Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita TerbaruStruktur dan Fungsi Pankreas pada Pencernaan Tubuh Manusia

Struktur dan Fungsi Pankreas pada Pencernaan Tubuh Manusia

Struktur dan fungsi pankreas sangat penting bagi tubuh manusia. Hal ini berkaitan dengan fungsi pankreas sebagai alat untuk sekresi hormon yang mengatur kadar gula darah. Sehingga tak heran jika pankreas berperan penting dalam sistem kelenjar pencernaan.

Pankreas merupakan kelenjar ganda yang bersifat sebagai eksokrin dan endokrin. Sebagai kelenjar majemuk bertandan, memiliki struktur yang hampir mirip dengan ludah. Memiliki ukuran panjang sekitar 15 cm mulai dari duodenum hingga limpa.

Pankreas terletak pada bagian belakang lambung dan letaknya melintang pada dinding posterior abdomen. Kepala pankreas yang lebar ini terdapat pada bagian kanan rongga abdomen.

Struktur dan Fungsi Pankreas pada Manusia

Sebelum memahami fungsi dari pankreas, ada baiknya untuk mempelajari struktur atau bagian dari pankreas. Berikut adalah strukturnya

Kepala Pankreas

Bagian ini biasanya terkenal dengan sebutan kepala pankreas. Kepala ini terlihat menempel pada organ usus halus. Ciri utama dari kepala pankreas adalah bentuknya yang luas.

Leher Pankreas

Berikutnya ada leher pankreas yang memiliki ukuran panjang sekitar 2,5 cm. Letak dari leher pankreas ini berada antara kepala dan badan pankreas.

Baca Juga: Struktur Ginjal dan Fungsinya Sebagai Penyaring Darah

Badan Pankreas

Bagian ini merupakan organ yang berada antara leher dan ekor pankreas. Ini merupakan organ yang terpenting pada organ pankreas.

Ekor Pankreas

Struktur dan fungsi pankreas merupakan bagian runcing yang berada pada bagian perut sebelah kiri. Bagian ini merupakan struktur terakhir pada pankreas.

Saluran Pankreas

Struktur ini menyatu dengan duktus koledokus atau saluran empedu dan bermuara pada usus 12 jari. Saluran ini bisa mengeluarkan enzim dari pankreas. Enzim ini berfungsi untuk membantu sistem pencernaan.

Fungsi Pankreas

Ada dua fungsi utama pada pankreas, yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin. Berikut adalah pembagian fungsi pankreas dalam dua poin utama:

Sebagai Organ Endoktrin

Fungsi pankreas sebagai organ endokrin ini melepaskan hormon ke dalam darah. Berguna untuk mengatur keseimbangan dan mendukung fungsi tubuh. Tentunya juga akan berkaitan dengan eksokrin yang mengumpulkan sel pada langerhans.

Setiap sel ini akan menghasilkan hormon yang berbeda. Pada struktur dan fungsi pankreas ini ada empat sel utama pada langerhans pankreas. Hormon tersebut yaitu glukagon, insulin, somatostatin, dan polipeptida pankreas.

Glukagon merupakan hormon yang berasal dari sel alpha pankreas. Biasanya berguna untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Insulin merupakan hormon yang berasal dari sel beta pankreas, berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

Berikutnya ada somatostatin yang berasal dari sel delta dan berfungsi untuk mengatur aktivitas sel alfa dan beta. Yang terakhir ada polipeptida pankreas yang berasal dari sel gama. Memiliki fungsi untuk mengatur tingkat pencernaan makanan.

Baca Juga: Fungsi Email Gigi Sebagai Struktur Pelindung yang Perlu Diketahui

Sebagai Organ Eksokrin

Fungsi pankreas sebagai organ eksokrin, yaitu untuk mengirimkan enzim melalui saluran khusus. Nantinya akan menuju ke permukaan bagian dalam atau luar tubuh. Produk dari organ ini tidak melewati pembuluh darah.

Struktur dan fungsi pankreas juga berperan penting dalam sistem pencernaan tubuh. Organ yang terlibat antara lain adalah sel asinar. Sel ini mampu menghasilkan enzim dan berbagai komponen dengan fungsi yang berbeda pada permukaan usus halus.

Saat makanan masuk tubuh, maka perut akan mencernanya, lalu masuk ke usus kecil. Untuk bisa mencerna makanan dengan sempurna, membutuhkan yang namanya hormon cholecystokinin. Hormon ini akan merangsang pankreas untuk melepaskan semua produknya.

Secara umum struktur dan fungsi pankreas sebagai eksokrin adalah untuk menetralkan pH pada makanan yang masuk ke duodenum. Saat masuk ini, makanan dalam keadaan basa. Sebab makanan yang bersifat asam akan membuat enzim pada pankreas tidak berfungsi.

Mampu menghasilkan enzim yang mencerna makanan yang masuk ke usus halus. Enzim ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana.

Nantinya enzim yang berasal dari pankreas akan keluar melalui duktus pankreatikus. Lalu getah pankreas atau enzim akan melalui proses pengasinan oleh kumpulan sel pankreas.

Itulah struktur dan fungsi pankreas yang berperan dalam proses pencernaan bagi tubuh manusia. Dalam hal ini, perlu menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit yang bisa menyebabkan terganggunya kerja fungsi pankreas. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kesehatan selalu terjaga. (R10/HR Online)