Tumbuhkan Jiwa Korsa, Satlinmas di Kota Banjar Digenjot Latihan Fisik

Tumbuhkan Jiwa Korsa, Satlinmas di Kota Banjar Digenjot Pelatihan Fisik
Pembinaan fisik Satlinmas di Kelurahan Bojongkantong. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Puluhan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Bojongkantong, Kota Banjar, Jawa Barat, mengikuti pembinaan dan pelatihan fisik, di Lapangan Pasiranji, Jumat (4/12/2020).

Puluhan anggota Satlinmas tersebut digenjot dengan latihan fisik oleh Tribina Kelurahan Bojongkantong, terdiri Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol-PP.

Salah seorang petugas pembinaan yang juga Babinsa Kelurahan Bojongkantong, Peltu. Taryono, mengatakan, sedikitnya ada 48 anggota Satlinmas yang mengikuti pembinaan dan pelatihan fisik.

Adapun latihan fisik yang diperagakan berupa senam, lari mengitari lapangan, push up, adu ketangkasan, kekompakan anggota dan baris berbaris.

“Pembinaan dan pelatihan fisik ini, untuk membentuk kebersamaan kekompakan dan menumbuhkan jiwa korsa anggota linmas,” ujar Peltu Taryono kepada HR Online, Sabtu (5/12/2020).

Terpisah, Kepala Bidang Linmas Dinas Satpol-PP Kota Banjar, Atang Budiman, mengatakan, pembinaaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas.

Hanya saja, untuk teknis pelaksanaannya, dilakukan oleh setiap masing-masing desa/kelurahan. Selain itu, waktunya juga berbeda-beda, tergantung pihak pelaksana kegiatan.

“Untuk pelatihan itu hanya tingkat kelurahan/desa dengan peserta terbatas. Kalau tingkat kota, kami kemarin secara virtual saja,” kata Budi.

Lebih lanjut mengenai honor anggota Linmas, Budi mengatakan, anggota Satlinmas sejauh ini berjalan lancar. Setiap anggota mendapatkan honor sebesar Rp 160 ribu per bulannya.

Adapun rencana kenaikan honor untuk Satlinmas pada tahun 2021 mendatang, kata Budi, pihaknya mengusahakan adanya kenaikan. Namun, meski menurutnya untuk realisasinya berat, mengingat situasi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Sekarang situasinya kan masih pandemi. Anggaran yang ada saja banyak yang terkena refocusing, tapi nanti kita upayakan,” ujar Budi.

Namun demikian, ia berharap melalui pembinaan dan pelatihan fisik secara rutin tersebut, para anggota Satlinmas dapat meningkatkan peran aktif mereka di lingkungan masyarakat.

“Anggota linmas harus ikut berperan di masyarakat terutama membantu penanganan kebencanaan dan pengamanan lingkungan,” imbuhannya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto