Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPeralatan Make Up yang Wajib Dimiliki untuk Hasil Sempurna

Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki untuk Hasil Sempurna

Peralatan make up merupakan berbagai macam rangkaian alat kecantikan yang sering kita gunakan. Tanpa alat-alat ini, maka hasil make up kita tidak akan maksimal.

Terdapat banyak ukuran dari masing-masing peralatan tersebut. Untuk penggunaannya, tentu saja dapat kita sesuaikan berdasarkan kebutuhan dan selera.

Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki

Bagi anda yang sudah sejak lama berkecimpung di dunia kecantikan, pastinya tidaklah asing dengan peralatan ini. Terutama anda yang saat ini berprofesi sebagai MUA maupun pemilik salon kecantikan.

Baca juga: Manfaat Peeling Wajah untuk Kulit Cantik, Glowing dan Bercahaya

Namun, bagi seorang pemula, ini menjadi hal yang baru. Maka dari itulah, sebagai informasi untuk anda, berikut ini daftar peralatan make up yang bisa digunakan.

Beauty Blender

Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki untuk Hasil Sempurna

Beauty Blender merupakan salah satu alat make up yang wajib dimiliki oleh seorang pemula. Bentuknya seperti telur yang terbuat dari busa atau spon.

Beauty Blender ini memiliki fungsi yang sangat penting, yakni sebagai alat untuk mengaplikasikan foundation ke sekitaran wajah. Sedikit saran, bagi para pemula memang ada baiknya untuk menggunakan Beauty Blender yang berbentuk seperti telur ini.

Pasalnya, peralatan make up satu ini memiliki bagian bawah yang dapat memudahkan anda untuk mengaplikasikan pada area wajah yang luas. Seperti pipi dan juga kening.

Sedangkan pada bagian atasnya berbentuk runcing atau lancip, ini bisa anda gunakan pada bagian wajah yang sulit untuk dijangkau. Tak perlu bingung ketika menggunakannya, sebab ini sangatlah mudah.

Pertama, anda hanya perlu membasahi Beauty Blender ini terlebih dahulu dan pastikan bahwa benar-benar sudah basah. Setelah itu, tuangkan foundation ke Beauty Blender secukupnya.

Kemudian anda oleskan dan ratakan pada seluruh bagian wajah, mulai dari pipi, dagu, kening, hidung, dan area wajah lainnya. Meskipun terlihat mudah, tak sedikit orang yang merasa kesulitan ketika menggunakannya.

Bahkan tak jarang menggunakan Beauty Blender ini dengan cara menyeretnya pada bagian wajah. Ini dapat membuat hasil make up justru kurang maksimal karena merusak tekstur Beauty Blender itu sendiri.

Cara yang paling tepat anda hanya perlu menepukkan ke bagian wajah secara perlahan-lahan hingga foundation merata dengan sempurna.

Face Powder Brush

Peralatan make up yang wajib anda miliki yakni Face Powder Brush. Face Powder Brush ini berbentuk kuas dengan bulu yang halus dan lembut.

Baca juga: Produk Make up Pixy Terbaik yang Wajib Ada dalam Tas Anda

Salah satu perangkat rias ini memiliki fungsi untuk meratakan berbagai produk make up, seperti produk make up jenis powder. Menggunakan Face Powder Brush ini, hasilnya akan menyatu dengan smooth.

Selain itu, peralatan ini juga memiliki bulu yang tidak terlalu padat. Sehingga sangat mudah untuk pengaplikasiannya pada wajah.

Bukan hanya itu saja, bentuknya yang seperti kuas ini membuatnya menjadi multifungsi. Anda bisa juga menggunakannya untuk mengaplikasikan blush on maupun bronzer. Dengan catatan, ukuran Face Powder Brush ini sesuai dengan bentuk wajah anda.  

Kabuki Brush

Peralatan make up selanjutnya yang tak kalah penting untuk anda miliki adalah Kabuki Brush. Kabuki Brush ini memiliki bentuk yang bulat seperti jamur.

Salah satu brush ini kita sebut dengan Kabuki karena mempunyai bentuk yang menyerupai rambut palsu pada pementasan Kabuki di Jepang.

Umumnya, kuas tersebut kita gunakan untuk menyatukan bubuk putih dengan cepat dan merata pada wajah setiap pemain. Kabuki Brush juga mempunyai bulu yang tebal serta sangat padat.

Sehingga membuat make up kita tidak menjadi menggumpal. Peralatan make up yang satu ini pada dasarnya memang berukuran pendek dengan ujungnya yang bulat, mendatar, atau melengkung.

Anda bisa menggunakan perangkat rias ini untuk mengaplikasikan produk make up berjenis krim ataupun bubuk. Bedak bubuk yang anda aplikasikan dengan menggunakan Kabuki Brush ini akan memberikan hasil sempurna. Bedak akan membaur dengan lebih natural dan juga tampak ringan.

Blush Brush

Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki untuk Hasil Sempurna

Bila kita lihat, Blush Brush ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan Face Powder Brush. Akan tetapi, memiliki fungsi yang berbeda.

Blush Brush berfungsi untuk mengaplikasikan blush on secara tepat pada area pipi. Sehingga hasil blush on yang anda gunakan merona dengan sempurna.

Blending Eye Shadow Brush

Blending Eye Shadow Brush merupakan salah satu peralatan make up yang wajib anda miliki. Kuas make up yang satu ini mempunyai bentuk bulat pada bagian ujungnya.

Selain itu, juga memiliki ukuran yang kecil. Biasanya, Blanding Eye Shadow Brush ini kita gunakan untuk membuat lipatan mata dengan mengaplikasikan eyeshadow.

Dengan ukurannya yang kecil ini pulalah, sangat sesuai kita gunakan untuk menyatukan berbagai macam warna eyeshadow. Sehingga memberikan hasil gradasi warna yang terlihat sangat lembut dan juga natural.

Spoolie Brush

Untuk memperlihatkan tampilan mata yang indah, jangan lupa menggunakan peralatan make up ini, Spoolie Brush. Peralatan yang satu ini wajib anda miliki karena berfungsi untuk membuat bulu mata dan alis menjadi lebih rapi.

Baca juga: Ingin Make Up Tidak Mudah Luntur? Ikuti Cara Praktis Ini!

Penggunaan Spoolie Brush ini pun sangatlah mudah. Setelah anda sudah menggunakan pensil alis, langsung sisir dengan menggunakan Spoolie Brush ini. Sehingga alis anda tampak smooth serta lebih memukau.

Sedangkan untuk penggunaan pada bagian bulu mata, yakni setelah anda mengaplikasikan maskara. Setelah itu, rapikan dengan menggunakan Spoolie Brush. Dengan begitu, hasil maskara yang anda gunakan tidak akan menggumpal. Bulu mata menjadi lebih lentik dan menarik.

Fan Brush

Bila kita sedang membicarakan peralatan make up, maka Fan Brush ini menjadi hal yang penting. Memiliki bentuk seperti kipas dengan bulu kuas yang pipih dan melebar.

Fan Brush merupakan kuas yang mempunyai dua jenis. Masing-masing jenis kuas memiliki fungsi yang berbeda. Kuas yang berukuran kecil memiliki fungsi untuk mengaplikasikan hightlighter pada bagian tulang pipi atas.

Sedangkan untuk kuas yang berukuran besar berfungsi untuk membersihkan sisa powder atau finishing blend, yang berjatuhan pada wajah anda.

Penjepit Bulu Mata

Peralatan make up yang tak boleh sampai lupa untuk anda miliki yakni penjepit bulu mata. Peralatan satu ini, anda gunakan sebelum mengaplikasikan maskara.

Penjepit bulu mata yang menggunakan eyelash curler dapat memberikan hasil dari penggunaan maskara menjadi lebih maksimal. Alat penjepit bulu mata ini memang sangat berguna untuk make up harian anda. Maka dari itulah, jangan sampai anda tidak memilikinya.

Make Up Pencil Sharpener

Produk kecantikan yang sering kita gunakan tidak terlepas dari produk berjenis pensil. Seringnya kita menggunakannya, pasti akan cepat habis dan tumpul.

Peralatan make up satu inilah yang paling anda butuhkan. Make Up Pencil Sharperner berfungsi untuk meraut produk make up berjenis pensil agar kembali runcing. Sehingga penggunaannya akan semakin mudah dan hasilnya pun terlihat lebih presisi.

Pinset

Jangan salah, pinset ini juga sangat berguna untuk menjadi salah satu peralatan make up anda. Peralatan yang satu ini bisa anda gunakan untuk mencabut bulu alis yang tidak rapi.

Selain itu, juga berfungsi untuk memudahkan anda memasang bulu mata palsu. Sehingga hasilnya akan menempel dengan rapi dan terlihat sempurna.

Lip Brush

Lip Brush adalah peralatan jenis kuas, yang biasanya kita gunakan untuk mengaplikasikan lipstik ke area bibir. Kuas ini mempunyai bentuk yang kecil dan tipis.

Berbeda dengan jenis kuas make up lainnya. Lip Brush memiliki bulu dengan tekstur keras dan sedikit kasar. Selain itu, juga memiliki ujung yang lancip.

Baca juga: Cara Make Up Wanita Usia 30-an Agar Terlihat Awet Muda dan Cantik Alami

Dari bentuknya yang lancip itulah, kuas ini memiliki fungsi untuk membentuk garis bibir dengan sangat baik dan sesuai. Lip Brush umumnya kita gunakan untuk mengoleskan lipstik pada permukaan bibir.

Sehingga warna bibir anda agar terlihat lebih natural. Biasanya, luas ini kita gunakan untuk produk lipstik yang berjenis palet maupun jenis lipstik pada umumnya.

Angled Blush Brush

Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki untuk Hasil Sempurna

Angled Blush Brush merupakan salah satu jenis peralatan yang juga wajib untuk anda miliki. Biasanya alat ini kita gunakan untuk mengaplikasikan counturing dan highlighting.

Selain itu, Angled Blush Brush juga dapat kita gunakan untuk membuat kontur. Terutama pada bagian tulang pipi, garis, dahi, garis dagu, dan bagian rahang agar terlihat lebih tirus.

Itulah tadi peralatan make up yang wajib dimiliki untuk membantu mengaplikasikan setiap produk make up secara sempurna pada wajah cantik anda. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara