Sinopsis Film Mank, Kisah Perjalanan Hidup Penulis Citizen Kane

Sinopsis Film Mank
Sinopsis Film Mank. Foto: Ist/Net

Sinopsis film Mank tayang di Netflix pada 4 Desember 2020. Platform untuk tayangan streaming film, Netflix kembali merilis film terbaru miliknya, yakni Mank yang menghadirkan sederet bintang film Hollywood papan atas. Seperti Gary Oldman, Lily Collins, Amanda Seyfried, Arliss Howard, dan juga Tom Pelphrey.

Film ini menjadi salah satu karya David Fincher yang merupakan sutradara terkenal dan berhasil menghadirkan berbagai macam film populer. Seperti Mindhunter, The Girl with the Dragon Tattoo, Gone Girl dan masih banyak lagi.

Satu hal yang lebih menarik lagi, Mank adalah film perdana David Fincher setelah Gone Girl tahun 2014. Sehingga, menjadi film biografi yang paling penonton tunggu sebagai tontonan yang menarik.

Baca Juga: Sinopsis The Forest, Kisah Perjuangan dalam Hutan Aokigahara

Sinopsis Film Mank

Kisah dalam film ini memiliki latar belakang pada tahun 1930 yang mengikuti kisah seorang penulis alcoholic, Herman J. Mankiewicz (Gary Oldman). Ia adalah seorang penulis dan merupakan seorang kritikus sosial yang tajam.

Pada beberapa adegan awal, banyak orang yang memanggilnya dengan nama Mankiewicz, namun ia lebih memilih dan meminta orang-orang tersebut memanggilnya Mank. Sehingga, ia pun akhirnya lebih orang kenal dengan nama tersebut.

Kemudian, dalam sinopsis film Mank, ia berlomba dalam menyelesaikan pembuatan naskah Citizen Kane untuk Orson Welles (Tom Burke). Dalam usaha menyelesaikan penulisan naskah film Citizen Kane, Mank pun mengalami beberapa kesulitan.

Bahkan, Mank menghabiskan sekitar dua bulan dalam menyelesaikan draft pertama untuk skenario atau naskah Citizen Kane.

Hasilnya, ia mengirimkan sekitar 300 halaman skrip pada Welles yang mana kemudian banyak revisi. Selanjutnya, ia menghabiskan waktunya dalam mengutak-atik naskah dengan ide masukan dari Welles.

Ia terlihat selalu berupaya maksimal dan berjuang menulis naskah. Meskipun kondisi kesehatannya sedang tidak baik, bahkan ia hanya bisa berbaring di atas tempat tidurnya.

Film garapan Welles yang sekaligus sebagai produser film tersebut, menjadikan Mankiewicz tersandung masalah. Apalagi, pada sinopsis film Mank, terjadi pertikaian dengan Welles selama pembuatan film serta menjelang perilisannya.

Baca Juga: Sinopsis A Star is Born, Kisah Dua Orang Musisi Berbakat

Seperti yang telah diketahui, Citizen Kane adalah salah satu film yang merubah perspektif atau pandangan. Bahkan, juga merupakan film yang begitu kental terhadap sejarah serta budaya, mengalahkan “The Godfather” sebagai film trilogi.

Film David Fincher

Dalam film Mank, Fischer juga berperan sebagai seorang penulis naskah Mank. Lalu, ia melanjutkan naskah yang telah ayahnya tulis, Jack sebelum meninggal pada tahun 2003.

Walaupun demikian, Aaron Sorkin sebagai penulis naskah film Mank arahan Fincher, The Social Network, menegaskan jika Mank adalah sebuah film yang sangat bagus.

Sorkin pun menyebutkan jika naskah untuk sinopsis film Mank merupakan tulisan dari ayah Fincher sebagai penulis yang hebat. Akan tetapi, Fincher juga merupakan sutradara yang hebat dalam mengarahkan sesuai dengan naskah. Bahkan, film Mank ini sungguh luar biasa sebagai standar seorang David Fincher.

Sorkin juga memastikan jika penampilan para pemeran film Mank ini sungguh maksimal dan berkualitas. Gary Oldman mempunyai kualitas akting yang luar biasa, bahkan untuk Lily Collin dan Amanda Seyfried sebagai Marion Davies. Kemudian, Mank akan menjadi film perdana David Fincher setelah film terakhir tahun 2014 silam, yakni Gone Girl.

Pemeran Film Mank

Film dengan durasi 2 jam 11 menit ini merupakan sebuah film biografi, komedi, dan juga drama yang sangat sukses dengan perolehan rating tinggi. Untuk penilaian melalui situs IMDb, Mank berhasil meraih 8,0 dari 10 skor yang berasal dari 1.356 ulasan.

Sinopsis film Mank yang merupakan garapan David Fincher ini tayang di Netflix dengan menghadirkan para bintang papan atas. Mereka adalah Gary Oldman sebagai Herman Mankiewicz / Mank, Amanda Seyfried sebagai Marion Davies, Lily Collins sebagai Rita Alexander, serta Tom Pelphrey sebagai Joseph Mankiewicz.

Kemudian, Arliss Howard sebagai Louis B. Mayer, Tuppence Middleton sebagai Sarah Mankiewicz, Monika Gossmann sebagai Fraulein Frieda, dan Sam Troughton sebagai John Houseman.

Selain itu, juga terdapat beberapa pemeran pendukung dalam sinopsis film Mank seperti Toby Leonard Moore sebagai David O. Selznick, Tom Burke sebagai Orson Welles, Charles Dance sebagai William Randolph Hearst, Jamie McShane sebagai Shelly Metcalf, Jack Romano sebagai Sid Perelman, dan masih banyak lagi. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu