Tas Jinjing Kain, 4 Tips Merawatnya Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tas Jinjing Kain, 4 Tips Merawatnya Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi tas jinjing kain. Foto: Ist/Net

Tas jinjing kain mampu menemani aktivitas sehari-hari untuk membuat tampilan semakin maksimal. Namun, untuk membuatnya tetap awet dan tahan lama, anda perlu memberikan perawatan secara rutin.

Mengingat fungsinya yang cukup penting, membuat aksesoris yang satu ini selalu banyak peminatnya. Bahkan hampir semua orang mengenakannya untuk berbagai aktivitas.

Tas hadir dengan berbagai macam, mulai dari jenis, ukuran, model, bahan, hingga harganya. Maka dari itu, anda bisa mengenakannya pada setiap kesempatan.

Fungsi utama aksesoris yang satu ini yaitu untuk menyimpan barang bawaan saat anda pergi. Namun, di sisi lain aksesoris yang satu ini justru mampu membuat gaya penampilan semakin oke.

Salah satu yang sedang populer saat ini yaitu tas bahan kain. Banyak sekali desain yang terbuat dari material kain dalam pembuatan item fashion yang satu ini.

Tas jinjing kain menjadi pilihan tepat karena simpel dan mudah dalam merawatnya. Perawatan semua barang yang anda miliki tentu akan berpengaruh pada keawetannya.

Jika terawat, tas akan lebih awet dan tahan lama. Namun, jika tidak terawat, meski harganya mahal, akan mudah rusak dan penampilan pun tidak menarik.

Baca Juga : Model Tas Rajutan Tangan, Hadir dengan Aksen Warna Menarik

Meski terbuat dari kain, anda dapat mengenakannya untuk berbagai aktivitas. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga aktivitas olahraga. Anda bisa mengenakannya karena simpel dan membantu anda membawa barang bawaan.

Tips Perawatan Tas Jinjing Kain

Salah satu item fashion yang tidak bisa tertinggal yaitu tas. Aksesoris ini memang menjadi pelengkap setiap anda akan bepergian. Dengan model dan jenisnya yang banyak, membuat kebutuhan tas semakin terpenuhi.

Kini bahan pembuatannya pun semakin beragam, salah satunya bahan kain. Tas bahan kain memang terkenal simpel dan mudah dalam perawatannya.

Tas jinjing menjadi item fashion yang sering sekali menemani berbagai aktivitas. Karena sering dikenakan, tentu item fashion yang satu ini akan mudah kotor.

Untuk perawatannya pun cukup mudah. Hal ini bisa anda lakukan sendiri di rumah. Sehingga saat anda kenakan dan kotor, bisa segera membersihkannya.

Bahan kain memang memiliki tekstur yang mudah membuat kotoran menempel sehingga anda harus rajin-rajin membersihkannya. Berikut ini ada beberapa tips mudah dan aman cara membersihkan tas dari bahan kain.

Baca Juga : Model Tas Laptop Wanita yang Stylis dan Fungsional

1. Bersihkan Bagian yang Kotor

Tas jinjing kain memang simpel dan mudah untuk anda bawa beraktivitas. Agar penampilannya tetap terlihat bagus dan menawan, sebaiknya bersihkan dari kotoran yang menempel.

Caranya mudah, cukup bersihkan noda yang menempel sebelum anda mencuci secara keseluruhan. Anda bisa gunakan sikat gigi atau lap yang telah tercampur air dan detergen.

Gosok hingga bersih lalu bilas dengan air bersih. Pastikan noda benar-benar hilang. Jika perlu, anda bisa melakukannya berulang-ulang.

2. Cuci dengan Detergen

Cara mencuci tas jinjing kain berikutnya yaitu menggunakan detergen. Anda bisa mencucinya sendiri dengan cara campurkan air dengan detergen dalam bak.

Masukkan tas hingga terendam seluruhnya. Diamkan beberapa saat hingga kotoran terangkat. Jika noda membandel tidak bisa terangkat, gunakan bantuan sikat gigi dan gosok secara perlahan.

Baca Juga : Tas Remaja Kekinian, Model Menarik Trend Fashion Masa Kini

3. Perhatikan Label Instruksi

Merawat tas jinjing kain juga perlu lihat label instruksinya. Sebab, setiap produk yang terbuat dari bahan kain memiliki label cara membersihkannya masing-masing.

Perhatikan label yang terdapat dalam tas. Pada tempat tersebut pada umumnya terdapat tips perawatannya. Proses membersihkan dan mencuci tas kain tidak kalah berbeda dengan kanvas.

4. Buka Semua Bagian Tersembunyi

Agar tas kain bisa bersih sempurna, anda juga perlu membersihkan semua bagian hingga yang tersembunyi. Sebab, sifatnya yang fleksibel membuat anda lebih mudah membuka semua lipatan.

Tempat-tempat tersebut berpotensi terdapat kotoran dan debu yang mengendap. Balik semua bagian dalam tas keluar sehingga bisa anda bersihkan semuanya. Anda bisa gunakan sikat lembut untuk menyeka debu dan kotoran yang menempel.

Setiap tas terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Cara perawatannya pun berbeda. Begitu juga dengan bahan kain. Meski simpel, namun material yang satu ini akan mudah terkena kotoran.

Tas jinjing kain menjadi salah satu yang banyak penggunanya. Jika anda menggunakan item fashion yang satu ini, berikan perawatan yang tepat untuk tetap menjaga keawetannya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah