Standar Tengah Beat Bermasalah, Solusinya Berikan Cairan Anti Karat

Standar Tengah Beat Bermasalah, Solusinya Berikan Cairan Antri Karat
Ilustrasi standar tengah motor beat. Foto : istimewa

Standar tengah Beat sering bermasalah, sehingga membuat kesulitan saat akan memarkirkan kendaraan. Jika masalah ini terjadi pada kendaraan anda, ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Sepeda motor memang selalu membuat siapa saja ingin memilikinya. Apalagi kini produk matik sudah menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak diminati.

Maka dari itu, tidak jarang jika sebagian besar memilihnya daripada motor bergigi. Semua jenis kendaraan memang wajib untuk perawatan semua bagian komponennya.

Jika tidak terawat, justru mampu membuat anda kerepotan. Apalagi jika bermasalah, tentu tidak akan berfungsi semaksimal mungkin. Begitu pula dengan motor matik seperti Beat juga perlu perawatan.

Komponen yang sering bermasalah yaitu pada bagian standar tengahnya. Tentunya semua kendaraan dilengkapi dengan standar samping dan tengah.

Lantas apa yang terjadi jika standar bagian tengah bermasalah? Jika hal ini terjadi, tentu anda tidak bisa parkir kendaraan dengan baik.

Padahal informasi terbaik untuk memarkirkan motor yaitu menggunakan standar bagian tengah. Hal ini dapat membantu keamanan motor agar tidak mudah ambruk atau tetap stabil dan tentunya lebih aman.

Baca Juga : As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak

Masalah yang sering terjadi pada bagian ini yaitu tangkai penekan menyangkut bahu jalan. Tangkai pengayunnya melebar keluar karena beberapa faktor.

Hal ini bukan karena bahannya yang kurang bagus. Sebab, tidak semua jenis kendaraan matik mengalami hal ini. Ada penyebab lain mengapa standar tengah Beat bermasalah. Penyebabnya bisa karena terjadi pada kesalahan prosedur penggunaan standar samping.

Solusi Standar Tengah Beat Bermasalah

Penggunaan motor matik sudah banyak sekali terlihat pada area jalan raya. Sebagian besar pengguna kendaraan roda dua ini memilih motor matik, termasuk Beat.

Baca Juga : Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi Cukup Beragam

Namun, setiap jenis kendaraan apapun, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu kekurangan yang ada pada motor matik yaitu pada komponen standar tengahnya.

Masalah yang kerap timbul yaitu standar yang keras atau macet. Fungsi dari komponen tersebut yaitu sebagai penyangga kendaraan saat parkir pada area permukaan datar.

Mungkin masalah ini sering terjadi pada pemilik kendaraan matik. Biasanya hal ini timbul karena terdapat kotoran debu dan air hujan yang mengakibatkan timbulnya karat.

Sehingga komponen tersebut tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Jika anda masih bingung untuk mengatasinya, berikut ini ada tips tepat yang bisa dilakukan. Ada beberapa langkah mengatasi standar tengah Beat keras atau macet.

Siapkan Bahan

Sebelum anda mengatasi masalah pada standar bagian tengah, sebaiknya persiapkan berbagai bahan. Hal ini untuk mempercepat proses anda saat mengatasinya.

Jika tidak, justru waktu anda habis untuk bolak-balik mencari keperluan tersebut. Bahan yang anda perlu siapkan cukup sederhana. Siapkan cairan pembersih anti karat atau korosi.

Selain itu, siapkan juga peralatan seperti obeng dan kunci lainnya. Dengan begitu, anda akan lebih cepat dalam melakukan proses penanganan masalah standar tengah Beat yang macet atau keras.

Langkah Memperbaiki Standar Tengah Beat

Jika peralatan sudah anda siapkan, barulah mulai proses untuk mengatasinya. Ada beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan. Anda bisa gunakan cairan pembersih karat untuk mengatasinya.

Memperolehnya pun cukup mudah, sebab hampir semua bengkel menyediakannya. Ada berbagai jenis produk yang tersedia dengan harga yang bervariasi.

Anda cukup semprotkan pada bagian yang berkarat, kemudian diamkan. Setelah beberapa saat, semprotkan cairan kembali, lalu gerakkan standar tersebut berulang kali.

Hal ini bisa terus anda lakukan hingga standar benar-benar lancar dan bisa berfungsi dengan baik. Ulangi penyemprotan hingga komponen tersebut dalam kondisi baik.

Selain menggunakan cara tersebut, ada tips lain yang bisa anda gunakan, yaitu memakai oli bekas. Jika standar tengah berat, oli bisa menjadi solusi yang tepat.

Caranya hampir sama seperti penggunaan cairan anti karat. Namun, jika menggunakan oli, anda cukup semprotkan pada lubang AS dan goyangkan komponen tersebut.

Cara menggunakan oli memang lebih lama daripada penggunaan cairan anti karat. Meskipun demikian, namun hasilnya juga sama. Bisa mengatasi masalah pada standar tengah Beat. Dengan bahan dan langkah yang mudah, anda tak perlu ragu untuk mencobanya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Baca Juga : Penyebab Kick Starter Ngelos, Wajib Tahu 4 Masalah yang Terjadi
Aegis Boost Pro