Tips Awet Muda yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Tips Awet Muda
Ilustrasi tips awet muda. Foto: Net/Ist

Tips awet muda yang baik dan sehat mungkin bisa membantu Anda dengan aman. Awet muda tentunya jadi idaman banyak orang, tapi mungkin tidak semuanya orang melakukan dengan tepat.

Penuaan sendiri merupakan proses alami tubuh dan sudah menjadi kenyataan yang sebenarnya tidak terbantahkan karena semua orang akan menua.

Pencegahan penuaan pada dasarnya bukan mencegah diri menjadi tua, melainkan lebih kepada merawat diri dengan baik sehingga mengurangi kerusakan sel.

Kerusakan pada sel merupakan salah satu penyebab penuaan kulit, sehingga dengan merawatnya tubuh bisa terlihat lebih muda.

Banyak tips awet muda dan banyak juga yang menganjurkan caranya. Hanya saja, seperti kata Donna B. Fedus, MA. seorang ahli gerontologi cara terbaik adalah dengan merawat diri.

Ia mengatakan tentang bagaimana kita menjadi muda dengan cara yang tepat dan aman adalah bagaimana merawat diri dan tubuh tetap sehat.

“Semakin sehat Anda, semakin Aktif Anda, yang akan memungkinkan Anda pergi ke berbagai tempat, melakukan banyak hal dan terlibat dalam hidup.” Kata Fedus merupakan hal terbaik untuk tetap muda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata, Gunakan Sendok hingga Kantung Teh

Tips Awet Muda

Sesuai dengan anjuran Fedus, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan tapi tetap aman dan bisa Anda lakukan sehari-hari.

Tidur yang Cukup

Tidur merupakan kegiatan sehari-hari yang banyak orang lakukan, hanya saja masih banyak yang kurang memperhatikan tidurnya.

Selain kurang mendapat perhatian, mungkin banyak faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami masalah tidur, seperti insomnia atau tidur tidak teratur.

Padahal ketika menginginkan tubuh lebih sehat, tidur yang cukup merupakan bagian tips awet muda yang sangat sederhana.

Minum Air yang Cukup

Hampir semua fungsi dalam tubuh manusia memerlukan air untuk tetap bekerja, sehingga banyak ahli Kesehatan yang menyarankan tetap menjaga asupan air minum.

Dengan tetap meminum air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa mencegah berbagai penyakit.

Kemudian, minum air juga termasuk cara sehari-hari yang dapat membantu kita tetap bugar dan awet muda.

Mengontrol Penggunaan Ponsel

Tips awet muda selanjutnya adalah mengontrol penggunaan ponsel karena hal ini berhubungan dengan kecemasan atau tingkat stress seseorang.

Berdasarkan sebuah artikel UC Healt Today, kebiasaan mayoritas orang amerika memeriksa ponsel sebanyak 100 hingga 150 kali.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, saat seseorang banyak menghabiskan waktu bersama ponselnya dapat menyebabkan gejala cemas.

Cemas dan stress merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap penuaan, sehingga mengontrol penggunaan ponsel bisa membantu tetap awet muda.

Jangan Terlalu Banyak Bersantai

Bersantai mungkin sesuatu yang menyenangkan, apalagi ketik sedang merasa cemas atau stress, tapi terlalu banyak bersantai ternyata bedampak buruk pada tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian American Journal of Epidemiology, perbedaan yang signifikan antara wanita aktif dan yang lebih banyak bersantai.

Wanita yang lebih banyak duduk secara biologis mengalami penuaan dini, bahkan hingga 8 tahun lebih tua dibandingkan wanita yang aktif melakukan Latihan-latihan dampak rendah.

Oleh karena itu, dengan tetap beraktivitas meskipun ringan bisa menjadi tips awet muda yang efektif dan sederhana.

Memakan Buah dan Sayur

Sudah banyak orang mengetahui kalau buah dan sayur adalah makanan yang penting untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat.

Tapi, lebih dari itu ternyata buah dan sayur juga banyak berkontribusi untuk mecegah penuaan bahkan merupakan bagian terpenting

Terus Aktif Belajar

Kali ini masih menurut Donna B. Fedus, dengan tetap belajar bisa membantu kita tetap awet muda dan membawa tubuh serta fikiran kepada hal-hal yang positif.

Ia mengatakan, belajar tidak hanya selalu di dalam kelas, banyak tempat yang dapat dijadikan tempat belajar bahkan sesuai dengan hobi dan kemampuan.

“Anda juga bisa terus belajar di kelompok buku, membaca buku sendiri, di club film atau mengunjungi museum,” kata fedus dapat menjadi salah satu tips awet muda.

Baca juga: Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Dengan Bahan Alami

Bergaul dengan Orang-orang Positif

Menurut sebuah artikel di Mayo Clinic, bergaul dengan orang negatif dapat mingkatkan stress atau bahkan dapat menjadikan kita ragu pada kemampuan kita.

Hal-hal yang bisa menyebabkan itu seperti mengeluh, bergosip dan menghakimi bisa mempengaruhi tingkat stress sehingga akhirnya berpengaruh terhadap penuaan.

Oleh karena itu, tips awet muda selanjutnya adalah dengan berusaha bergaul dengan orang-orang positif yang dapat berpengaruh terhadap hidup kita.

Tips awet muda tersebut merupakan kegiatan harian yang sebenarnya sangat berpengaruh terhadap peroses penuaan, maka dengan itu kita bisa tetap awet muda dengan sehat dan aman. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid