Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruRuang Keluarga Dekat Tangga Dengan Tips yang Sederhana

Ruang Keluarga Dekat Tangga Dengan Tips yang Sederhana

Ruang keluarga dekat tangga merupakan salah satu alternatif untuk memanfaatkan ruang kosong. Sebab dekat tangga biasanya hanya kosong dan tidak berisi apa-apa. Alias ruangannya tidak dimanfaatkan dengan baik.

Bagi anda yang menginginkan rumah dengan ruangan yang multifungsi, bisa membuat ruang keluarga yang jaraknya tidak jauh dari tangga.

Cara ini juga bisa sebagai kendali tangga yang merupakan jalan menuju ruangan yang akan jarang terpijak tamu. Biasanya rumah minimalis cenderung memilih model ruang keluarga yang seperti ini.

Mengingat bahwa rumah minimalis hanya memiliki ruangan yang sempit. Sehingga harus benar-benar bisa mengatur ruangan dengan baik. Bahkan harus bisa memanfaatkan celah kosong sebagai ruang keluarga yang unik.

Ruang Keluarga Dekat Tangga

Membuat ruang keluarga dekat dengan tangga bukanlah hal baru di Indonesia. Kini sudah banyak perancang desain rumah yang membuat model seperti ini. Model ini tentu saja memiliki kesan yang berbeda pada setiap rumah.

Penataan yang menarik juga akan memberikan tampilan yang berbeda pada ruangan. Memilih penggunaan warna juga akan memberikan pengaruh pada desain ruang keluarga. Berikut adalah tips untuk membuat ruang keluarga yang menarik:

Menonjolkan Tekstur Untuk Warna Netral

Mungkin dekat tangga hanya memiliki ruang yang sempit. Alangkah baiknya anda menggunakan furniture yang berukuran kecil saja. Jangan menggunakan furniture yang terlalu memakan tempat, kecuali dekat tangga rumah anda masih memiliki banyak space.

Baca Juga: Kamar Nuansa Ungu Dengan Berbagai Tips Pendukungnya

Misalnya anda bisa memberikan satu kursi yang muat untuk berdua atau bertiga. Pada tembok bagian belakang bisa anda pasangi cermin bulat. Pada sisi kanan dan kiri bisa anda berikan meja untuk meletakkan lampu, buku, dan lain sebagainya.

Ruang keluarga dekat tangga akan semakin menarik jika anda memilih warna netral yang cerah. Misalnya, memilih warna putih atau cokelat. Keberadaan lampu meja dan cermin juta akan menambah tekstur ruangan yang bernuansa netral.

Tembok Putih dengan Perabot Warna-warni

Jika memiliki ruangan yang sempit, anda bisa bermain dengan warna. Agar bisa menggunakan banyak warna, sebaiknya biarkan tembok berwarna putih polos. Hias saja ruangan dengan sofa biru tua, bisa juga dengan memberi cushion merah dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menambahkan karpet bermotif yang unik dengan warna coklat. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias pada sudut ruangan. Ruang keluarga akan penuh dengan warna dan terlihat menyenangkan.

Baca Juga: Interior Ruang Makan yang Kekinian Dengan Berbagai Sentuhan Unik

Beri Sentuhan Sofa Leter L

Ruang tamu dekat tangga mungkin memiliki bentuk segi empat. Nah, dengan begitu, anda bisa memberikan sofa berbentuk L. Sehingga akan nyaman jika keluarga sedang bersantai.

Usahakan kursi menghadap ke arah TV bagian tengah ruang keluarga. Jika masih ada celah, bisa anda tambahkan lemari kayu dengan banyak laci. Selalu berikan tanaman hias dalam pot untuk memberikan kesan yang asri.

Jangan lupa untuk memberikan meja bundar pada bagian depan sofa. Ukuran meja sesuaikan agar cukup untuk meletakkan minum, buku, HP, dan lain sebagainya.

Furniture Gelap dengan Tembok Putih

Agar ruang keluarga dekat tembok bisa terlihat estetik, baiknya menggunakan konsep furniture gelap dengan tembok putih cerah. Furniture gelap ini maksudnya dominan berwarna gelap. Misalnya tembok berwarna putih yang anda padukan dengan sofa berwarna abu-abu.

Anda juga bisa membuat model jendela yang besar pada salah satu sisi ruangan. Tujuannya agar cahaya bisa masuk dan menerangi ruang keluarga. Cahaya alami ini akan memberikan kesan ruangan yang luas.

Jika langit-langit ruangan tergolong tinggi, anda bisa memberikan tanaman hias pada sudut ruangan. Pilihlah tanaman hias yang berdaun hijau tua yang tinggi. Warna daun dan tembok berwarna putih akan membuat ruang keluarga semakin menarik.

Bermain dengan Warna dan Tekstur

Untuk mendapatkan ruang keluarga dekat tangga yang menarik, anda juga bisa bermain dengan tekstur dan warna. Cara ini khusus buat anda yang suka dengan warna-warna menarik. Pasalnya, menggabungkan beberapa warna itu tidaklah mudah.

Baca Jga: Kamar Anak Kembar Dengan Berbagai Dekorasi yang Sama dan Lucu

Anda bisa menggunakan tembok berwarna netral. Setelah itu, anda bisa mengisi ruangan dengan pernak-pernik yang memiliki banyak warna. Anda bisa menghias tembok dengan hiasan warna-warni.

Misalnya, anda memberikan berbagai varian bingkai foto yang menarik. Tentu saja dengan menatanya sesuai dengan ukuran dan bentuknya. Anda juga bisa memberikan berbagai hiasan seperti jam dinding, lukisan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa desain ruang keluarga dekat tangga yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Buatlah ruang keluarga senyaman mungkin dan sesuai dengan model yang anda inginkan. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img