Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisPuncak Batu Walet, Wisata Baru Ciamis Bernuansa Perbukitan

Puncak Batu Walet, Wisata Baru Ciamis Bernuansa Perbukitan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kekayaan alam Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, seakan tak ada habisnya. Berbagai wisata berbasis alam terus bermunculan. Salah satunya Puncak Batu Walet di Dusun Kondang, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, calon destinasi baru yang kini dalam tahap penataan.

Batu Walet ini berada pada puncak bukit, terletak di pinggir jalan raya Ciamis-Cirebon. Lokasi ini menyuguhkan keindahan alam Panawangan dengan nuansa perbukitan yang hijau. Hadirnya destinasi wisata baru ini atas keinginan masyarakat sekitar dan para pemuda Karang Taruna Kondang agar berdaya dan bisa meningkatkan perekonomian.

Puncak Batu Walet sendiri adalah sebuah bukit batu berukuran besar. Lokasinya diselimuti oleh pepohonan yang hijau dan berbagai aneka bunga. Untuk sampai ke puncaknya, pengunjung terlebih dulu harus melewati 250 anak tangga. Meski terdengar melelahkan yang harus lebih dulu mendaki, tapi akan terobati ketika sudah mencapai atas dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Untuk mencapai lokasi ini, apabila dari perkotaan Ciamis akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan dengan kendaraan. Tempatnya strategis dan mudah untuk menemukannya. Tempat ini sangat cocok bagi yang ingin melepas penat dan relaksasi.

Puncak Batu Walet Dikelola oleh Warga dan Karang Taruna

Perwakilan pengelola Puncak Batu Walet Yayan Suryana mengatakan terbangunnya obyek wisata ini karena kondisi alam yang sangat mendukung. Tanggapan pemilik lahan pun antusias agar lokasi ini menjadi sebuah destinasi wisata baru untuk wilayah Panawangan dan sekitarnya.

Sejak awal pembangunan sekitar awal November lalu, setiap hari warga dari mulai ibu rumah tangga, pemuda dan bapak-bapak antusias kerja bakti untuk membuka lahan.

Saat ini sedikit demi sedikit lokasi wisata sudah mulai terbentuk. Warga kini terus melakukan penataan sehingga akan menjadi sebuah wisata dengan konsep kekinian swafoto dan camping atau perkemahan.

“Tujuan pembangunan wisata ini, kami ingin menghilangkan image angker dan menyeramkan. Karena dulunya sekitar lokasi ini dikenal juga sebagai tempat pembuangan mayat. Meskipun bukan tepat berada pada lokas ini,” ucapnya.

Pada lokasi Puncak Batu Walet ini juga terdapat sebuah Gua yang konon dapat menembus jarak belasan kilometer sampai ke Gunung Bitung Kecamatan Sukamantri-Perbatasan Kuningan. Namun hingga kini hal itu masih sebatas cerita dan belum ada yang pernah menelusuri Gua tersebut. Bahkan Gua itu letaknya tersembunyi dan memiliki lubang yang cukup sempit.

“Semoga Batu Walet ini menjadi destinasi Ciamis yang bisa menjadi pilihan untuk wisata ke depannya. Mudah-mudahan bisa cepat selesai,” pungkas Yayan. (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang