Peristiwa Gempa Bumi Terdahsyat Sepanjang Sejarah Dunia

Peristiwa gempa bumi terdahsyat sepanjang sejarah dunia terjadi di sejumlah negara. Foto: Net/Ist.
Peristiwa gempa bumi terdahsyat sepanjang sejarah dunia terjadi di sejumlah negara. Foto: Net/Ist.

Peristiwa gempa bumi terdahsyat sepanjang sejarah dunia terjadi di sejumlah negara. Bencana alam berupa gempa bumi pastinya Anda juga pernah merasakannya. Bahkan terkadang gempa bumi disertai dengan tsunami yang sampai menewaskan ratusan ribu korban jiwa. Serta puluhan ribu bangunan hancur.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa bencana alam berupa gempa bumi paling dahsyat sepanjang sejarah dunia.

Peristiwa Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia

Gempa Bumi China

China mengalami beberapa kali guncangan gempa dahsyat. Gempa pertama yang paling dahsyat sepanjang sejarah yaitu terjadi di Shaanxi dengan kekuatan 8 Skala Richter.

Gempa tersebut mengakibatkan 60 persen penghuni kota menjadi korban. Pada peristiwa gempa bumi Shaanxi China itu, sebuah tanah berubah menjadi bukit. Bahkan, hingga mengakibatkan kebakaran di sejumlah titik.

Baca Juga : Ancaman Gempa Bumi dan Potensinya untuk Beberapa Tahun Kedepan

Peristiwa gempa bumi terdahsyat berikutnya masih berada dalam wilayah Negara China, atau lebih tepatnya daerah Tangshan. Gempa Tangshan terjadi pada tahun 1976 dengan kekuatan 7,8 Skala Richter.

Tak lama setelah gempa pertama, muncul kembali gempa susulan dengan kekuatan 7,1 Skala Richter. Gempa ini kabarnya menelan korban hingga 750.000 penduduk.

Kemudian, pada tahun 1920, China mengalami gempa bumi pada daerah Haiyuan dengan kekuatan 8,5 Skala Richter. Akibat gempa dahsyat itu, daerah Haiyuan mengalami kelumpuhan total. Banyak tanah longsor dan retak sekitar area titik pusat gempa.

Gempa Bumi Suriah

Gempa yang memakan 230.000 korban tewas di daerah Aleppo, Suriah. Peristiwa gempa bumi terdahsyat itu terjadi pada kekuatan 8,5 Skala Richter. Gempa bumi ini hampir meratakan kota terbesar kedua Suriah.

Bencana gempa bumi terus-menerus terjadi sejak tahan 1138 sampai 1939. Gempa ini menjadi salah satu gempa paling mematikan dalam sejarah dunia.

Baca Juga : Ikan Oarfish Pertanda Gempa Bumi? Ini Penjelasan Ahli

Gempa Bumi Indonesia

Kota Aceh, Indonesia menjadi salah satu kota yang pernah mengalami bencana terdahsyat pada abad ke-20. Gempa bumi Aceh mempunyai kekuatan hingga 9,3 Skala Richter, yang kemudian disusul dengan gelombang tsunami setinggi 30 meter.

Bencana gempa bumi yang mengguncang Serambi Mekkah itu memakan korban jiwa hingga mencapai 230.000 orang.

Gempa Bumi Haiti

Peristiwa gempa bumi terdahsyat selanjutnya terjadi di Ibukota Haiti. Gempa yang mengguncang wilayah tersebut berkekuatan 7 Skala Richter dan berhasil meratakan 70 persen bangunan di Ibukota Haiti.

Tercatat ada sebanyak 230.000 korban tewas dan 1,5 juta penduduk kehilangan tempat tinggal. Gempa terdahsyat ini terjadi pada awal tahun 2010.

Baca Juga : Gempa Bumi Paling Dahsyat di Dunia

Gempa Bumi Iran

Salah satu peristiwa gempa bumi terdahsyat juga terjadi di Iran. Gempa bumi Iran ini telah menewaskan sebanyak 200.000 orang. Gempa bumi Iran terjadi pada tahun 1980 dengan kekuatan 7,9 Skala Richter.

Bencana tersebut mengakibatkan seluruh kota Damghan hancur tak lagi berbentuk. Kemudian, pada tahun 1997 terjadi lagi gempa dahsyat di kota Ardabil. Sebanyak 150.000 jiwa menjadi korban gempa bumi Iran, dan 36.000 unit rumah warga hancur rata dengan tanah.

Gempa Bumi Negeri Sakura Jepang

Gempa bumi Jepang masuk dalam peristiwa gempa bumi terdahsyat sepanjang sejarah dunia. Negara Jepang memang terkenal sebagai negara yang rawan terjadi gempa bumi.

Beberapa peristiwa gempa bumi dahsyat terjadi salah satunya di kota Hokkaido. Pada tahun 1730, gempa bumi dahsyat beserta tsunami menyebabkan 137.000 orang menjadi korban.

Kemudian, pada tahun 2003 kembali terjadi gempa bumi, meskipun peristiwa tersebut tidak terlalu besar. Namun, gempa Jepang tahun 2003 masuk sebagai gempa bumi paling dahsyat sepanjang sejarah dunia. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah