Sawah Terendam Banjir di Tunggilis Pangandaran Berkah Bagi Warga

Sawah terendam banjir rupanya menjadi berkah bagi warga Desa Tunggilis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Entang SR/HR.
Sawah terendam banjir rupanya menjadi berkah bagi warga Desa Tunggilis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Sawah terendam banjir rupanya menjadi berkah bagi warga Desa Tunggilis, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ratusan hektar sawah yang terendam banjir akibat luapan air sungai itu dimanfaatkan sebagian warga untuk mencari ikan. Selain menggunakan alat pancing, ada pula warga yang mencari ikan menggunakan jaring.

Jaja Suteja, salah seorang warga, mengaku ikut mencari ikan pada areal persawahan milik para petani yang saat ini terendam banjir air sungai yang meluap.

Ia mencari ikan dengan cara menjaring. Bahkan, kata Jaja, ada sebagian warga yang mencari ikannya menggunakan jala.

Baca Juga : Diguyur Hujan, Puluhan Hektar Sawah di Pangandaran Terendam Banjir

“Saya mencari ikan sampai ke tengah areal persawahan dengan menggunakan perahu kecil. Jenis ikan yang tersangkut jaring bermacam-macam. Hasilnya saya jual untuk menambah-nambah membeli kebutuhan sehari-hari,” tutur Jaja, kepada HR Online, Minggu (06/12/2020).

Dalam sehari menjaring ikan, Jaja bisa mendapatkan ikan sekitar 5 kilogram atau bisa juga lebih. Hasil menjaringnya itu ia jual ke warga yang membutuhkan. Tapi, jika hasilnya sedikit biasanya hanya sebagai lauk-pauk untuk makan keluarganya.

Sementara itu, air yang menggenangi areal persawahan pada Minggu (06/12/202) sore kemarin terlihat masih cukup tinggi. Jika hujan kembali turun, maka areal persawahan milik para petani Desa Tunggilis ataupun Desa Ciganjeung akan kembali terendam air. (Ntang/R3-HR-Online)

Editor : Eva Latifah