Sungai Cipamutih Ciamis Meluap, Jalan Penghubung Antar Desa Putus

Sungai Cipamutih Ciamis, tepatnya di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, meluap hingga memutus jalan penghubung antar desa. Foto: Suherman/HR.
Sungai Cipamutih Ciamis, tepatnya di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, meluap hingga memutus jalan penghubung antar desa. Foto: Suherman/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sungai Cipamutih Ciamis, tepatnya di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meluap dan banjir hingga memutus jalan penghubung antar desa. Meluapnya sungai tersebut akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Senin (14/12/2020) sore.

Perangkat Desa Neglasari, Taopik, saat dihubungi HR Online via WhatsApp-nya, membenarkan bahwa air Sungai Cipamutih Ciamis, tepatnya di Dusun Cigamping, Kecamatan Pamarican, meluap dan menutup akses jalan penghubung antar desa.

“Ia benar, air Sungai cipamutih saat ini meluap hingga masuk ke jalan menuju Desa Sukajaya. Akibatnya kendaraan tidak bisa lewat jalur itu,” terangnya.

Lanjut Taopik, meluapnya Sungai Cipamutih tersebut akibat curah hujan yang tinggi, sehingga air meluap kemudian masuk ke lokasi pemukiman warga.

Baca Juga : Sungai Meluap, Warga Bolenglang Ciamis Waspada Banjir

Ia menyebutkan, saat ini ada tiga rumah warga yang terancam terkena karena lokasinya berada pada dataran rendah. Sedangkan, pemukiman lainnya aman lantaran lokasinya berada pada dataran yang lebih tinggi.

“Meski begitu, kami tetap mengimbau kepada warga, khususnya warga Cigamping, agar selalu waspada, mengingat intensitas hujan masih berlangsung,” kata Taopik.

Ia juga mengatakan, saat ini akses jalan penghubung antar desa itu terpaksa harus dialihkan melalui jalur lain. Jadi, bagi warga dari Desa Neglasari yang akan menuju Desa Sukajaya atau Ciparay Cidolog itu harus melalui jalur jedah Desa Sukajaya.

“Begitupun sebaliknya, karena sekarang jalur Cipamutih di Cigamping tengah terjadi luapan air Sungai Cipamutih,” jelasnya. (Suherman/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah