Ridwan Kamil Usulkan Gedung Besar Untuk Pemberian Vaksin di Jabar

Pemberian Vaksin di Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat konferensi pers usai pertemuan dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (4/12/2020). Foto: Istimewa

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengusulkan gedung besar untuk tempat pemberian vaksin. Seperti gedung serba guna,gedung pertemuan hingga GOR. Ridwan Kamil menyampaikan usulan itu kepada Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (purn) Moeldoko, Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (4/12/2020).

Ridwan Kamil menyebut dengan menggunakan gedung besar dapat meminimalisir terjadinya anteran dan kerumunan warga. Selain itu juga, jumlah puskesmas yang ada pun tak akan memadai.

“Usulan kami dalam pemberian vaksin Covid-19 memakai gedung besar. Semoga hal ini mendapat persetujuan,” jelas Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan ini pun Ridwan Kamil membahas terkait pemulihan ekonomi setiap kesiapan penanganan Covid-19.  Pertemuannya bersama Kepala Staf Kepresidenan ini membahas mengenai pentingnya komunikasi  publik.

Ridwan Kamil pun berharap kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat supaya mengedukasi dalam hal informasi pemberian vaksin Covid-19.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan kunjungannya ke Jabar untuk konsultasi dan komunikasi langsung terkait penanganan Covid-19.

“Tadi berdiskusi dengan pak Gubernur Jabar. Terkait implementasi ketika vaksin datang. Mulai dari lama vaksin sampai kapasitas puskesmas,” kata Ridwan Kamil.

Terkait dengan usulan gedung besar untuk pemberian vaksin ini pun telah disampaikan Ridwan Kamil kepada Staf Kepresidenan Moeldoko. Ia juga telah memantau simulasi sistem pemberian vaksin di Puskesmas Poned Tapos, Depok. Simulasi ini juga sebagai bentuk respon cepat terhadap pengadaan vaksin dari pemerintah pusat.

Rangkaian simulasi ini mulai dari screening, lalu cuci tangan, cek administrasi, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin dan menunggu sampai setengah jam. Tujuannya untuk mengetahui reaksi vaksin. Pemprov Jabar juga kini fokus dalam meningkatkan kesiapan storage vaksin dan tenaga kesehatan serta penyuntik vaksin. (Dang/R9/HR-Online)

Editor : Dadang