Petugas Damkar Ciamis Evakuasi Ular Piton di Atas Kandang Ayam

Ular Piton Kandang Ayam
Ular Piton di atas kandang ayam di Lingkungan Burujul, Kelurahan Cigembor, Kecamatan/Kabupaten Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tim Damkar Galuh Ciamis, Jawa Barat mengevakuasi ular piton jenis sanca batik dengan panjang 3,5 Meter, Senin (14/12/2020). 

Ular tersebut dievakuasi dari salah satu kandang ayam petelur milik Asep (43), warga Lingkungan Burujul, RT 006, RW 005, Kelurahan Cigembor, Kecamatan/Kabupaten Ciamis .

“Benar, tadi malam, Senin (14/12/2020) kami mendapatkan laporan dari masyarakat ada gaduh di kandang ayam. Setelah dicek ternyata ada ular sanca di atas rangka kandang,” terang kepala UPTD Damkar Ciamis, Een kepada HR Online, Selasa (14/12/2020). 

Menurut Een, setelah memastikan keberadaan ular di atas kandang ayam, pihaknya langsung melakukan evakuasi dengan menerjunkan dua petugas. Kedua petugas tersebut juga dibantu pengurus kandang ayam.

” Posisi ular ada di atas rangka kandang sehingga harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman dengan menggunakan stik ular,” katanya. 

Een menambahkan, evakuasi ular kali ini merupakan evakuasi kedelapan di tempat tersebut. Sebelumnya ular-ular dengan ukuran bervariasi juga dievakuasi dari kandang. Lokasi kandang memang dekat dengan kebun. 

“Kandang di belakang rumah, di bawahnya ada sungai Cipalih. Diduga ular berasal dari sungai Cipalih. Petugas dari Damkar sudah mengevakuasi ular ke tempat yang lebih aman, jauh dari pemukiman warga,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu