Waktu Ganti Busi Motor, Kenali Ciri-Ciri Penyebab Kerusakan

Waktu Ganti Busi Motor, Kenali Ciri-Ciri Penyebab Kerusakan
Ilustrasi waktu ganti busi motor. Foto: autosonthe

Waktu ganti busi motor yang tepat yaitu ketika sudah digunakan untuk berkendara dalam jarak tempuh 6 ribu km. Namun, ketika anda periksa kondisinya sudah aus, tentu perlu segera ganti dengan yang baru.

Sebab, komponen ini memiliki peranan yang cukup penting pada kendaraan. Busi menjadi salah satu komponen yang terdapat pada kendaraan roda dua.

Jika komponen tersebut bermasalah, tentu kendaraan tidak bisa nyala. Karena fungsinya yang cukup penting, anda perlu memberikan perawatan dan penggantian yang tepat.

Baca Juga : Waktu Ganti Filter Oli, Pahami Sebelum Mesin Terjadi Kerusakan

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda harus bisa melakukan pengecekan secara berkala. Jika tidak, anda juga bisa menggantinya setelah dua kali ganti oli.

Peranannya cukup penting, maka perlu penggantian secara berkala. Fungsi utama komponen tersebut yaitu menghasilkan pengapian dalam mesin motor.

Ada dua faktor yang berpengaruh pada penggantian busi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Keduanya yaitu tingkat kerusakan dan kilometer pemakaian.

Perlu diketahui sebelum penggantian, busi ada 3 macam yang beredar di pasaran. Ketiganya memiliki fungsi yang sama jenisnya, antara lain busi tanpa logam, logam mulia tunggal, dan logam mulia ganda.

Ketiganya memiliki waktu yang berbeda-beda. Seiring penggunaan yang terjadi, tentu keausan akan semakin mudah. Semua bisa anda sesuaikan dengan kondisi komponen. Maka dari itu, selalu memberikan perawatan pada semua komponen kendaraan adalah wajib adanya.

Waktu Ganti Busi Motor yang Tepat

Setiap komponen kendaraan tentu memiliki fungsi yang berbeda. Namun, semua komponen tersebut fungsinya saling berkaitan. Begitu juga dengan busi sepeda motor yang memiliki fungsi cukup penting.

Peranannya sebagai pematik bunga api dalam ruang bakar mesin. Meski bentuknya kecil, namun anda harus tetap memperhatikannya.

Adanya pengapian dari busi sehingga campuran udara dan bahan bakar menggerakkan piston sesuai perintah. Karena itu,anda harus bisa memperhatikannya.

Sebab, jika tidak, justru akan berpengaruh pada kinerja mesin. Bahkan busi tersebut tidak lagi mampu mengeluarkan percikan api dengan sempurna.

Selain dua faktor yang berpengaruh, tentu perawatan menjadi peranan yang cukup penting. Selain itu, anda juga bisa mengenali beberapa kendala yang bisa terjadi. Ada beberapa ciri yang bisa anda gunakan untuk mengetahuinya.

Motor Sulit Dihidupkan

Waktu ganti busi motor, perlu anda pahami juga kondisinya. Namun, ada juga ciri-ciri busi perlu segera anda ganti, yaitu kendaraan sulit dinyalakan.

Bahkan menggunakan elektrik starter atau kick starter tetap tidak akan menyala. Hal ini terjadi karena busi tidak lagi mampu menghasilkan percikan api dalam ruang bahan bakar.

Berhenti Sesaat

Waktu ganti busi motor selanjutnya juga bisa anda kenali ketika timbul gejala kendaraan berhenti sesaat. Hal ini bisa terjadi karena percikan api dalam ruang bakar tidak maksimal.

Baca Juga : Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin, Pemilihan BBM yang Tidak Tepat

Penyebab yang terjadi yaitu kinerja busi yang menurun. Anda bisa mencoba untuk menaikkan gas lebih sedikit sehingga mesin kembali seperti semula.

Adanya Surging

Surging merupakan pasokan udara dalam ruang bahan bakar yang terlalu berlebihan. Udara yang berlebihan akan menyebabkan busi cepat kotor.

Hal ini terjadi karena pembakaran pada ruang tidak bisa selesai maksimal. Ketika sudah terjadi masalah ini, waktu ganti busi motor tepat anda lakukan.

Akselerasi Tidak Maksimal

Banyak sekali masalah yang bisa mengakibatkan waktu ganti busi motor maju lebih cepat. Masalah ini bisa terjadi ketika akselerasi kendaraan tidak lagi bisa maksimal.

Hal ini juga bisa menjadi pertanda masa busi sudah habis. Dengan busi yang bermasalah, tarikan motor tidak lagi responsif ketika anda gas. Bahkan akselerasinya pun tidak bisa maksimal.

Waktu Ganti Busi Motor Jika Suara Mesin Bermasalah

Sepeda motor memang menjadi salah satu alat transportasi yang sering masyarakat gunakan. Bahkan sepeda motor mampu memberikan kemudahan siapa saja untuk beraktivitas.

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

Karena seringnya bekerja, busi kendaraan bisa aus dan bermasalah. Ciri-ciri selanjutnya ketika busi perlu anda ganti yaitu suara mesin akan terasa kasar.

Padahal suara mesin stasioner terdengar halus dan konstan. Namun, saat suaranya sudah kasar dan bergetar, segera ganti busi yang baru.

Kenali ciri-cirinya agar waktu ganti busi motor bisa tepat. Sebab, ketika komponen tersebut bermasalah akan mengganggu performa kendaraan. Jangan tunggu komponen rusak, segera berikan perawatan secara berkala. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto