Sinyal HP Android Hilang Mendadak, Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

Sinyal HP Android Hilang Mendadak
Ilustrasi sinyal HP Android hilang mendadak. Foto : Ist/Net

Sinyal HP Android hilang merupakan salah satu hal yang sangat menjengkelkan. Belum lagi ditambah permasalah dari kinerja mesin pada HP Android tersebut yang kadang lemot.

Nah, jika cuaca sedang tidak bagus, kemudian sinyal tiba-tiba buruk mungkin sesuatu hal yang wajar. Akan tetapi, beda ceritanya jika cuaca sedang bagus-bagusnya, eh tiba-tiba sinyal smartphone lost atau hilang.

Sebagian besar pengguna ponsel Android pasti pernah mengalaminya, ya kan?. Dan perasan Anda pasti kacau balau, karena dalam seketika informasi terhenti.

Belum lagi, jika sinyal mendadak hilang saat sedang membicarakan sesuatu yang penting pada pekerjaan bersama klien, tentu akan rugi besar.

Sinyal HP Android Hilang

Meski saat ini smartphone banyak yang membawa spesifikasi dan fitur yang canggih, namun apa daya jika sinyal mendadak ‘kabur’.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

Sedangkan dampak yang timbul dari jaringan HP Android hilang, adalah mobilitas menjadi terhambat dan terganggu.

Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir. Karena kali ini HR Online akan membahas tentang cara mengatasi sinyal pada smartphone yang mendadak hilang.

Ada lumayan banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan jaringan kembali normal seperti semula. Namun, biasanya tidak semuanya langsung berhasil. Tapi patut Anda coba.

Restart Android

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan sinyal HP Android hilang yaitu dengan merestartnya. Dengan merestart, maka sistem yang akan dijalankan oleh smartphone Anda adalah sistem yang baru.

Sementara, sistem yang sudah bekerja sebelumnya akan diminta merefresh ulang. Hal ini yang akan membuat jaringan HP Anda kembali, karena permasalahan yang terjadi sebelumnya akan diatasi.

Memeriksa Kartu

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa posisi kartu SIM Anda. Karena, bisa saja saat memasang kartu SIM kurang benar. Ada baiknya Anda lepaskan dahulu SIM card, kemudian memasangnya kembali.

Pindah ke Area Lain

Cara mengatasi sinyal HP Android yang hilang selanjutnya adalah dengan pindah ke area lain. Kita tidak dapat menutup mata, bahwa jarak satu centimeter saja, bisa berpengaruh terhadap kondisi jaringan, dan ini real adanya. Bahkan tidak sedikit yang mengalami kasus ini.

Jadi, ketika menggunakan jaringan internet dalam rumah, kondisinya sangat baik. Akan tetapi, begitu mencoba mengakses dekat pintu, jaringan mendadak hilang.

Oleh karena itu, jika mengalami jaringan hilang ini, salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan pindah tempat. Apalagi jika ada berkas yang memang harus Anda kirim secepatnya.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Kemudian cara mengatasi sinyal HP Android yang hilang adalah dengan mengaktifkan mode pesawat.

Yap, begitu Anda mengaktifkan mode ini, artinya sinyal-sinyal smartphone otomatis akan hilang. Dan begitu menonaktifkannya kembali, maka biasanya jaringan pada HP Anda sudah kembali normal.

Nah, sangat mudahkan caranya? Mungkin jika hal ini terjadi saat musim hujan atau kondisi cuaca sedang buruk, tidak stabil, maka jaringan hilang adalah sesuatu yang wajar.

Baca Juga : Ponsel Tidak Ada Jaringan, Cari Tahu Penyebab dan Solusinya di Sini!

Namun, jika ternyata hilangnya ketika cuaca bagus, terang lagi, maka Anda harus bisa mengenalinya.

Jadi, ada beberapa alasan sebenarnya mengapa sinyal HP Android hilang. Yuk simak alasannya.

Berada di Luar Cakupan Daerah

Jadi, ada sejumlah provider yang tidak mempunyai jangkauan area yang cukup luas, sampai mblusuk-mblusuk misalnya. Kejadian ini pasti sering Anda temukan ketika sedang berwisata ke alam terbuka yang letaknya jauh dari keramaian.

Baca Juga : Aplikasi Penguat Sinyal 4G Untuk Jaringan Lemot, Apa Saja?

Selain itu, Anda pasti tidak akan menyadarinya. Jadi, ada baiknya jika menggunakan provider dengan cakupan daerah yang luas.

Faktor Cuaca

Cuaca merupakan faktor paling umum yang membuat sinyal HP Android hilang. Saat kondisi cuaca bagus, semua provider pasti mampu bekerja dengan maksimal. Sehingga jaringan akan lancar jaya.

Nah begitu cuaca buruk, ada petir, hujan, dan sebagainya, maka jaringan pada ponsel pasti akan ikut memburuk, bahkan bisa saja mati total.

Hardware Bermasalah

Jika membandingkannya dengan dua alasan di atas, maka yang ketiga ini terbilang cukup parah. Karena, bisa saja ada bagian hardware pada ponsel Anda yang rusak.

Jika benar-benar rusak, maka solusinya adalah dengan menggantinya. Akan tetapi, ada baiknya jika membawa ke ahlinya dulu. Hal tersebut untuk mengetahui kerusakannya secara jelas, apakah memang karena hardwarenya yang rusak, atau ada alasan lain.

Software Bermasalah

Salah satu alasan mengapa sinyal HP android hilang adalah terdapat masalah pada software-nya. Biasanya nih, software bermasalah akibat adanya error atau bug dalam aplikasi Anda.

Baca Juga : 5 HP Oppo Jaringan 5G Anti Lelet dengan Spek Kamera Mumpuni

Maka, cek terlebih dulu dengan teliti. Apabila ternyata aman, maka Anda bisa mengatasi sinyal hilang dengan menggunakan beberapa cara di atas.

Mulai sekarang, sudah tidak ada alasan lagi panik karena sinyal HP Android hilang mendadak. Karena, beberapa tips tersebut sudah terbukti mampu mengembalikan sinyal yang hilang. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Subagja Hamara