Suami Istri di Ciamis Ikut Bersaing Rebut Kursi Kades

Suami Istri di Ciamis Ikut Bersaing Rebut Kursi Kades
Pilkades Serentak di Ciamis tahun ini diikuti oleh suami istri dan ayah anak yang saling berebut kursi menjadi kepala desa. Foto : Ferry Ramdani/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ciamis benar-benar unik. Selain ayah dan anak saling bersaing, pilkades tahun ini juga diramaikan dengan calon kandidat pasangan suami istri (Pasutri).

Adapun calon pasutri yang bersaing dalam bursa kepala desa tersebut, yakni Haerudin dan Yuliani. Keduanya ini berebut kursi kepala Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Selain itu, calon kades suami istri lainnya yang ikut meramaikan pilkades serentak tahun ini, adalah Nana Juhana dan Dian Rahmawati. Keduanya ikut bursa Kades Jagabaya, Kecamatan Panawangan.

Kepala Bidang Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Risa Sugara, mengatakan, Pilkades Serentak di Kabupaten Ciamis ada 3 pasangan calon kandidat yang masih satu keluarga.

“Ketiga calon tersebut tersebar di 3 desa dan 3 kecamatan. Ada yang ayah dan anak, dan ada juga pasangan suami istri yang bersaing dalam pilkades serentak tahun 2020,” katanya kepada HR Online, Sabtu (19/12/2020).

Lebih lanjut Risa menuturkan, meskipun pasangan calon kandidat itu dari satu keluarga, tapi pilkades tetap saja sah selama masih mengikuti aturan yang berlaku.

“Suami istri atau ayah anak ikut Pilkades sah-sah saja. Kalau calonnya tunggal itu baru tidak bisa. Oleh karena itu, mungkin masyarakat tahu kalau calonnya cuma satu tidak bisa melaksanakan pilkades. Maka solusinya, keluarga tersebut harus ada juga yang ikut nyalon,” tuturnya.

Sementara itu, Calon Kepala Desa Bandasari, Kecamatan Sadananya, Jalil Kurdiana mengaku, tidak menyangka akan bersaing dengan anaknya sendiri.

“Meskipun kita bersaing, namun tetap menjaga tali silaturahmi dengan baik antara ayah dan anak. Akan tetapi, siapapun yang terpilih nanti, saya harap mampu membawa desanya lebih maju dan lebih baik lagi kedepannya,” singkatnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto