Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita BisnisStatus Star Seller Shopee dan Cara Mempertahankannya

Status Star Seller Shopee dan Cara Mempertahankannya

Status star seller Shopee akan memberikan kepercayaan yang tinggi dari konsumen. Karena itu banyak pelaku usaha yang berburu untuk memiliki star seller Shopee yang bergengsi. Lantas bagaimana cara mempertahankannya?

Mempunyai status star seller akan memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan calon pembeli. Konsumen atau pembeli lebih senang melakukan transaksi pada lapak yang telah memiliki status bintang lima ini.

Meskipun Anda sudah memiliki status bergengsi star seller namun status tersebut bisa jadi akan terhapus atau hilang jika Anda melakukan kesalahan. Lalu bagaimana kita bisa mempertahankan status star seller Shopee yang bergengsi ini?

Kredibilitas Status Star Seller Shopee

Buat Anda yang ingin berjualan atau membuka lapak online, marketplace Shopee bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain gratis, cara mendaftar atau memiliki lapak untuk berjualan online pada tempat ini relatif mudah.

Meskipun pembahasan kali ini tentang cara mempertahankan status star seller, namun informasi yang ada juga penting bagi Anda para pemula yang ingin memiliki status berharga ini. Yuk simak cara mempertahankan status star seller Shopee.

Baca Juga: Beli Barang dari Luar Negeri Lewat Jasa Import, Begini Caranya!

Kartu ID Telah Disetujui Shopee

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan status bintang lima Shopee adalah dengan memastikan bahwa detail KTP Anda telah berhasil mendapat persetujuan dari Shopee.

Identitas ini memang akan kita butuhkan untuk proses verifikasi data yang akan menjadi dasar untuk aktivitas Anda pada marketplace ini.

Persentase Menjawab Obrolan Lebih dari 70 Persen

Untuk mempertahankan status star seller Shopee Anda perlu lebih dari 80 persen balasan untuk mengobrol. Sekarang setelah mendapatkan status penjual bintang, biasanya orang mulai malas dan tidak ingin menanggapi obrolan pelanggan lagi.

Karena jika Anda tidak menanggapi obrolan konsumen lagi, maka status star seller Anda dapat hilang. Setidaknya Anda harus menjaga konsistensi untuk menanggapi obrolan ini dengan persentase lebih dari 70 persen.

Dengan tetap selalu membalas obrolan lebih dari 70 persen, maka status penjual bintang pada lapak Anda akan tetap bertahan.

Memiliki Peringkat Lebih dari 4.5

Selanjutnya, persyaratan untuk mempertahankan status star seller Shopee adalah memiliki peringkat lebih dari 4,5. Dalam setiap transaksi pembelian dari konsumen, mereka memiliki hak untuk membuat penilaian.

Dari 5 bintang, tentu saja peringkat lebih dari 4,5 tidak mudah kita dapatkan. Karena jika produk Anda tidak benar-benar memuaskan pembeli, nilai lebih dari 4,5 untuk mempertahankan status penjual bintang akan sulit Anda lakukan.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang Antar Negara Terbaik dan Murah 2020

Jumlah Transaksi Sukses Minimum 50 Order Sebulan

Anda tidak hanya harus memiliki peringkat lebih dari 4,5, Anda yang ingin mempertahankan status star seller Shopee juga harus mendapatkan jumlah transaksi yang sukses dari setidaknya 50 pesanan dalam satu bulan.

Mendapatkan 50 pembeli atau pesanan dalam sebulan bisa mudah atau sulit. Menjadi sulit jika Anda menjalankan toko dengan malas. Tetapi Anda bisa mendapatkan lebih dari 50 pesanan jika Anda menjalankannya dengan serius.

Persentase Produk Pre-Order Stabil

Mengenai produk pre-order juga harus menjadi perhatian yang penting. Sebab Anda harus memiliki provisi kurang dari 20 persen selama kurang dari 5 hari dalam sebulan untuk dapat mempertahankan status penjual bintang.

Mampu Melayani 25 Pembeli Sebulan

Cara dan ketentuan lainnya yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan status star seller Shopee adalah melayani 25 pembeli yang berbeda dalam sebulan terakhir.

Mendapatkan 25 pelanggan berbeda dalam satu bulan tentu bukan sesuatu yang bisa kita anggap enteng. Alasannya, Anda harus bisa terus bekerja keras mengelola toko dengan lebih baik agar bisa menarik banyak pembeli.

Titik Penalti Kurang dari 3 Poin

Faktor lain yang tak kalah penting jangan sampai Anda melakukan kesalahan sehingga mendapatkan penalti. Karena jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan poin penalti yang dapat memengaruhi status star seller lapak.

Setidaknya jangan biarkan Anda mengumpulkan poin penalti sebanyak 3 poin atau lebih. Hindari melayani pesanan yang tidak biasa, penyimpangan dalam aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lain untuk keuntungan pribadi

Itulah berbagai langkah penting yang mesti Anda perhatikan untuk bisa mempertahankan status star seller Shopee. Pelapak bintang lima sangat terpercaya sehingga harus Anda pertahankan dengan lebih serius menjual produk. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -