Perubahan Wujud Benda Beserta Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Perubahan Wujud Benda Beserta Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi Peruabhan wujud Benda. Foto: Ist/Net

Perubahan wujud benda merupakan suatu perubahan bentuk suatu benda menjadi bentuk yang lainnya. Dalam hal ini, ada enam macam, yaitu mencair, membeku, menguap, menyublim, mengembun, dan mengkristal. Setiap benda pasti akan mengalami perubahan ini.

Memang tidak semua perubahan ini terlihat oleh mata manusia. Perubahan wujud ini karena adanya peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor. Biasanya karena adanya akibat dari tindakan, seperti pemanasan, pendinginan, dan pengembunan.

Hal-hal tersebut sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Molekul penyusun benda-benda tersebut bisa bergerak. Gerakannya berupa gerak vibrasi dan gerak translasi.

Perubahan Wujud Benda dan Contohnya

Umur manusia yang semakin tua akan membawa perubahan pada fisiknya. Sama halnya dengan benda, lama-kelamaan akan berubah wujud. Misalnya es jika berada pada luar ruangan, maka akan berubah menjadi cair.

Berikut adalah perubahan pada bentuk benda atau zat beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari:

Mencair

Pertama, ada perubahan benda padat yang akhirnya cair. Peristiwa ini disebut dengan meleleh. Biasanya adanya pengaruh lingkungan yang panas.

Dalam hal ini, misalnya es yang berada pada suhu panas. Es yang semula padat akan mencair. Lama-kelamaan sudah tidak berwujud padat lagi.

Perubahan wujud benda yang juga meleleh atau mencair adalah mentega. Apabila memanaskan mentega pada sebuah panci, lama-kelamaan akan meleleh. Sehingga bentuk mentega berubah seperti minyak goreng.

Baca Juga: Sifat Periodik Unsur, Perubahan Sifat Berdasarkan Letak Sistem Periodik

Membeku

Berikutnya ada peristiwa benda cair yang berubah padat. Nama lain dari peristiwa ini adalah membeku. Proses ini adalah kebalikan dari mencair atau meleleh.

Membeku ini karena adanya pengaruh lingkungan atau suhu yang dingin. Dalam hal ini, misalnya proses pembuatan es batu. Air dimasukkan ke dalam freezer lama-kelamaan akan membeku dan berubah bentuk.

Contoh lain dari perubahan wujud benda ini adalah dalam pelelehan lilin. Semua lilin akan meleleh menjadi sebuah cairan. Lama-kelamaan lilin itu akan kembali membeku dalam suhu yang dingin.

Menyublim

Perubahan berikutnya adalah benda padat yang berubah menjadi gas. Peristiwa berubahnya gas ini bernama penyubliman atau menyublim. Benda padat yang mengalami penyubliman akan langsung berubah menjadi gas.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah pada kapur barus. Jika kita meletakkan kapur barus pada ruangan terbuka, lama-kelamaan akan habis. Nah, habisnya kapur barus ini bukan karena faktor lain, tetapi adanya perubahan bentuk.

Menguap

Perubahan wujud benda berikutnya adalah menguap. Merupakan peristiwa berubahnya benda cair menjadi gas. Penguapan ini hanya berlaku pada benda cair saja.

Berbeda dengan yang lainnya, penguapan ini karena adanya faktor suhu yang panas. Contoh untuk penguapan bisa dari tubuh kita. Keringat adalah salah satu contohnya.

Tetapi penguapan juga bisa pada makanan atau minuman yang masih panas. Lebih jelasnya, bisa kita lihat pada proses terjadinya hujan. Awal mulanya air laut menguap.

Lalu berubah menjadi butiran awan. Butiran tersebut akan berkumpul dan membentuk mendung. Setelah itu, barulah turun hujan yang merupakan akibat dari penguapan.

Baca Juga: Sifat Kimia Alkena Beserta Sifat Fisikanya yang Penting untuk Diketahui

Mengembun

Perubahan wujud benda ada juga yang mengembun. Ini merupakan perubahan wujud gas menjadi benda cair. Embun ini muncul karena faktor udara.

Dalam kehidupan sehari-hari bisa kita lihat saat pagi hari. Banyak tumbuhan yang terdapat air dan basah. Inilah salah satu pengembunan yang bisa kita lihat.

Ada juga saat sedang memasak air. Bisa kita lihat pada tutup panci kaca terlihat butiran-butiran air. Nah, butiran tersebut juga akibat dari proses pengembunan.

Mengkristal

Perubahan wujud benda mengkristal merupakan perubahan dari benda cair menjadi benda padat. Dalam hal ini, yang berubah adalah molekul pada benda cair tersebut. Peristiwa ini berbeda dengan membeku.

Pada kehidupan sehari-hari contohnya adalah madu. Bisa kita lihat pada botol madu biasanya akan ada kristal yang seperti gula. Nah, kristal tersebut padat yang merupakan proses pengkristalan.

Sama halnya dengan proses pembuatan gula. Pasalnya, gula berasal dari cairan tebu yang mengkristal menjadi gula. Bukan berasal dari cairan yang membeku.

Itulah beberapa perubahan wujud benda beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih detailnya, bisa memperhatikan peristiwa yang ada pada lingkungan sekitar. (R10/HR Online)

Editor: Jujang