Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruSate Galunggung Pangandaran, Kuliner Legendaris Citarasa Tinggi

Sate Galunggung Pangandaran, Kuliner Legendaris Citarasa Tinggi

Sate Galunggung Pangandaran nikmatnya selalu bikin ketagihan. Bagi anda penggemar sate, jika sedang melakukan perjalanan wisata ke Pantai Pangandaran, maka wajib mampir ke tempat kuliner satu ini.

Anda langsung saja menuju Jalan Kidang Pananjung, di sanalah Warung Sate Galunggung berdiri. Tepatnya berada depan kantor Telkom Pangandaran. Warung sate ini telah hadir sejak tahun 1970an dan sangat terkenal seantero Pangandaran.

Tanpa merubah citarasa warisan kakek moyang, warung sate ini dikelola oleh Pak Agus, generasi ketiga dari pendiri Warung Sate Galunggung.

Citarasa Sate Galunggung Pangandaran

Pangandaran sangat terkenal dengan wisata baharinya. Banyak terdapat pantai cantik yang cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat lainnya.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Barat yang Enak dan Populer

Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai yang identik dengan kuliner seafoodnya, Pangandaran juga memiliki kuliner legendaris berbahan dasar daging yang rasanya sangat nikmat dan lezat. Nama kuliner tersebut adalah Sate Galunggung.

Bagi anda yang merasa lapar setelah seharian berkunjung ke destinasi wisata Pantai Pangandaran, Warung Sate Galunggung Pangandaran merupakan salah satu tempat kuliner yang cukup direkomendasikan.

Selain menyuguhkan citarasa yang sangat khas dan melegenda, harganya pun juga ramah di kantong. Sehingga sangat cocok bagi anda dan keluarga yang ingin bersantap setelah seharian berkeliling wisata.

Berikut ini beberapa fakta menarik dari Warung Sate Galunggung, antara lain:

Berdiri Sejak Tahun 1970

Sate Galunggung merupakan salah satu kuliner legendaris khas Pangandaran yang telah berdiri sejak tahun 1970. Warung sate ini sudah ada secara turun-temurun.

Saat ini, Warung Sate Galunggung dikelola oleh generasi ketiga. Hingga kini, pengelola tetap mempertahankan citarasa yang telah tercipta sejak awal berdiri.

Baca Juga : Cara Membuat Peuyeum, Jajanan Khas Bandung yang Manis dan Legit

Ciri khas dari sate Pangandaran ini adalah dari segi rasa, membuat banyak orang yang sudah pernah mencoba selalu ketagihan sehingga ingin kembali lagi.

Awal Mula Nama Warung Sate Galunggung Pangandaran

Salah satu kuliner khas Pangandaran yang cukup populer dan fenomenal. Meskipun namanya diperoleh dari sebuah nama salah satu gunung di Tasikmalaya yakni Gunung Galunggung, akan tetapi kuliner ini merupakan kuliner khas asli Pangandaran.

Menu Spesial Warung Sate Galunggung

Meskipun bernama Warung Sate Galunggung Pangandaran, akan tetapi pengunjung juga dapat menikmati menu menarik lain yang juga tak kalah nikmat.

Anda dapat menikmati beragam sop seperti sop kambing, sop sapi, sop buntut, hingga tengkleng. Akan tetapi, dari sekian menu yang ada, sate kambing dan sate ayam Galunggung yang menjadi primadona para pengunjung.

Sate Galunggung sekilas memang tak jauh beda dengan kuliner sate lainnya. Proses pembuatan sate dengan berbahan dasar daging ayam dan daging kambing dalam olahan rempah-rempah yang khas olahan dari Warung Sate Galunggung.

Dengan bumbu kacang yang spesial, menjadi salah satu alasan mengapa tempat kuliner Pangandaran satu ini sangat melegenda.

Saat memesan satu porsi sate pada warung ini, maka pengunjung akan mendapat sepuluh tusuk sate dengan bumbu kacang yang telah memperoleh tambahan kecap.

Selain itu, tidak lupa pula sambal kecap khas sate kambing dengan nasi serta memperoleh kelengkapan menu kerupuk emping hingga acar mentimun.

Baca Juga : Rumah Sosis Lembang, Destinasi Wisata Kuliner Kekinian Kota Kembang

Daging ayam serta daging kambing yang nampak kehitaman akan terasa semakin gurih ketika dicocolkan pada sambel kacang.

Kelezatan sate ini semakin lengkap jika berpadu dengan nasi yang telah dituangkan kuah sop buntut atau tengkleng hangat yang sangat gurih.

Harga dan Lokasi Warung Sate Galunggung Pangandaran

Letak Sate Galunggung beralamat di Jl. Kidang Pananjung, Pangandaran, Jabar. Warung sate satu ini buka tiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 23.00 WIB.

Tempat ini menyediakan 2 jenis tempat duduk, yakni lesehan serta kursi duduk. Dengan tempat yang luas, sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir tidak akan kebagian tempat saat berkunjung.

Harga dari setiap menu yang ada di Warung Sate Galunggung sangat terjangkau. Mulai dari Rp 15.000 untuk menu sate ayam serta Rp. 25.000 untuk menu sate kambing.

Selain Warung Sate Galunggung Pangandaran, anda juga dapat berburu kuliner lain yang berada di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Pada umumnya, para wisatawan tidak akan menyia-nyiakan waktu dengan berburu makanan seafood yang tidak kalah populer. (R10/HR-Online)

Editor : Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img