Sarung Jok Mobil Berikan Nuansa Berbeda, Simak Tips Belinya

Sarung Jok Mobil Berikan Nuansa Berbeda, Simak Tips Belinya
Ilustrasi Sarung Jok Mobil. Foto Ist/net

Sarung jok mobil salah satu interior yang menjadi daya sendiri ketika pemilik mobil ingin menambahkan aksen baru dalam mobilnya. Dengan sarung seperti ini, bisa berikan perlindungan untuk jok aslinya.

Sarung yang bersih dan indah akan memberikan kenyamanan untuk penggunanya ketika lelah usai bepergian dan harus berada dalam mobil dalam waktu lama.

Untuk mendapatkan tampilan yang baru dan nyaman, pengguna bisa memakai sarung jok untuk melapisi jok. Terutama dengan menggunakan warna cerah untuk lebih menonjol dan tidak monoton.

Tips Membeli Sarung Jok Mobil

Jok mobil menjadi tempat ternyaman ketika menggunakan kendaraan untuk bepergian, terutama dalam waktu lama. Tentu dengan jok yang nyaman, akan membuat orang aman dan tenang ketika duduk berjam-jam.

Baca juga: Laci Dashboard Mobil, Fungsikan dengan Baik dan Tepat

Memberikan lapisan pada jok bukan hanya untuk memiliki interior yang lebih cerah, namun dengan sarung jok bisa melindungi jok kulit yang dari bawaan sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak.

Namun untuk yang ingin melapisi jok dengan sarung, maka perlu perhatikan hal-hal berikut ini agar mendapatkan sarung mobil yang berkualitas dengan harga yang ringan. Lantaran saat ini sudah banyak produk sarung jok yang beredar dengan harga yang murah, namun kualitasnya masih diragukan.

Untuk itu, cermati tips memilih sarung jok mobil berikut ini agar mendapatkan sesuai dengan anda butuhkan dalam harga yang ramah kantong. Sehingga anda bisa mendapatkan sarung jok yang indah dan sesuai dengan anda.

Bahan Sarung Jok

Sebelum menentukan yang lainnya, sebaiknya untuk mendapatkan sarung jok mobil bisa memulai dengan memilih bahannya terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak jenis sarung yang bisa anda gunakan sebagai pelapis jok.

Jika melihat jenisnya, pelapis jok mobil ini bisa anda dapatkan dengan dua bahan, yaitu kulit asli dan sintetis. Untuk yang bahan kulit asli, tentu sudah pasti menggunakan kulit yang benar-benar asli dan terbukti kualitasnya.

Namun untuk yang kulit sintetis, menggunakan bahan kulit buatan. Untuk yang kulit asli, tentu akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dari yang sintetis. Karena yang kulit asli tentu memiliki kenyamanan dan kualitas yang terbaik meski harganya lebih tinggi dari yang sintetis.

Mulai dari kelembutan, anti gores, anti api, nyaman, adem, sampai dengan terlihat elegan ketika terpasang pada jok mobil. Sehingga tidak heran jika memiliki harga yang lebih mahal. Akan tetapi, untuk sarung jok mobil, kulit sintetis juga tidak buruk meski memiliki harga terjangkau.

Baca juga: Variasi Jok Mobil Untuk Interior Agar Terlihat Semakin Mewah

Hal ini karena beberapa kulit sintetis bisa menyerupai kulit asli dengan perawatan yang lebih murah. Lalu tersedia dengan aneka warna sehingga konsumen akan lebih mudah untuk memilih warna yang mereka gunakan dengan ketersediaan warna beragam.

Jenis Pemasangan

Jika sebelumnya sudah paham tentang bahan yang sering digunakan untuk pembuatan sarung jok, maka selanjutnya adalah bagian pemasangannya. Dalam pemasangan pelapis jok mobil ini, biasanya menggunakan dua cara, yaitu paten dan semi permanen.

Apapun cara yang anda gunakan untuk melapisi jok mobil, tentu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Sehingga jok mobil anda akan terlihat indah dan elegan sesuai dengan pemiliknya. Sarung jok mobil akan menjadi bagian interior yang mendukung keindahan mobil.

Model Sarung Jok

Pelapis jok mobil tentu berkaitan dengan kecantikan dan keindahan mobil sehingga membuat orang terkadang memikirkan dengan baik untuk menggunakan sarung jok tersebut. Sebelum memasangnya langsung, sebaiknya sesuaikan dengan konsep yang ada dalam mobil.

Untuk mobil yang termasuk mewah, tidak perlu menggunakan pelapis jok yang aneh-aneh karena mobil seperti ini sudah terlihat mewah dan elegan sendiri tanpa perlu penambahan apapun. Jika anda memiliki mobil keluarga, maka bisa menggunakan sarung jok mobil yang bermotif.

Lantaran untuk menarik minat dan membuat anak nyaman ketika berada dalam mobil. Satu lagi selain modelnya yang perlu anda perhatikan, bagian ukuran pelapis juga sebaiknya membuatnya dengan ukuran yang pas.

Warna

Masalah warna pelapis ini akan berhubungan dengan model pelapis jok yang bisa anda sesuaikan dengan interior lainnya untuk lebih selaras dan serasi.

Tidak hanya warna pelapis jok saja, namun bagian benang jahitnya juga diperhatikan agar sarung jok mobil ini menarik dan enak untuk dilihat.

Untuk bagian jahitan luar bisa menggunakan warna yang kontras dari pelapis dengan benangnya. Hal ini agar jok lebih menarik lagi. Bagi yang menggunakan bahan sintetis, tentu akan lebih mudah dalam memilih warna.

Karena kulit sintetis lebih menyediakan warna yang beragam dari yang kulit asli. Bahkan bila perlu, jika menggunakan kulit sintetis bisa menggunakan lebih dari satu warna yang dikombinasikan. Dengan hasil kombinasi warna ini, akan menciptakan konsep sport untuk interior mobilnya.

Sarung jok mobil akan membawa warna baru untuk mobil kesayangan anda. Sehingga harus pandai dalam menentukan interior yang satu ini agar tidak salah membelinya.

Merk

Merk akan menentukan kualitas yang akan anda dapatkan. Sehingga perlu memikirkan dengan baik merk apa yang akan anda gunakan. Akan lebih baik jika menggunakan merk ternama karena tentu memiliki jaminan kualitas dengan pelayanan yang terbaik.

Untuk mengetahui merk yang bagus, maka perlu melakukan reset terhadap beberapa merk. Bisa melalui internet dan pengalaman orang terdekat ketika menggunakan merk sarung jok mobil tertentu.

Karena banyaknya merk yang beredar, tentu dengan menggunakan internet akan memudahkan anda untuk mendapatkan pelapis jok mobil yang terbaik dan berkualitas.

Anti UV

Bagi yang mencari pelapis jok mobil, bisa menggunakan jok yang memakai pelengkap anti UV karena jok seperti ini akan memiliki banyak manfaatnya.

Salah satunya dengan menggunakan anti UV, anda bisa mendapatkan struktur jok kulit yang lebih awet, warna jok tidak mudah pudar dan rusak.

Adanya lapisan anti UV ini bisa memberikan efek baik untuk penggunanya karena tidak memberikan efek panas pada kabin mobil. Sehingga mobil yang sedang terparkir pun akan memiliki suhu yang terjaga.

Adapun cara untuk mengetahui apakah sarung jok mobil ini menggunakan lapisan anti UV atau tidak, bisa menggunakan paparan sinar matahari. Caranya mudah saja, hanya perlu menjemur jok dibawah paparan sinar matahari kurang lebih 30 menitan.

Setelah melalui masa penjemuran selama 30 menit, lantas masukkan sarung tersebut dalam ruangan ber-AC selama 5 menit saja. Jika dalam waktu 5 menit saja sudah dingin, maka bisa anda pastikan jika sarung ini memiliki lapisan anti UV.

Anti Air

Salah satu yang harus anda perhatikan adalah sarung jok mobil yang menggunakan anti air. Lantaran untuk mengantisipasi jika anak atau penumpang lainnya menumpahkan air di atas jok mobil.

Jika jok basah, maka akan membuat jok mudah rusak dan mengeluarkan bau yang tidak enak. Untuk mengetahui bahan tersebut menggunakan anti air atau tidak, biasanya bisa anda perhatikan dari teksturnya yang lebih lembut dan lentur.

Baca juga: BMW M4 Competition x Kith, Edisi Terbatas Hanya Tersedia 150 Unit

Jika jok ini memiliki kelenturan yang elastis, maka bisa menjamin pelapis tersebut melindungi jok dari air dan tahan guncangan sehingga tidak mudah sobek.

Sebelum membelinya, lebih dulu remas pelapis jok ini karena jika sarung jok ini tidak kusut dan kembali ke bentuk asalnya, maka sudah bisa anda pastikan jika memiliki anti air.

Akan lebih mudah jika anda teteskan air ke atas permukaan kulit jok, nantinya bisa melihat bagian belakang pelapis jok apakah rembes atau tidak.

Jangan Terpengaruh Harga Murah

Tips yang terakhir ketika ingin membeli sarung jok mobil, bisa memilih dari segi harganya. Yang terpenting untuk anda, jangan tergiur dengan harga yang murah, karena harga akan membawa kualitasnya sendiri.

Sebelum membeli sarung jok, maka lakukan pengecekan ulang untuk kualitasnya agar tidak tertipu dengan kualitas buruk. Tentu saja anda tidak ingin rugi sudah mengeluarkan banyak dana, namun mendapatkan kualitas yang buruk. Oleh karena itu, lakukan pengecekan dengan baik untuk hasil terbaik.

Sarung jok mobil akan menjadi bagian interior yang menarik karena bisa menentukan keindahan dan kenyamanan untuk penumpangnya. Dengan adanya sarung seperti ini, akan lebih melindungi jok asli sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara