Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita CiamisWarga Miskin di Rancah Ciamis Ini Butuh Uluran Tangan Para Agnia

Warga Miskin di Rancah Ciamis Ini Butuh Uluran Tangan Para Agnia

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Warga miskin di Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan. Warga miskin tersebut bernama Darsih (64), ia tinggal bersama anaknya yang mengalami keterbelakangan mental di Dusun Pangrumasan, RT. 12, RW. 12, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah.

Di usianya yang sudah renta itu Darsih akhir-akhir ini sering sakit-sakitan. Bahkan, ia kini mengeluhkan rasa mual, gangguan pencernaan, dan sesak nafas.

Menurut Fauzi Ridwan, anggota Relawan Kemanusiaan Ciamis (RKC), bahwa kondisi kesehatan Darsih semakin memprihatinkan. Tubuhnya lemas tak berdaya akibat kurang asupan gizi dan nutrisi.

Hal itu diketahui Fauzi saat relawan RKC bersama Karang Taruna Sura Laksana berkunjung ke rumahnya. Warga miskin di Rancah itu hanya mempunyai nasi yang sudah tiga kali dipanaskan.

“Bagaimana mau sehat, asupan nutrisinya juga sangat kurang. Kemudian, keadaan rumahnya tidak layak huni, tidak ada tempat MCK,” ungkapnya, kepada HR Online, Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga : MWC NU Bantu Pembangunan Rumah Layak Huni untuk Warga Miskin di Banjaranyar Ciamis

Fauzi mengatakan, pihaknya mendengar cerita tentang kondisi kehidupan lansia tersebut dari tetangganya. Untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya, Darsih mengandalkan tenaganya untuk bekerja serabutan. Itupun kalau ada yang membutuhkan tenaganya.

“Selain itu, Ibu Darsih terkadang menjual keripik singkong. Alhamdulillah, dia juga termasuk masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar 300 ribu rupiah perbulan. Tapi uang segitu tidak akan cukup untuk kebutuhan hidup 1 bulan,” terang Fauzi.

Pihaknya pun berharap ada agnia yang mau membantu meringankan beban warga miskin tersebut, sehingga kondisi badannya bisa sehat seperti sedia kala.

“Keadaanya sekarang sangat memprihatinkan. Keadaannya sekarang sangat memprihatinkan. Semoga saja ada agnia yang ingin membantu Ibu Darsih,” pungkas Fauzi. (Fahmi/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img