui penyebab penyakit kudis. Berikan pengobatan hingga tuntas dan tungau benar-benar hilang.

Langkah awal untuk melakukan pengobatan yaitu membawanya ke dokter dengan segera. Jangan tunggu sakit tambah parah, baru anda melakukan pengobatan. 

Sebab, jika penanganannya terlambat, gatal akan berkepanjangan hingga menimbulkan luka serius. Gunakan krim atau lotion yang sudah dokter resepkan.

Oleskan pada seluruh permukaan kulit dan berikan pada malam hari. Hal ini agar penyebab penyakit kudis bisa hilang secara total. Anda pun bisa terhindar dari penyakit ini. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah