Warga Kawali Ciamis Minta Pelanggar Prokes Ditindak Tegas

Warga Kawali Ciamis Minta Pelanggar Prokes Ditindak Tegas
Sejumlah anak-anak di Kawali Ciamis, tengah naik odong-odong tanpa mengenakan masker pada Sabtu (5/12/2020). Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sejumlah warga Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meminta petugas menindak tegas pelanggar prokes atau protokol kesehatan.

Mereka menyampaikan keluhan tersebut lantaran melihat aktivitas masyarakat yang kerap abai terhadap prokes.

Seperti nampak terlihat pada Sabtu (5/12/2020), sejumlah penumpang odong-odong di wilayah Kawali tidak mengenakan masker.

Hal ini membuat khawatir warga Kawali, pasalnya aktivitas tersebut bisa saja membuka pintu baru penyebaran covid-19.

“Makanya kami meminta agar pelanggar protokol kesehatan ditindak tegas oleh petugas,” ujar warga Kawali Adung Ramdani.

Adung menyebut, di tengah pandemi virus corona, sudah seharusnya semua saling menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, demi memutus mata rantai Covid-19.

Menurutnya, kondisi penumpang odong-odong penuh sesak, tanpa menggunakan masker khawatir akan membuka pintu baru penyebaran covid-19.

Kondisi ini, menurut, Adung, tentu perlu pengawasan pemerintah dalam mengatur dan menerapkan prokes oleh seluruh masyarakat.

“Tidak terkecuali anak-anak penumpang odong -odong, semua perlu diberikan edukasi mengenai protokol kesehatan,” katanya.

Warga lainnya, Usman, mengatakan, wabah virus corona tidak akan segera hilang jika masing- masing diri individu tidak peduli.

Perlu adanya ketegasan dan kedisiplinan sehingga mengurangi penyebaran covid- 19 dapat tercapai.

Masih adanya odong- odong yang penumpangnya berjejal dan mengabaikan protokol kesehatan, khawatir akan membuka pintu baru penyebaran covid- 19

Usman, menambahkan, kedisiplinan dalam melaksanakan prokes harus di awali oleh diri sendiri.

“Melindungi diri termasuk melindungi orang lain, apabila semua pihak dapat melaksanakannya, Insyaallah covid- 19 akan segera berakhir,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)

Editor: Jujang