Perawatan Bibir Sehat Agar Berwarna Merah Alami

Perawatan bibir sehat
Cara perawatan bibir sehat. Foto: Net/Ist.

Perawatan bibir sehat agar berwarna merah alami merupakan dambaan banyak wanita. Bibir sehat terlihat tidak kering atau pecah-pecah. Sebaliknya, tanpa perlu riasan bibir tetap terlihat lembab dan menarik.

Saat ini telah banyak sekali produk perawatan bibir yang beredar dan ada di pasaran. Selain lipstik untuk memerahkan bibir ada banyak alat make up lainnya yang berguna untuk melembabkan atau membuat bibir terlihat mengkilap.

Begitu juga untuk mendapatkan bibir yang terlihat seksi alami secara instan tak sedikit wanita yang rela mengeluarkan banyak biaya. Baik untuk melakukan sulam bibir maupun dengan operasi plastik.

Jalan pintas untuk cantik tentunya memiliki risiko yang tidak ringan. Karena itu kenapa Anda tidak memilih cara perawatan bibir sehat dengan bahan alami. Selain jauh lebih murah, efek negatifnya sangat kecil namun efektif.

Perawatan Bibir Sehat dan Cantik Alami, Ini Caranya

Baca Juga : Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Bibir pada dasarnya memiliki warna dasar agak kemerahan. Namun karena gaya hidup yang kita jalani membuat warna alami memudar atau cenderung menjadi gelap. Lantas bagaimana cara memiliki bibir cantik dan sehat alami?

Untuk Anda yang ingin memiliki bibir yang terlihat cantik alami, berikut ini beberapa cara perawatan bibir sehat yang perlu Anda lakukan.

Hindari Menjilat atau Menggigit Bibir

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa membuat bibir kering dan pecah adalah sering menjilat atau menggigit bibir. Kebiasaan ini ternyata justru merusak kelembaban bibir dan membuat bibir menjadi semakin kering.

Untuk memiliki bibir yang sehat dan lebih cantik dan sehat, Anda perlu meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Bahkan saat bibir terasa kering sebaiknya jangan jilat atau menggigit bibir Anda.

Baca Juga : 4 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Oleskan Madu

Untuk mendapatkan bibir yang selalu lembab dan sehat Anda juga bisa melakukan cara perawatan bibir sehat dengan menggunakan madu. Bahan herbal yang multikhasiat ini mengandung banyak nutrisi penting untuk kulit.

Anda perlu mengoleskan madu secara rutin setiap sebelum tidur. Lakukan dengan tipis saja yang penting madu merata mengenai bibir. Ini berguna untuk mengembalikan warna bibir alami Anda.

Madu juga berfungsi sebagai scrub yang mampu melancarkan proses pengelupasan sel-sel kulit yang mati. Sehingga dengan rajin menggunakan madu akan membuat bibir terlihat merah alami dan sehat.

Gunakan Pelembab Bibir

Cara perawatan bibir sehat lainnya adalah menggunakan pelembab bibir yang berguna memelihara bibir agar tidak menjadi kering dan pecah. Bahan ini juga penting bagi Anda yang aktif bekerja maupun kuliah.

Jika Anda sering bekerja dalam ruangan yang ber-AC, udara dingin cenderung akan membuat bibir menjadi cepat kering. Begitu juga aktivitas luar ruangan yang penuh debu dan radikal bebas juga akan menyebabkan bibir pecah.

Karena itu Anda perlu melapisi bibir dengan pelembab. Namun saat ini ada banyak sekali produk pelembab. Pilih produk yang menggunakan bahan alami karena hasilnya akan lebih sehat dan tidak menimbulkan efek samping.

Rajin Membersihkan Lipstik

Baca Juga : Bingung Memilih Lipstik untuk Bibir Hitam? Ini Rekomendasinya!

Cara perawatan bibir sehat lainnya yang juga penting Anda lakukan adalah rajin menghapus dan membersihkan lipstik setelah pulang ke rumah. Pemakaian lipstik yang terlalu lama sebenarnya justru membuat bibir kering dan pecah.

Hal ini karena tak sedikit produk lipstik modern yang mengandung bahan kimia atau zat lain yang tidak cocok untuk bibit Anda. Selain bisa merusak kulit bibir, tak sedikit wanita yang justru mengalami alergi saat menggunakan lipstik.

Karena itu sebelum Anda tidur pastikan untuk membersihkan bekas lipstik agar tidak tersisa atau masih menempel. Namun untuk membersihkannya gunakan pembersih khusus untuk bibit. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Untuk memelihara kesehatan bibir sebaiknya konsumsi buah dan sayur secara rutin. Selain kaya dengan nutrisi yang penting untuk tubuh, makanan sehat ini juga berguna untuk menutrisi bibir agar tidak pecah dan kering.

Sebaiknya pilih jenis buah dan sayuran yang kaya vitamin E. Anda bisa memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Anda juga perlu selalu minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi dan mencegah bibir kering.

Itulah beberapa cara perawatan bibir sehat yang perlu Anda lakukan secara rutin. Dengan cara dan bahan alami yang murah dan mudah dilakukan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan kembali bentuk dan warna bibir sehat menarik. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah