Sejarah Mobil Timor, Kendaraan Nasional Indonesia di Era 90-an

Sejarah Mobil Timor, Kendaraan Nasional Indonesia di Era 90-an
Ilustrasi sejarah mobil timor. Foto : Net/Ist

Sejarah mobil Timor tidak pernah lekang oleh perkembangan zaman. Kendaraan nasional Tanah Air ini menjadi bagian penting dalam perkembangan dunia otomotif.

Apalagi kini kemajuan pasar Indonesia akan produksi mobil semakin berkembang pesat. PT TPN (Timor Putra Nasional) merupakan perusahaan otomotif milik Tommy yang bekerja sama dengan KIA Motors.

Dimana perusahaan ini telah meluncurkan model Kia Sephia versi Indonesia. Tommy Soeharto merupakan pemilik perusahaan mobil nasional Indonesia yang sudah ada sejak 25 tahun lamanya.

Baca Juga : Fitur BMW X6 xDrive40i M Sport, Teknologinya Semakin Canggih

Mungkin sebagian besar orang masih belum tahu akan kendaraan yang satu ini. Padahal mobil Timor menjadi kendaraan paling populer di masanya, yaitu tahun 1997-1998.

Mobil nasional yang satu ini hadir karena keinginan presiden Soeharto yang menginginkan mobil nasional di era 90-an. Bahkan hal ini juga berpengaruh pada pajak impor bumi yang diatur kembali.

Isi dari peraturan tersebut yaitu jika ada perusahaan yang akan menjual mobilnya di Indonesia tidak akan terkena pajak impor. Akan tetapi, setidaknya 60% komponen kendaraan merupakan buatan Indonesia.

Bahkan saat itu terdapat satu mobil yang menjadi mobil terlaris yang mampu memenuhi syarat tersebut. Dengan persyaratan tersebut, Toyota Kijang dibandrol dengan harga selangit.

Tommy Soeharto merupakan salah satu putra Soeharto yang memiliki koleksi tentang dunia otomotif. Bahkan ada beberapa, mulai dari Lamborghini, Audi, dan merk lainnya.

Pembuatan mobil memang tidak bisa sembarangan. Maka dari itu, sejarah mobil Timor pun bisa menjadi jawaban betapa perjuangan untuk bisa mendapatkan sebuah karya.

Sejarah Mobil Timor

Mobil Timor bukan berarti milik perusahaan Timor Timur. Namun perusahaan ini merupakan milik bangsa Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1996 di Jakarta.

PT TPN merupakan perusahaan milik Tommy yang berdiri untuk bisa mendapatkan sebuah mobil. Dengan kerjasamanya yang baik bersama Kia Motors, berusaha mendapatkan produk model Kia Sephia versi Indonesia.

Sayangnya, Indonesia belum memiliki perakitan yang lengkap fasilitasnya. Sehingga mobil yang satu ini sepenuhnya dibuat di negara Korea Selatan. Selanjutnya setelah proses selesai, barulah impor ke Indonesia secara utuh.

Layaknya Proton yang berada di Malaysia, mobil nasional Indonesia ini memperoleh pembebasan pajak barang mewah sebesar 60%. Karena alasan inilah mobil Timor memiliki harga yang cukup standar yaitu berkisar Rp 35 jutaan.

Namun, karena kebijakan inilah beberapa negara merasa keberatan. Sehingga Soeharto mencabut kebijakan yang ada untuk mobil Timor. Setelah 1 tahun muncul, mobil ini berhenti berproduksi pada tahun 1997.

Baca Juga : Hyundai Palisade 2020, Mobil Mewah dengan Berbagai Kelebihan

Hal ini karena beberapa faktor, terutama krisis moneter. Bahkan Soeharto pun lengser dari jabatannya sebagai presiden Indonesia. Hal ini menjadi sejarah mobil Timor hadir.

Pada waktu itu, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, Indonesia mencabut keringanan bea masuk serta pajak barang mewah Timor.

Varian Mobil Timor

Sejarah mobil Timor memperkenalkan berbagai produk menarik. Ada banyak model yang diperjualbelikan. Varian yang mobil nasional miliki tersebut antara lain:

S515, S516i, S513/s2 city car, SL516i Limousine 4 pintu dan 6 pintu, serta SW515i berbadan Station Wagon untuk karoseri. Namun varian yang cukup populer yaitu mobil Timor versi sedan.

Desain Sedan Mobil Timor

Sejarah mobil Timor hadir dengan varian yang cukup banyak. Salah satu yang cukup populer yaitu tipe sedan. Sebab hadir dengan desain menarik yaitu Timor S515.

Memiliki desain lampu tipis berbentuk empat. Tidak hanya itu saja, mobil nasional Indonesia memiliki foglamp yang membantu anda berkendara pada malam hari.

Baca Juga : KIA Sportage JBL Black Edition Lengkap dengan Audio Berkualitas

Lalu mobil ini juga memiliki reflektor yang terpasang pada dua lampu utama bagian belang dan depan yang memiliki reflektor menyambung pada kedua lampu utama.

Menariknya Mobil Timor

Kia Sephia tahun 1995 memiliki nama rilis yaitu Teknologi Industri Mobil Rakyat, singkatan Timor. Hadir dengan spesifikasi menarik, mobil ini juga memiliki harga paling murah

Spesifikasi S515 Mobil Timor mumpuni. Adanya lampu penerangan saat cuaca tidak bersahabat sehingga terjadi banyak perubahan. Mobil nasional ini muncul dengan versi terbaru yang menarik.

Bahkan terdapat fitur lengkap. Ada lagi sabuk keselamatan seperti rem cakram, crumple zone, dan sidik impact beam. Sehingga sejarah mobil Timor pun bisa membantu anda melihat kendaraan lawas yang unik dan klasik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto