Tanah Longsor di Jajawar Kota Banjar Tutup Akses Warga

Tanah longsor
Petugas saat mengevakuasi tanah longsor di Jajawar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, pada Senin (14/12/20) sore tidak hanya menyebabkan rumah warga jebol, tapi juga menyebabkan tanah longsor di Desa Jajawar hingga menutup akses jalan warga.

Akibatnya, jalan penghubung antara Desa Cibeureum dan Desa Jajawar pun tutup sementara waktu untuk proses evakuasi.

Menurut keterangan salah seorang anggota BPBD Kota Banjar, Uman Suhaman, dari informasi warga kepada BPBD, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

Saat itu, kata Uman, hujan turun sangat deras dari sore hari tiba-tiba tanah dari tebing di tanjakan Cipancur longsor dan menutupi badan jalan.

“Kemungkinan karena tebing itu tidak kuat menahan guyuran hujan deras, kemudian terjadi longsor,” ujar Uman kepada HR Online, Selasa (15/12/20) dini hari.

Baca juga: Polres Banjar Tangkap Maling Laptop, 2 Orang Masih Buron

Sampai saat ini, kata Uman, tim petugas BPBD bersama sejumlah relawan serta TNI-Polri masih melakukan proses evakuasi membersihkan material longsoran tanah menggunakan alat manual.

Selain itu, selama proses evakuasi ini berlangsung jalan akses penghubung dua Desa tersebut pihaknya sementara waktu menutup sampai proses evakuasi selesai.

“Rencannya malam ini juga tim akan menyelesaikan proses evakuasi agar besok pagi akses jalan agar warga bisa lewat,” ujar Uman.

Ia menambahkan, selain musibah tanah longsor, hujan deras pada hari ini juga menyebabkan pohon tumbang yang ada di kawasan Jalan Brigjen Brigjen M. Isa, RT 28/23, lingkungan Siluman, Kelurahan Purwaharja.

Saat kejadian pohon tumbang tersebut juga tidak ada warga dan pengendara yang melintas karena kondisi jalan sepi sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsoran tanah dan pohon tumbang ini. Tim petugas juga sudah langsung melakukan evakuasi di lokasi kejadian,” imbuhnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)