Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Asih, Mengungkap Tentang Tragisnya Asal-Usul Hantu Asih

Sinopsis Film Asih, Mengungkap Tentang Tragisnya Asal-Usul Hantu Asih

Sinopsis film Asih merupakan sebuah kisah film dengan genre horor Indonesia yang telah rilis 11 Oktober 2018 lalu. Kemudian cerita dalam film ini pun mempercayakan sutradara Awi Suryadi dalam produksi MD Pictures serta Pichouse Film.

Film Asih ini adalah satu kisah spin off karakter dari salah satu hantu pada film Danur. Karakter hantu Asih ini pun masih mempercayakan Shareefa Daanish seperti pada dua film sebelumnya, Danur dan Danur 2: Maddah.

Bagaimana Alur Sinopsis Film Asih?

Bermula dari 37 tahun sebelum kejadian dalam film Danur, Ita (Citra Kirana) adalah seorang wanita yang tengah hamil tua dan hidup dengan suami, Andi (Darius Sinathrya) dan sang ibu di kota Bandung.

Ita pun merasa khawatir karena Amelia lahir satu bulan sebelum waktu yang diperkirakan. Bidan yang menangani kelahirannya tersebut, Sekar Nurmala mengatakan jika hal tersebut bukan menjadi masalah besar.

Baca Juga: Sinopsis Broken City, Kisah Penyelidikan yang Menegangkan

Akan tetapi, ia mengatakan jika Ita harus mewaspadai tentang makhluk halus selama 40 hari berikutnya setelah Amelia lahir. Karena, Sekar mendengar jika pada desa sebelah, terdapat seorang wanita bernama Asih (Shareefa Daanish) yang baru saja bunuh diri.

Asih tersebut mati setelah membunuh anaknya sendiri. Dalam sinopsis film Asih, Sekar juga menceritakan tentang Abah. Yang mana merupakan seorang ahli spiritual atau orang sakti yang juga tinggal di desa sebelah dengan kemampuan melacak hal-hal magis.

Hingga pada suatu hari, Ita menemukan sebuah sisir pada tempat tidur Amelia. Ia tak menyadari jika hantu Asih tengah berdiri di dekatnya. Setelah itu, hal-hal menyeramkan Ita dan ibunya alami.

Keduanya pun mendapatkan teror oleh hantu Asih. Andi pun awalnya tidak mempercayai akan hal tersebut, namun ia langsung percaya saat menyaksikan sendiri Asih memakan ari-ari Amelia yang mereka kubur dalam tanah belakang rumah.

Kejadian semakin menakutkan dalam sinopsis film Asih, yakni pada saat satu minggu setelah Amelia lahir. Amelia pun menghilang pada saat Ita sedang memandikannya. Sehingga, Ita mendesak Andi untuk meminta bantuan dari Abah.

Kisah Masa Lalu dan Teror Asih

Selanjutnya, saat itu Abah bercerita tentang masa lalu Asih. Asih adalah seorang wanita dengan nama asli Kasih. Ia merantau ke kota dan kembali dengan keadaan hamil yang tanpa suami. Setelah itu, orang tua dan penduduk desa mencampakkannya.

Baca Juga: Sinopsis Perfect Exchange, Film Action Comedy Tentang Perjudian

Sehingga, ia memilih untuk mengakhiri nyawanya yang mana sebelumnya ia memilih untuk membunuh bayinya sendiri. Sejak saat itulah, Asih mencari bayi lain untuk mengganti anaknya.

Ternyata pohon beringin yang menjadi tempat Asih mengakhiri hidup rupanya hanya terletak beberapa meter dari rumah Ita dan Andi. Sinopsis film Asih selanjutnya, Abah menyuruh Andi untuk berkumandang adzan di depan pohon tersebut dan akhirnya Amelia pun mereka temukan.

Akan tetapi, Asih justru merasuki Ita dan memaksa untuk menenggelamkan Amelia. Namun, dengan bantuan Abah, Ita mampu menghalau pengaruh hantu Asih sebelum ia membunuh Amelia.

Kemudian, keesokan harinya, ibu pun menancapkan sisir Asih ke pohon beringin tersebut sesuai dengan apa yang Abah sarankan. Lalu, setelah 37 tahun kemudian, pada pohon yang sama, sisir Asih tersebut pun diambil oleh Riri.

Informasi Film

Film Asih merupakan satu film sempalan dari Danur dan juga Danur 2: Maddah. Karakter hantu Asih masih menghadirkan artis cantik Shareefa Daanish sama seperti dua film sebelumnya.

Sinopsis film Asih ini hadir dengan genre horor dan durasi 77 menit. Yang mana mampu merebut hati penonton sekitar 191 ribu pada penayangan pertama. Sedangkan untuk penayangan kelima sekitar 1 juta penonton.

Baca Juga: Sinopsis Rich and Famous, Kisah Para Gangster Tahun 70an

Dengan total lebih dari satu juta penonton dalam masa penayangan, Asih menduduki peringkat 5 dalam Top 10 Film Terlaris Indonesia tahun 2018. Sutradara Awi Suryadi mampu memberikan kesan menegangkan dalam setiap partnya.

Ia juga menggandeng penulis Lele Laila dan juga Adam Ripp untuk skenario yang luar biasa. Bahkan, situs IMDb telah memberikan skor 5,1 dari 10 skor dengan 184 ulasan.

Pemain Film

Dalam sinopsis film Asih menghadirkan Shareefa Daanish sebagai hantu Asih, Citra Kirana sebagai Ita atau Puspita, dan Darius Sinathrya sebagai Andi. Kemudian, terdapat pemain lain seperti Alex Abbad sebagai Abah Marwan, Marini sebagai Ibu Andi, dan Djenar Maesa Ayu sebagai Bidan Sekar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -