Perawatan Meniskus Robek, Bisa Gunakan Beberapa Metode

Perawatan Meniskus Robek, Bisa Gunakan Beberapa Metode
Ilustrasi perawatan meniskus robek. Foto: alodokter.com

Perawatan meniskus robek bisa anda lakukan sesuai dengan jenis yang dialami. Bisa berdasarkan ukuran robekan, tempat, hingga kompleksitasnya.

Maka dari itu, pahami dengan baik untuk bisa melakukan pengobatan yang tepat. Robekan meniskus itu sendiri merupakan salah satu cidera lutut yang sudah sering terjadi. Bahkan para atlet pun sering mengalaminya.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika hal ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan segala usia. Salah satu hal yang bisa terjadi ketika mengalami hal ini yaitu penggunaan aktivitas lutut yang terlalu berlebihan.

Meniskus merupakan salah satu bagian lutut dari tulang rawan yang memiliki bentuk C. Bagian tubuh tersebut menyediakan bantalan antara tulang paha dan kering.

Selain itu, bagian tubuh ini juga memiliki fungsi menstabilkan sekunder untuk sendi lutut. Ada dua jenis yang terdapat pada lutut dan mudah robek atau rusak.

Hal ini bisa terjadi ketika aktivitas yang dijalankan terlalu memutar dan menekan sendi lutut. Jika bagian tersebut cidera, tentu ada masalah yang terjadi. Sehingga akan menghambat kinerja lutut.

Ada banyak hal yang bisa timbul, mulai dari rasa sakit, pembengkakan, hingga lutut yang terasa kaku. Jika perawatan meniskus robek tidak dilakukan, justru bisa menimbulkan cidera serius.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih untuk Sinusitis, Mengobati Tanpa Efek Samping

Ada beberapa penyebab yang bisa terjadi. Salah satunya saat lutut anda gunakan untuk melakukan aktivitas berat. Dengan mengetahui berbagai tanda-tanda yang timbul, barulah bisa mengetahui apa sebenarnya yang terjadi.

Perawatan Meniskus Robek Sesuai dengan Ukuran dan Jenisnya

Setiap orang tentu melakukan berbagai olahraga, termasuk para atlet. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada siapa saja. Meniskus memang menjadi bantalan yang membentuk bulan sabit atau huruf C kecil.

Ada banyak fungsi di dalamnya. Maka dari itu, selalu berikan pengecekan dan perawatan yang tepat. Sebenarnya ada cara untuk melakukan pengobatan.

Namun, penyakit yang satu ini tidak bisa ditebak begitu saja. Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu memastikan kebenaran penyakit. Sebaiknya berikan pemeriksaan rutin untuk mengetahui anda terserang penyakit tersebut atau tidak.

Setiap penanganan pada jenis meniskus berbeda-beda. Anda bisa sesuaikan dengan gejala yang timbul. Selain itu, sesuaikan juga dengan ukuran dan tempat cidera tersebut terjadi. Ada beberapa perawatan meniskus robek yang bisa anda lakukan, antara lain:

Medis

Baca Juga : Penyebab Penyakit Disentri, Gejala dan Cara Mengobatinya

Perawatan meniskus robek bisa anda lakukan dengan memeriksanya ke dokter. Anda bisa konsultasikan pada dokter agar penyakit bisa hilang.

Anda bisa menggunakan obat antiinflamasi nondteroid (OANIS). Dengan mengkonsumsinya, bisa membantu mengurangi rasa nyeri, sebab ada efek sampingnya. Minum obat sesuai dengan anjuran dokter.

Pemeriksaan Fisik

Cara terbaik dalam memilihnya yaitu melakukan pemeriksaan fisik. Meski terlalu sulit, namun anda juga perlu tahu apa resiko setelah menggunakannya. Dokter akan segera memeriksa lutut.

Ada juga tes yang digunakan untuk mengecek kondisi kaki. Mungkin bisa anda ketahui jika jenis seperti apa perawatan meniskus robek.

Setelah pemeriksaan, barulah anda mendengar bunyi seperti letusan selama pemeriksaan. Setelah itu, barulah anda bisa menemukan cidera penyakit meniskus dan mengetahui cara yang tepat.

Operasi

Baca Juga : Obat Luka Bakar Alami Tradisional yang Terbukti Ampuh

Cara perawatan meniskus robek yang selanjutnya dengan melakukan cara terakhir, yaitu operasi. Jika perawatan melalui fisik tidak bisa anda lakukan, langkah terakhir yaitu memberikan operasi.

Jika perawatan masih kurang berhasil, barulah mulai tindakan lanjut yang terpakai. Sebenarnya mengoperasi bedah arthoskopi lutut untuk memperbaiki persendian bisa dilakukan. Sehingga rasa sakit tidak bisa menyerang anda.

Metode Konservatif

Pada jenis meniskus ringan penanganannya bisa berlangsung dengan cara R.I.C.E: Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Cara yang bisa anda lakukan yaitu istirahat yang cukup, kompres dengan es.

Terjadinya tekanan dengan hal ini bisa menggunakan perban yang sifatnya elastis. Masih ada banyak metode yang bisa anda kenakan.

Sebaiknya kenali gejala yang timbul untuk tahu jenis gangguan yang terjadi. Anda bisa gunakan berbagai cara untuk mendeteksi terjadinya hal ini.

Selain tahu apa saja gangguan yang terjadi, anda juga perlu memberikan perawatan yang tepat. Salah satunya perawatan meniskus robek sesuai dengan jenis, ukuran, dan letaknya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah