PKM Cigayam Ciamis Lakukan Contact Tracking di Kalijaya

PKM Cigayam Ciamis Lakukan Contact Tracking di Kalijaya

Berita Ciamis, (HarapanRakyat.com).- UPTD Puskesmas atau PKM Cigayam melakukan Contact Tracking terhadap 20 warga Dusun Wanarasa Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar.

Hal itu menyusul temuan kasus positif tenaga kesehatan (Nakes) PKM Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala UPTD PKM Cigayam, Ari Angga Rianto, membernarkan kegiatan Contact Tracking tersebut. Menurut dia, kegiatan ini dilaksanakan karena nakes positif Puskesmas Ciulu adalah warga di wilayahnya.

Ari menjelaskan, setelah mendapatkan informasi dan konfirmasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, pihaknya langsung menidaklanjutinya dengan melaksanakan traking kontak.

Kegiatan berlanjut dengan Swab Test pada warga yang kontak, termasuk sasaran lainnya yang ada  di lingkungan sekitar dan terindikasi kontak erat.

“Alhamdulillah (tracking) berjalan lancer. Sebelum tracking terhadap 20 orang, PKM Cigayam berkoordinasi dengan Kepala Desa sekaligus Ketua Satgas Covid tingkat desa,” katanya.

Untuk warga yang terkonfirmasi positif, kata Ari, sudah melakukan isolasi mandiri bersama beberapa warga lain yang kontak erat.

“Isolasi ini bertujuan  mencegah resiko terjadinya penyebaran serta penularan lebih luas lagi. Alhamdulillah dengan kesadaran masyarakat, pemberlakuan isolasi saat ini tidak ada hambatan,” jelasnya.

Ari juga menilai, respon masyarakat dan respon pemdes sebagai Satgas Covid di Desa Kalijaya  sangat baik, 

“Peran dan fungsi Satgas dalam penanganan temuan kasus ini sangat responsif sekali. Mereka memperhatikan ketahanan pangan bagi warga yang isolasi,” katanya. (Suherman/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi