Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita JabarProvinsi Jabar dan Chungcheongnam-do Korea Selatan Jalin Kerja Sama

Provinsi Jabar dan Chungcheongnam-do Korea Selatan Jalin Kerja Sama

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Chungcheongnam-do Korea Selatan jalin kerja sama, dalam bentuk Sister Province atau Provinsi Bersaudara pada tiga area.

Tiga area itu yakni Pengembangan Ekonomi dan Pariwisata (Economic and Tourism Development). Kedua, Pengembangan Lingkungan Hidup Ramah Lingkungan (Eco-friendly Environment Development). Ketiga, pengembangan sumber daya Manusia (Human Resources Development).

Kerja sama ini ditandai dengan letter of intent (Lol) atau penandatanganan pernyataan kehendak  oleh Gubernur Jabar Ridwan kamil dan Gubernur Chungcheongnam-do Korea Selatan Yang Seung Jo pada tempat masing-masing, Kamis (3/12/2020).

Ridwan Kamil  mengatakan Jabar jumlah penduduk sekitar 50 juta jiwa, terdapat tiga kekuatan ekonomi, yakni pertanian, manufaktur dan pariwisata lokal. Jabar pun menjadi primadona investasi dengan capaian realisasi investasi pada September 2020 mencapai RP 86,3 triliun.

Hal ini karena Jabar memiliki keunggulan infrastruktur dan SDM paling produktif. Jabar pun memiliki lebih dari 500 universitas dan institusi yang telah melahirkan orang berkualitas.  Bahkan kini Jabar pun tengah mengembangkan kawasan Rebana Metropolitan yang menjadi masa depan ekonomi Jawa Barat.

Ridwan Kamil menyebut 7 potensi ekonomi baru Jabar sebagai peluang kerja sama baru dengan Chungcheongnam-do, Korea Selatan. Kang Emil pun mengucapkan terima kasih atas dukungan kedutaan besar dari kedua negara.

“Harapan kami hubungan kerja sama level nasional juga dapat semakin produktif jadi level regional antar provinsi,” jelas Ridwan Kamil.

Gubernur Chungcheongnam-do Korea Selatan, Yang Seung Jo, menyatakan senang bisa bekerja sama dengan Jabar.  Lewat kerja sama ini dapat meningkatkan ekonomi serta memperkokoh hubungan persahabatan.

“Saya tidak sabar menunggu potensi kerja sama ini yang dampaknya akan terasa pada masa depan dengan hasil yang baik,” ujar Seung Jo via video konferensi.

Seung Jo menjelaskan sektor Industri Chungcheongnam-do pun tergolong kuat. Dari mulai pertanian, produk elektronik (layar) hingga otomotif.

“Kerja sama ini semoga dapat memperkuat hubungan persahabatan antara Provinsi Jabar dengan  Chungcheongnam-do Korea Selatan. Termasuk untuk peningkatan ekonomi,” pungkasnya. (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru