Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BisnisUsaha Minuman Teh Khas Indonesia, Bisnis Sambil Mengharumkan Bangsa

Usaha Minuman Teh Khas Indonesia, Bisnis Sambil Mengharumkan Bangsa

Usaha minuman teh termasuk jenis peluang bisnis yang menjanjikan. Termasuk jenis teh khas Indonesia yang jika terkenal dapat ikut mengangkat nama harum bangsa. Dari teh melati, teh telang, hingga jenis teh bunga dandelion.

Teh merupakan jenis minuman yang wajib ada dalam berbagai kesempatan. Bahkan tak sedikit kedai kopi atau warung makan yang penjualan teh-nya bisa melebihi penjualan menu utamanya.

Kenyataan ini menunjukkan bahwa peluang bisnis teh tidak pernah surut. Tertarik mencoba? Sebelum mencoba bisnis ini Anda harus memahami dulu ragam jenis dan proses pembuatan teh.

Jenis Usaha Minuman Teh

Mungkin selama ini sebagian orang hanya mengetahui bahwa teh berasal dari daun, namun ternyata teh juga ada berbagai macam, termasuk yang berasal dari rempah-rempah dan bunga.

Nah untuk Anda yang tertarik bisnis minuman ini, berikut ini berbagai jenis minuman teh yang bisa Anda bisniskan. Usaha minuman teh khas Indonesia yang sangat menjanjikan dan masih minim saingan.

Baca Juga: Usaha Thai Tea, Franchise Minuman Murah yang Sedang Hits

Teh Bunga Dandelion

Sesuai dengan namanya, teh dandelion merupakan minuman hasil ekstrak dari akar dan batang dandelion. Banyak kandungan nutrisi dalam tanaman ini, seperti flavonoid, sterol, karotenoid, vitamin, dan mineral.

Teh favorit artis Miranda Kerr ini juga ampuh dalam melancarkan fungsi hati dalam memproduksi empedu. Sifat diuretik dalam minuman ini bermanfaat dalam menurunkan berat badan, mengobati sembelit, dan penyakit batu ginjal.

Selain itu, minuman ini juga mengandung kalsium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang maupun menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Teh Mawar

Indonesia terkenal dengan bunga mawar. Bunga ini tidak hanya cantik untuk dekorasi ruangan namun juga efektif untuk mengatasi berbagai penyakit khususnya yang mempengaruhi pernafasan, seperti bronkitis atau masuk angin.

Usaha minuman teh mawar juga akan memberikan manfaat dalam menghalau dahak yang mengganggu. Untuk Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih juga bisa minum teh ini sebagai menu diet.

Untuk Anda yang menderita insomnia juga perlu mencoba mengonsumsi minuman ini sebelum tidur. Selain akan membuat Anda tidur lebih nyenyak Anda juga akan merasakan manfaat lainnya seperti mengatasi perut kembung, kram, dan sembelit.

Baca Juga: Usaha Boba Milk Tea, Bisnis Minuman Kekinian yang Sedang Tren

Teh Lavender

Jenis usaha minuman teh yang juga menjanjikan adalah dengan teh lavender. Selain cantik, bunga berwarna ungu yang langka ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain untuk mengusir nyamuk.

Minuman teh ini juga berkhasiat untuk mengatasi lelah akibat stres, menyembuhkan sakit perut dan sakit kepala. Kandungan antioksidan dan senyawa volatil dalam teh ini juga efektif menangkal radikal bebas.

Meskipun tidak sepopuler teh hijau yang terkenal, minuman ini juga berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah, merelaksasikan tubuh, dan mengatasi gangguan tidur.

Teh Telang

Ingin menjalankan usaha minuman teh? Coba saja menu teh bunga telang yang terkenal khasiatnya untuk mengatasi sakit maag dan melegakan tenggorokan. Minuman ini juga berkhasiat meningkatkan kesehatan rambut, mata, dan kesuburan wanita.

Tanaman telang juga mengandung bioflavonoid yang ampuh mengatasi uban. Begitu juga kandungan antioksidannya yang mampu merangsang produksi kolagen dan elastin yang penting dalam meremajakan kulit dan menghilangkan penuaan dini.

Mengonsumsi teh telang juga mampu meredakan dan mengurangi stres dan kecemasan. Yang tak kalah menarik, kandungan minuman ini juga bersifat anti asma berperan sebagai ekspektoran dalam mengatasi gangguan iritasi pada organ pernafasan.

Baca Juga: Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan dan Tak Mengenal Musim

Teh Melati

Bunga melati juga potensial untuk usaha minuman teh. Minuman ini kabarnya efektif untuk mencegah berbagai penyakit, seperti memperbaiki sistem pencernaan maupun menangkal kanker dan diabetes.

Bunga ini juga banyak mengandung antioksidan yang berkhasiat dalam mencegah radikal bebas dan mengatasi gangguan kulit. Bahkan menghirup aroma melati saja memberikan efek relaksasi yang bisa menghilangkan stres.

Teh Hibiskus

Hibiskus lebih populer dengan nama tanaman kembang sepatu. Tanaman berbunga merah yang merekah ini ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Seperti untuk mengatasi masuk angin, demam, dan flu.

Minum teh hibiskus juga bermanfaat karena kandungannya yang bersifat anti tumor dan antioksidan. Minuman ini juga berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi maupun meredakan sensasi panas pada wanita menopause.

Itulah berbagai jenis minuman teh yang sangat potensial untuk menjadi lahan bisnis. Selai untuk meraup keuntungan, menjalankan usaha minuman teh khas Nusantara ini akan memberikan manfaat kesehatan dan mengharumkan nama bangsa. (R11/HR Online)