Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Perempuan Tanah Jahanam, Menguak Misteri Kampung Halaman

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam, Menguak Misteri Kampung Halaman

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam adalah sebuah kisah film garapan Joko Anwar yang juga sebagai penulis naskahnya. Film ini telah rilis pada 17 September 2019 silam dengan genre horor.

Cerita dalam film ini menghadirkan berbagai bintang film papan atas Indonesia seperti Tara Basro, Aryo Bayu, Asmara Abigail, Marissa Anita, serta Christine Hakim.

Baca Juga: Fakta Gulf Kanawut Aktor Thailand Serba Bisa, Akting dan Nyanyi

Film ini adalah film hasil kerja sama dengan Hollywood, yakni Base Entertainment dan juga Ivanhoe Pictures. Lalu Rumah produksi Korea Selatan, yakni CJ Entertainment dengan studio produksi Indonesia melalui Rapi Film dan Logika Fantasi.

Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam

Cerita film ini mengikuti kisah Maya (Tara Basro) dalam pengungkapan misteri keluarganya. Kisah berawal saat Maya mengalami masalah dengan kehidupannya di Kota Jakarta.

Ia bersama dengan Dini (Marissa Anita) bekerja keras untuk dapat bertahan karena tidak memiliki keluarga di Jakarta. Sedangkan, keberadaan Dini menjadi sangat penting bagi Maya.

Keduanya bertahan hidup dengan melakukan berbagai cara, tak terkecuali dengan berbisnis. Akan tetapi, kegagalannya pun terus mengikuti nasib mereka.

Sampai pada suatu saat dalam sinopsis Perempuan Tanah Jahanam, Maya memperoleh informasi jika terdapat kemungkinan ia masih mempunyai warisan peninggalan keluarganya yang berada di kampung. Dengan mengandalkan informasi tersebut, Maya dan juga Dini pergi ke kampung halaman tempat ia bertempat tinggal dahulu.

Maya pun memiliki harapan masih dapat menerima harta peninggalan kedua orang tuanya yang sudah meninggal. Kampung yang mereka tuju adalah sebuah desa terpencil dan terpelosok, akan tetapi Maya bertekad untuk segera mengetahui tentang keluarganya.

Sementara itu, Maya tampak tak begitu mengenal dengan benar keluarganya atau bahkan kampung halamannya tersebut. Sebagai seorang kawan, Dini pun menyoroti mengenai orang tua yang meninggalkan warisan saat meninggal.

Baca Juga: Sinopsis Jumanji: Welcome to the Jungle, Misi untuk Akhiri Kutukan Game

Selain itu, sinopsis Perempuan Tanah Jahanam, kehadiran keduanya pun mendapatkan reaksi serta tatapan dingin dari penduduk kampung tersebut.

Dengan bekal rasa ingin tahu, Maya sebenarnya tidak menyadari jika warga kampung tersebut sedang mencarinya serta memiliki rencana untuk membunuhnya karena suatu alasan.

Sampai pada suatu malam, Maya mengetahui kenyataan yang rumit mengenai masa lalu keluarganya dan membuatnya harus berjuang dalam menyelamatkan hidupnya. Pada saat itulah, misteri kampung yang ia dan Dini tinggali terungkap sedikit demi sedikit.

Film dengan Sutradara Terbaik

Film Perempuan Tanah Jahanam ini adalah film yang menghadirkan Joko Anwar sebagai sutradara sekaligus penulis skenario. Sebelum menyutradarai film ini, Joko Anwar sudah sukses menggarap berbagai film yang akhirnya booming dan menjadi film box office.

Seperti Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot tahun 2019, Pengabdi Setan tahun 2017, Modus Anomali tahun 2012, A Copy of My Mind tahun 2015, Pintu Terlarang tahun 2009, Janji Joni tahun 2005, serta Kala tahun 2007.

Selain sukses sebagai penulis skenario sinopsis Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar juga sukses menghadirkan skenario terbaik dalam berbagai film.

Seperti Stip dan Pensil tahun 2017, Orang Kaya Baru tahun 2019, Fiksi tahun 2008, Quickie Express tahun 2007, Jakarta Under Cover tahun 2007, serta Arisan tahun 2003.

Joko Anwar juga merupakan sutradara kawakan yang cukup gemilang dengan prestasi yang sering ia raih. Seperti penerima penghargaan dalam Ajang Piala Citra sebagai Penulis Skenario Terbaik pada tahun 2004 dan juga 2008 dalam film Fiksi dan Arisan.

Lalu, menerima penghargaan sebagai Sutradara Terbaik dalam film Janji Joni tahun 2005. Hingga, ia menerima penghargaan Penulis Skenario Cerita Adaptasi Paling Baik melalui film Pintu Terlarang tahun 2009.

Pemeran Film

Para bintang film papan atas Indonesia hadir untuk membintangi sinopsis Perempuan Tanah Jahanam dengan durasi 1 jam 46 menit ini. Tentu saja dengan menampilkan kemampuan akting yang sudah tidak dapat diragukan lagi. 

Mereka adalah Tara Basro sebagai Maya, Marissa Anita sebagai Dini, Asmara Abigail sebagai Ratih, Christine Hakim sebagai Misni, serta Ario Bayu sebagai Saptadi.

Selain itu, terdapat bintang pendukung lain seperti Zidni Hakim sebagai Donowongso, Afrian Aris sebagai Banyu, Kiki Narendra sebagai Bambang, dan Faradina Mufti sebagai Shinta. 

Lalu, Abdul Rahman Arief sebagai Suryo, Mursiyanto sebagai Sono, Ahmad Ramadhan Al Rasyid sebagai Tino, dan masih banyak lagi pemeran dalam sinopsis Perempuan Tanah Jahanam. (R10/HR-Online)

- Advertisment -