Struktur Rambut Manusia Beserta Fase Pertumbuhan dan Fungsinya

Struktur Rambut Manusia Beserta Fase Pertumbuhan dan Fungsinya
Ilustrasi. Struktur Rambut Manusia. Foto Istimewa.

Struktur rambut manusia merupakan bagian dari tubuh manusia. Walaupun rambut hanya terlihat tipis, tetapi memiliki struktur yang cukup banyak. Rambut juga berperan penting dalam tubuh seseorang.

Rambut adalah bagian tubuh manusia yang berbentuk seperti helaian benang. Bagian tubuh ini tumbuh pada kulit yang mengandung banyak keratin. Rambut akan muncul pada lapisan epidermis atas.

Walaupun hanya tipis, rambut memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia. Misalnya pada alis, rambut berfungsi sebagai penahan keringat agar tidak jatuh ke mata. Dengan begitu, setipis apapun rambut, jangan menyepelekannya.

Struktur Rambut Manusia

Rambut tersusun dari batang dan akar rambut. Batang rambut merupakan bagian yang berada di luar kulit. Berikut adalah struktur atau anatomi rambut pada manusia:

Akar Rambut

Bagian akar rambut ini tertanam pada kulit manusia. Akar rambut terbagi dalam lima bagian, berupa bulp, papil rambut, melanosit, otot penegak rambut, dan matrix.

Bulp

Merupakan bagian pangkal rambut yang membesar. Bentuknya seperti bola yang berfungsi sebagai pelindung papil rambut. Sehingga bisa lebih aman dan tidak mudah rontok.

Baca Juga: Struktur Sel Prokariotik, Makhluk Hidup yang Tidak Memiliki Membran Inti

Papil Rambut

Merupakan bagian dari struktur rambut manusia yang terlindungi oleh bulp. Letaknya berada paling bawah dari follicle rambut. Papil berasal dari kumpulan sel kulit jangat dan kulit ari.

Melanosit

Struktur ini merupakan sel yang menghasilkan pigmen atau zat pewarna. Pigmen ini nantinya akan menyebar hingga ke medulla rambut. Letak dari melanosit berada pada antara sel papil.

Folikel Rambut

Bagian ini berupa kantong rambut sebagai tempat tumbuhnya rambut. Kantong ini tersusun dari lapisan luar dan lapisan dalam. Lapisan bagian dalam ini berasal dari sel epidermis dan bagian luarnya berasal dari sel dermis.

Baca Juga: Struktur Kuku Manusia Beserta Fungsi dalam Proses Pembentukannya

Matrix

Struktur ini merupakan umbi rambut atau bagian yang subur. Memiliki fungsi sebagai pertumbuhan bagi rambut.

Lapisan Batang Rambut

Struktur rambut manusia berikutnya adalah lapisan batang. Lapisan ini terbagi atas tiga susunan, sebagai berikut:

Cuticula

Lapisan ini memiliki bentuk seperti sisik ikan. Fungsi dari lapisan cuticula adalah sebagai pelindung lapisan rambut. Cuticula disebut juga sebagai selaput ari yang merupakan pelindung dari kepala dan rambut.

Cortex

Bagian ini merupakan rambut yang sangat besar. Berada pada bawah lapisan cuticula yang memiliki fungsi sebagai lapisan yang menentukan warna. Sebab lapisan ini mengandung banyak pigmen atau zat warna rambut.

Baca Juga: Struktur Hidung Manusia dan Fungsi Anatomi yang Penting untuk Diketahui

Medulla

Merupakan bagian tengah dari batang rambut. Biasanya memiliki nama lain berupa sumsum rambut.

Siklus Pertumbuhan Rambut

Setelah memahami struktur rambut manusia, kini saatnya beralih ke siklus pertumbuhan rambut. Siklus ini terbagi atas tiga jenis, sebagai berikut:

Fase Anagen

Merupakan fase pertumbuhan sel matriks melalui mitosis. Nantinya akan membentuk sel baru yang mendorong sel yang lebih tua ke atas. Lama fase ini berkisar antara 2-6 tahun dengan kecepatan tumbuh 0,35 mm.

Fase Katagen

Jenis ini merupakan fase peralihan yang berawal dari penebalan jaringan ikat pada sekitar folikel rambut. Bagian tengah akar rambut akan menyempit dan bagian bawahnya melebar. Selanjutnya akan mengalami pertandukan, sehingga terbentuklah sebuah gada.

Masa Telogen

Merupakan masa istirahat yang berawal dan memendeknya sel epitel. Bentuknya seperti tunas kecil yang akan membuat rambut baru. Nantinya rambut gada akan terdorong maju dan lamanya masa ini adalah 1000 hari.

Fungsi Rambut

Selain struktur rambut manusia yang banyak, fungsi dari rambut juga banyak. Berikut adalah fungsi rambut:

Rambut Sebagai Pengalih Air dan Keringat

Ternyata rambut mampu menyerap keringat yang ada pada kulit manusia. Hal ini memberikan banyak manfaat, misalnya mencegah iritasi akibat gesekan keringat. Sehingga bagian tubuh tertentu akan bisa cepat kering dan terlindungi.

Rambut Sebagai Pelindung

Inilah fungsi utama dari rambut yaitu sebagai pelindung kepala. Rambut yang subur akan meminimalisir akibat beragam gesekan dan juga benturan. Tak hanya itu, rambut juga melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan angin.

Rambut Sebagai Penghangat Tubuh

Selain untuk melindungi tubuh dari gesekan, rambut juga bisa sebagai penghangat tubuh. Ini adalah sebuah indikator alami yang menjaga kestabilan suhu kulit kepala. Dengan begitu, kepala akan lebih aman dan terjaga.

Itulah struktur rambut manusia beserta fungsi dan fase pertumbuhannya. Jaga kesehatan rambut agar tetap sehat dan selalu berfungsi dengan baik. (R10/HR Online)

Editor: Jujang